Karakteristik manajemen dan organisasi memengaruhi kesuksesan produk di pasaran.
Demikian menurut studi yang dilakukan oleh Dosen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gorontalo, Trifandi Lasalewo, yang terungkap saat menjalani ujian terbuka program doktor di Fakultas Teknik UGM, Senin (19/1). Dalam kesempatan itu, Trifandi mempertahankan disertasi yang mengkaji aspek-aspek yang berkorelasi positif terhadap kesuksesan produk.
Melakukan penelitian pada 255 industri kecil dan menengah di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, hasilnya menunjukkan bahwa karakteristik produk dan karakteristik pasar juga terbukti memiliki hubungan positif atau berdampak terhadap kesuksesan produk.
Temuan lain memperlihatkan bahwa karakteristik manajemen dan organisasi berkontribusi terhadap aktivitas berbagi pengetahuan. Aktivitas berbagi pengetahuan ini akan mendorong terjadinya inovasi dalam perusahaan yang akan membentuk karakter produk yang khas.
“Karakteristik produk yang khas ini akan berdampak pada kesuksesan produk,”jelasnya. (Humas UGM/Ika)