UGM menjadi pemenang kedua kategori media sosial dalam Anugerah Humas PTN & KOPERTIS 2017 yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Penghargaan ini diberikan berbarengan dengan kegiatan Welcome Dinner Rakernas Kemristekdikti 2018 pada Selasa (16/1) di Universitas Sumatra Utara (USU) Medan. Acara ini merupakan ajang apresiasi atas kinerja humas PTN dan Kopertis selama tahun 2017 yang telah berperan sebagai diseminator informasi Kemenristekdikti.
“Juara atau prestasi bukan sesuatu yang menjadi tujuan utama, namun tentu saja saat mendapat prestasi seperti ini kami bangga karena yang telah kami lakukan selama ini mendapat apresiasi,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr. Iva Ariani, Kamis (18/1).
Iva menuturkan, selama ini Humas UGM selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik dan membawa nama baik institusi sesuai dengan tugasnya, termasuk dalam pengelolaan media sosial. Penilaian yang diberikan dari para tim penilai, menurutnya, menjadi hal yang berharga untuk evaluasi serta rencana pengembangan ke depan.
“Penghargaan seperti ini menjadi bahan evaluasi bagi tim humas UGM sehingga ke depan melakulan tugas dengan lebih baik lagi,” imbuhnya.
Penjurian pada Anugerah Humas PTN dan Kopertis telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti. Dewan Juri Anugerah Humas PTN dan Kopertis 2017 merupakan para profesional dalam bidang komunikasi dan kehumasan baik dengan berbagai latar belakang, antara lain akademisi, pakar maupun praktisi yang bekerja secara independen dalam menilai kinerja humas PTN dan Kopertis dalam beberapa kategori, antara lain publisitas, website, dan media sosial.
Sebelumnya, UGM juga pernah menerima beberapa penghargaan dalam bidang media sosial, di antaranya meraih Social Media Award untuk kategori universitas pada tahun 2015 dan 2016 silam. Social Media Award sendiri merupakan penghargaan yang dikeluarkan oleh Majalah Marketing dan didukung oleh Mediawave social media monitoring platform dengan menganalisis dan mendapatkan daftar merek yang saat ini memiliki pangsa serta sentimen pembicaraan yang baik di media sosial.
Dengan penghargaan kali ini, Iva berharap UGM dapat terdorong untuk semakin meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai aspek.
“Harapannya tetap menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (Humas UGM/Gloria)