Universitas Gajah Mada (UGM), Kagama bekerja sama dengan Himbara dan Bank Mandiri Syariah bersama-sama menerbitkan Kartu GAMA Co-Brand. Kartu ini merupakan kartu identitas kebanggaan bagi para anggota Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) yang juga dapat digunakan sebagai Kartu Debet/ATM.
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, Ketua Umum KAGAMA, Ganjar Pranowo, dengan Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, Maryono Direktur Utama BTN, Suprajarto, Direktur Utama BRI, Wakil Direktur Utama Mandiri, Sulaiman Arianto, dan Kusman Yandi, Direktur Bank Mandiri Syariah.
Setiap kartu yang diterbitkan oleh masing masing bank, baik BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN maupun Bank Syariah Mandiri memiliki fitur atau keunggulan masing-masing. Anggota KAGAMA dapat memilih menggunakan kartu Co Branding dari masing-masing perbankan sesuai dengan kebutuhan.
Rektor UGM, Panut Mulyono, menyatakan MoU ini merupakan bukti sinergi antara Bank BUMN, Kagama dan UGM. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di UGM.
“Dengan kerja sama ini maka kartu GAMA Co-Brand tidak hanya sebagai kartu identitas keanggotaan alumni yang memuat berbagai informasi, namun diharapkan bisa untuk melakukan transaksi di seluruh bank,” katanya di Balai Senat, Sabtu (12/8).
Menurut Rektor, dengan meluluskan 15 ribu wisudawan dan wisudawati setiap tahun dan memiliki jumlah alumni sekitar 300 ribu, tentu menjadi potensi yang sangat luar biasa. Kartu GAMA Co-Brand ini diharapkan membantu dan memberi kemudahan pemanfaatan sejumlah fasilitas bagi pemegangnya.
“Setelah dengan Garuda mendapat potongan hampir 21 persen maka menjajaki kemungkinan dengan yang lain dan diperluas, seperti hotel, wisma MM, KAI, PT. Pelni dan lain-lain,” kata Rektor.
Ganjar Pranowo menambahkan ide Kartu GAMA Co-Brand muncul dari setiap kali Kagama bertemu. Sementara itu, di tengah kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat ini ketika perbankan telah menyentuh di hampir semua sendi kehidupan maka muncul pemikiran bagaimana kartu keanggotaan Kagama bisa memiliki nilai lebih.
“Disinilah arti penting teknologi informasi untuk kesejahteraan bersama dan bermanfaat untuk anggota dan masyarakat,” katanya.
Maryono, SE.,MM, Ketua Himbara, mengungkapkan peluncuran kartu GAMA Co-Brand merupakan terobosan luar biasa Kagama bekerja sama dengan bank-bank BUMN. Selain sebagai kartu keanggotaan alumni UGM, GAMA Co-Brand berfungsi sebagai kartu debet dan diskon untuk beberapa fasilitas (Humas UGM/ Agung; foto: Firsto)