Ilmu Kedokteran Jiwa

Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa merupakan salah satu Departemen yang berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat , dan Keperawatan UGM. Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa pada Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk mendidik seorang dokter menjadi spesialis kesehatan jiwa (psikiater) dengan kemampuan akademik maupun klinik yang seimbang, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah psikiatri klinik dengan ilmu dasar psikiatri seperti neuroscience, kesehatan jiwa, psikopatologi, atau simptomatologi, di dalam masyarakat. Selain itu, peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa juga diharapkan aktif melakukan penelitian dengan basis ilmu kedoketran jiwa dasar, klinik, maupun komunitas.

Keunggulan

Lulusan program studi ini menghasilkan tenaga dokter spesialis kedokteran jiwa yang dapat bekerja secara profesional, bermoral, etis dan mampu bekerja secara efektif dan efisien dengan tenaga kesehatan lain serta mampu mengelola pelayanan kedokteran yang handal dengan standar internasional.

Prospek Karir

a. Dokter lulusan spesialis jiwa dapat berkarir di berbagai lini baik di bidang pendidikan, pelayanan publik, maupun struktural. Dokter spesialis jiwa dapat bekerja di rumah sakit khusus jiwa, rumah sakit ketergantungan obat, rumah sakit umum daerah, rumah sakit pendidikan, rumah sakit tentara, rumah sakit polisi, dan semua layanan yang membutuhkan integrasi dengan layanan jiwa seperti sekolah anak berkebutuhan khusus. b. Dokter lulusan spesialis jiwa dapat berkarir sebagai dosen dengan mengajar mata kuliah psikiatri di pusat-pusat pendidikan kedokteran di seluruh indonesia. Rasio psikiater dibanding jumlah penduduk Indonesia yang masih sangat besar membuat masa tunggu untuk bekerja menjadi sangat singkat. c. Dokter lulusan spesialis jiwa dapat berkarir sebagai struktural di rumah sakit jiwa, pusat tenaga kesehatan haji, juga sebagai dokter militer. d. Untuk jenjang karir yang lebih tinggi, lulusan spesialis kedokteran jiwa dapat mendalami subspesialisasi di bidang kedokteran hukum (psikiatri forensik), psikiatri anak dan remaja, psikiatri komunitas, psikiatri consulation liaison psikiatri, psikiatri biologi, psikiatri budaya, psikiatri geriatri, psikiatri adiksi dan psikoterapi. e. Dokter spesialis jiwa dapat berkarir sebagai peneliti di lembaga penelitian Indonesia.

Capaian

  • Terakreditasi A LAM PT KES
  • Program ilmiah rutin tahunan berskala Nasional bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa (PDSKJI) Cabang Yogyakarta
  • Penyelenggara rutin kegiatan Pengabdian Masyarakat.Contoh: Kegiatan Pendampingan Ibu dengan Anak Autis, Pendampingan Korban Erupsi Merapi di Cangkringan
  • Memiliki banyak Program dalam pendidikan Psikiatri komunitas dan integratif treatment)
  • Memiliki banyak HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) baik berupa modul, buku, maupun instrumen penelitian)
  • Memiliki banyak publikasi baik nasional maupun internasional)
  • Memiliki tenaga pengajar maupun peserta didik yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional)
  • Memiliki kegiatan olahraga yaitu futsal dan tenis meja sebagai kegiatan non akademik)