Tahapan seleksi administrasi dalam Proses Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM periode 2017-2022 telah selesai dilaksanakan oleh Pantia Kerja. Berdasarkan persyaratan administrasi yang ditentukan, sebanyak delapan dari sembilan bakal calon rektor berhasil melewat tahapan seleksi ini untuk melaju ke tahapan proses seleksi selanjutnya.
“Proses seleksi administrasi sudah selesai kami lakukan, dan dari yang mendaftar kemarin ada delapan yang lolos administrasi,” ujar Anggota Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Subejo, Ph.D, Senin (6/3).
Kedelapan bakal calon rektor yang lolos proses seleksi ini adalah Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Soc.Sc., Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si., dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, M.Med.Ed., Ph.D., Dr. Drs. Parpurna, S.H., M.Hum., LL.M., serta Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D.
Persyaratan administrasi yang sebelumnya telah diserahkan oleh para bakal calon rektor ini diantaranya meliputi berbagai dokumen identitas diri, surat keterangan, hingga daftar riwayat hidup. Selain itu, Bakal Calon Rektor juga menyerahkan surat pernyataan yang berisi komitmen untuk menjaga kelestarian dan pengembangan nilai-nilai dan jati diri universitas serta dokumen yang berisi penjabaran kebijakan umum universitas ke dalam program kerja dan strategi pencapaian tujuan.
Usai proses seleksi administrasi, proses seleksi dan pemilihan rektor akan memasuki periode penyelenggaraan Forum Aspirasi Masyarakat Universitas. Forum ini, jelas Subejo, diadakan sebagai sarana bagi segenap masyarakat universitas untuk ikut terlibat dalam mengeksplorasi program kerja para calon rektor berdasarkan visi dan misi UGM.
“Lewat forum ini warga kampus tidak kehilangan sikap kritis dalam menilai kandidat dan bisa menyalurkan aspirasi sehingga UGM nantinya bisa mendapatkan calon terbaik untuk lima tahun ke depan,”paparnya.
Panitia Kerja menetapkan jadwal penjaringan aspirasi akan berlangsung empat kali, masing-masing untuk dosen guru besar, dosen non guru besar, mahasiswa, serta tenaga kependidikan. Forum aspirasi bagi dosen guru besar akan diadakan di Balai Senat pada Selasa, 21 Maret 2017 pukul 08.00–12.00 WIB, sedangkan forum aspirasi bagi dosen non guru besar akan diadakan pada hari Kamis, 23 Maret 2017 pada jam dan tempat yang sama. Sementara itu, dalam minggu selanjutnya akan diadakan forum aspirasi bagi tenaga kependidikan, yaitu pada Rabu, 29 Maret 2017 pukul 08.00–12.00 WIB di Grha Sabha Pramana lantai 1, serta bagi mahasiswa di tempat yang sama pada Kamis, 30 Maret 2017 pukul 12.00–16.00. (Humas UGM/Gloria)