Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Boy Scouts of America Kunjungi UGM

Kategori :

Sebanyak sebelas Boy Scouts of America (BSA) atau ‘Pramuka’ dari Amerika, Rabu (9/1) petang berkunjung ke UGM. Kunjungan BSA ke Gelanggang Mahasiswa UGM tersebut dipimpin oleh Robert Barnes dan Brook Ross selaku representasi di Jakarta. BSA berkunjung ke UGM untuk bertemu dan mempererat kerjasama dengan UKM Pramuka UGM.

Sebelum berdialog dan sharing pengalaman, rombongan BSA disambut Ketua Pramuka Putra UGM, Muhaimin Martha dan Ketua Pramuka Putri, Eny Dwi Astuti. Sebagai bentuk ucapan selamat datang, sebelum masuk Gelanggang Mahasiswa UGM rombongan BSA ini terlebih dulu dibasuh kaki dan mendapat kalung bunga dari UKM Pramuka UGM.

Sekretaris Kwarda Pramuka DIY, Drs. S. Hartanto menuturkan kedatangan BSA ke Yogyakarta merupakan bagian dari kerjasama yang telah dijalin dengan Pramuka Indonesia sejak 4 tahun yang lalu.

“Diharapkan bisa mengambil manfaat terutama dalam menanamkan nilai-nilai serta kecakapan,”kata Hartanto.

Selain ke UGM, rombongan BSA juga berkunjung di beberapa lokasi lain seperti di Kulon Progo, SMP 2 Sleman, SMP 1 Yogyakarta dan bertemu dengan Ketua Kwarda Pramuka DIY, Sri Paduka Paku Alam IX.

Sementara itu dalam pertemuannya dengan UKM Pramuka UGM, BSA mendapat penjelasan kegiatan dan prestasi apa saja yang telah diraih UKM Pramuka UGM. Selain itu mereka juga sempat menyicipi beberapa makanan dan minuman khas Yogyakarta, seperti wedang jahe, geplak, getuk dan yangko.

Dalam paparannya Ketua Delegasi BSA, Robert Barnes memberikan apresiasi terhadap kegiatan dan prestasi yang telah diraih oleh UKM Pramuka UGM. Barnes menjelaskan sampai saat ini telah ada 9 Pramuka asal Indonesia yang dikirim ke AS untuk mengikuti program kerjasama selama dua bulan.

“Ke depan mungkin bisa dibuat program kerjasama dalam bentuk kemitraan yang lebih luas lagi,”kata Barnes.

Di akhir pertemuan Barnes juga mengundang Pramuka UGM untuk mengikuti program kerjasama dan magang di AS. Selama mengikuti program kerjasama nantinya Pramuka Indonesia akan ditempatkan di wilayah Colorado, Massachusetts dan Rhode Island (Humas UGM/Satria AN)