Biologi

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Visi Program Sarjana Program Studi Biologi UGM adalah menjadi program studi yang unggul di tingkat internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi, khususnya biodiversitas tropika.


Misi

Untuk mewujudkan visi program studi (prodi), diperlukan upaya atau langkah sinergis dan strategis yang dijabarkan dalam bentuk misi prodi, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang Sarjana yang berstandar internasional.
  2. Menghasilkan lulusan jenjang Sarjana yang unggul dan kompetitif di tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian inovatif untuk pengembangan biologi modern.
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang biologi dan penerapannya.
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi lain untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Tujuan

Untuk mewujudkan visi dan mencapai misi prodi, penjabaran misi dirumuskan dalam tujuan, yaitu menghasilkan lulusan (Sarjana Sains) yang memiliki kompetensi atau kualifikasi kemampuan sebagai berikut:

  1. Secara Umum
    1. Berjiwa Pancasila, memiliki motivasi tinggi, pandangan luas, bersikap terbuka terhadap perubahan, memiliki prakarsa untuk membuka jalan menuju kemajuan ilmu dan teknologi.
    2. Memiliki etika kerja, dedikasi, dan komitmen yang tinggi, mandiri, kreatif, inovatif dan memiliki jiwa enterpreunership.
  2. Secara Akademik
    1. Menguasai konsep dasar dan metodologi biologi sehingga mampu melakukan observasi dan analisis fenomena alam serta mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi dalam kegiatan produktif bagi kepentingan masyarakat.
    2. Mampu memahami permasalahan dan ikut berperan dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan biologi.
    3. Mampu mengembangkan ilmu biologi dan bekerja sama dengan bidang ilmu yang lain.
    4. Mampu mengabdikan ilmunya bagi pembangunan bangsa, dengan mengembangkan dan mengarahkan pemanfaatan sumber daya alam hayati Indonesia yang berdayaguna dan berhasilguna dengan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Keunggulan

Lulusan program studi Biologi menguasai pengetahuan di bidang biologi modern sesuai dengan perannya dalam biodiversitas dan bioteknologi, seperti biosis tematik dan evolusi, biologi perkembangan, biologi sel dan molekular, sistem dan sintetik biologi, bioinformatika, nanobiologi dan biomaterial, bioprospekting, biologi mikrobia, biologi lingkungan dan bioentrepreneurship.

Prospek Karir

Sarjana Biologi sangat dibutuhkan dalam pengembangan dunia ilmu pengetahuan, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Alumni juga dipercaya sebagai staf ahli di berbagai instansi pemerintah dan industri milik pemerintah dan swasta, wirausaha, peneliti di perusahaan swasta nasional dan internasional serta BUMN.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Sikap
    1. Berjiwa Pancasila dan memiliki kesadaran akan kepentingan bangsa.
    2. Memiliki tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosional, etika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  2. Penguasaan Pengetahuan
    1. Memahami konsep  integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran, dan upaya pencegahannya.
    2. Memahami pengetahuan faktual teknologi mutakhir di bidang pengukuran, analisis, sintesis, dan bioteknologi sumberdaya hayati.
    3. Memahami konsep, prinsip, teknik pengukuran analisis dan sintesis untuk menyelesaikan permasalahan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya hayati.
    4. Memahami prinsip penggunaan piranti lunak untuk menganalisa sumber daya hayati dalam lingkup kerjanya.
    5. Memahami prinsip dan aplikasi bioteknologi pangan, kesehatan, lingkungan hayati, dan sumber daya hayati;
    6. Memahami konsep teoretis Matematika, Biostatistika, Biofisika, Kimia Organik, dan Biokimia secara umum.
    7. Memahami konsep  teoretis biologi yang terkait struktur, fungsi, keanekaragaman, reproduksi, evolusi, dan rekayasa sistem hayati secara mendalam.
  3. Keterampilan Khusus
    1. Dapat menyiapkan, menangani, dan mengelola keanekaragaman hayati tropika.
    2. Dapat mengaplikasikan keilmuan biologi pada lingkup kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi masyarakat.
    3. Dapat menyelesaikan masalah pengelolaan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati dengan menerapkan prinsip biologi melalui pendekatan teknologi mutakhir di lingkungan kerjanya sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat.
    4. Dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah pengelolaan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di lingkungan kerjanya.
  4. Keterampilan Umum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi yang diwujudkan dalam dokumen saintifik dan implementasi bidang keahlian yang berintegritas.
    2. Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, mensupervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat.