Bedah Buku : Bagaimana Sebaiknya Sebuah Perusahaan Melakukan Marketing Communications?: Kuliah Bareng Praktisi yang Diadakan oleh Komako
Kamis, 7 Mei 2009, Korps Mahasiswa Komunikasi (Komako) UGM bekerja sama dengan Dwi Sapta Integrated Marketing Communications (IMC) menggelar bedah buku Advertising that Makes Money, 12 Prinsip Mengelola Merk menjadi Market Leader dan Menghasilkan Profit. Buku tersebut merupakan hasil karya A. Adji Watono, President Director Dwi Sapta IMC, sebuah agensi iklan ternama di Jakarta. Bedah buku dilaksanakan di Ruang Seminar Magister Administrasi Publik (MAP) UGM.
Acara yang berlangsung pukul 09.00 hingga 12.00 ini mendatangkan sang penulis sebagai pembicara dan bertindak sebagai komentator ialah Drs. Widodo A. Setianto, M.Si., akademisi iklan dari UGM. Sebagai moderator, Komako menunjuk Desytha Rahma, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi yang telah banyak berprestasi di bidang marketing communications.
Dalam kesempatan itu, Adji Watono menyampaikan pentingnya peran marketing communications dalam kemajuan sebuah perusahaan. Marketing communications merupakan sebuah ilmu yang sangat luas. Bila suatu perusahaan dapat menerapkannya dengan baik, keberhasilan tentu akan lebih mudah digapai. Adji Watono mengemukakan bahwa iklan dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan omset produk, tetapi juga meningkatkan profit bagi seluruh aspek produksi.
M. Fathurrohman, koordinator penyelenggara dari Komako, mengatakan target utama acara ini adalah mahasiswa meskipun juga tidak menutup kesempatan untuk masyarakat umum. “Acara ini diperuntukkan terutama bagi mahasiswa yang tertarik pada iklan, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berkonsentrasi di bidang iklan, dan bagi masyarakat umum yang ingin mengenal dahsyatnya iklan,” katanya.
Ditambahkan Fathur, peserta acara ini tidak dipungut biaya dan mendapat snack serta doorprize cuma-cuma dari penyelenggara. Selain itu, kepada peserta yang beruntung juga diberikan 30 buku Advertising that Makes Money dan beberapa produk dari sejumlah perusahaan yang telah disukseskan brand-nya oleh Dwi Sapta IMC, seperti Tolak Angin Sidomuncul dan Minyak Telon Cap Lang.
Komako sebagai pihak yang ditunjuk UGM untuk menyelenggarakan roadshow bedah buku ini, menganggap acara tersebut merupakan salah satu bentuk kuliah bersama praktisi yang sangat dibutuhkan seluruh mahasiswa Komunikasi dan masyarakat pada umumnya. “Kita antusias sekali dengan acara ini. Tidak dapat dipungkiri, buku ini sangat dibutuhkan untuk referensi, baik dari segi akademis maupun pandangan atas dunia kerja di masa depan,” ujar Fathur.
Bagi Komako, penyelenggaraan roadshow bedah buku ini merupakan kali keduanya setelah buku pertama Adji Watono berjudul Advertising that Sells tiga tahun lalu. (Susan, Abrar)