Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Ribuan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Mahasiswa Diterbitkan

Kategori :

YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada akan menerbitkan semua hasil skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa yang dianggap berkualitas dalam bentuk buku. Seluruh hasil penelitian tugas akhir mahasiswa ini dicetak oleh penerbitan milik UGM, Gama Press. Syaratnya, mahasiswa yang akan dan telah menyelesaikan tugas akhir akan disodorkan lembar pernyataan bahwa dirinya bersedia apabila hasil penelitiannya dipublikasikan. “Jadi dirancang sejak dari awal, skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa siap dipublikasikan,” kata Rektor UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc., dalam pelantikan pengelola Gadjah Mada University Press (Gama Press) di ruang Multimedia, Jumat (28/6).

Pratikno mengatakan UGM memiliki ribuan hasil penelitian setiap tahunnya yang potensial untuk bisa dipublikasikan tapi kenyataannya sedikit yang telah diterbitkan dalam bentuk buku. “Ada ribuan judul penelitian, ribuan skripsi, tesis dan disertasi setiap tahunnya, tapi Gama press tidak punya naskah untuk diterbitkan. Makanya status (tugas) Gama Press diubah, produksi naskah dari hasil penelitian,” katanya.

Gama press yang sebelumnya menjadi unit usaha UGM dibawah kendali PT GMUM, saat ini sudah berubah statusnya menjadi unsur penunjang universitas setelah mendapat persetujuan dari Majelis Wali Amanat (MWA) UGM akhir tahun lalu. “Poinnya mensinergikan dan megintegrasikan kegiatan riset dan pendidikan dosen mahasiswa,” katanya.

Sebagai unsur penunjang, tambah Pratikno, ia mengharapkan Gama Press tidak hanya melayani bidang penerbitan dan percetakan buku namun juga mampu mempublikasikan karya dosen dan mahasiwa dalam bentuk digital. “Bukan hanya printed. Tapi juga dalam bentuk e-book dan e-jurnal,” tambahnya.

Pengelola baru Gama Press yang dilantik, Prof. Drs. Harno Dwi Pranowo, M.Si sebagai Direktur Gama Press, Dr. Mutiah Amini, S.S., M.Hum, menjabat wakil direktur bidang penerbitan, Muhammad Agung Bramantya, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D., sebagai wakil direktur bidang percetakan, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D., diangkat sebagai ketua Dewan Redaksi. Dibantu lima orang anggota, yakni Prof. Dr. Mohammad Mochtar Masoed, Prof. Dr. Sismindari, SU., Apt., Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psi, Ir. Alva Edi Tontowi, M.Sc., Ph.D., dan Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati rahayu, M.S.

Berikutnya, pejabat yang dilantik adalah Dr. Ir. Aziz Purwantoro, M.Sc., sebagai sekretaris Pusat Pengembangan Pendidikan menggantikan Dr. Ir. Edia Rahayuningsih, MS. Lalu, Tri Joko Nowo Saputro, S.Kom diangkat sebagai kepala seksi administrasi keuangan dan umum, Fisipol. (Humas UGM/Gusti Grehenson)