UGM berupaya memperkuat manajemen risiko kelembagaan dalam mengelola universitas. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan penjaminan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, penjaminan keuangan, serta penjaminan hukum dan organisasi.
“Setiap lembaga pasti memiliki risiko, tidak terkecuali UGM. Karenanya penting bagi UGM untuk memperkuat manajemen risiko baik dalam hal mutu, keuangan, maupun hukum dan organisasi,” kata Rektor UGM, Prof. Dr . Pratikno, M.Soc., Sc., dalam acara Pelantikan Pejabat UGM, Kamis (7/2) di Balai Senat UGM. Dalam kesempatan tersebut dilantik sebanyak 33 pejabat di lingkungan UGM.
Rektor berharap kantor-kantor yang bertugas memanajemen risiko tersebut seperti Kantor Jaminan Mutu (KJM), Kantor Audit Internal (KAI), dan Kantor Hukum dan Organisasi dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga keamanan UGM. “Kami tidak ingin tim manajemen risiko menginjak rem dalam bekerja, namun dalam menjaga keamanan lembaga UGM dengan membuat rel sehingga bisa mencapai tujuan dengan kecepatan yang tinggi,” paparnya.
Selain memperkuat manajemen risiko, Pratikno menyampaikan bahwa belum lama ini UGM telah melakukan sejumlah perubahan terhadap struktur organisasi dan tata kelola (SOTK). Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat kelembagaan UGM dan memperbesar jalan UGM untuk memproduksi pengetahuan dan menyampaikannya kepada masyarakat, industri serta pemerintah. “Inti perubahan sebenarnya pada level tim pelaksana eksekusi. Dalam hal ini kita berusaha tidak hanya menekankan pada produksi pengetahuan semata, tetapi juga memprioritaskan melakukan delivery pengetahuan agar produk-produk penelitian tidak hanya sampai melalui lulusan namun juga industri, masyarakat, dan pemerintah,” urainya.
Lebih lanjut disampaikan Pratikno dalam rangka melengkapi dan memperkuat tim di tingkat universitas setelah adanya perubahan SOTK, UGM melakukan pengangkatan sejumlah pejabat. Ia berharap seluruh pejabat yang baru dilantik dapat bekerja dengan performa yang maksimal untuk kemajuan UGM. “Harapannya bisa bekerja secara full commitment, full team, full time, dan full speed,” harap Rektor.
Ke-33 pejabat yang baru saja dilantik adalah Dr. Budhijanto, S.T., M.T., sebagai Sekretaris Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi, Aminoto, S.H., M.Si., sebagai Kepala Kantor Hukum dan Organisasi, Dra. Nawang Purwanti, M.Lib., sebagai Kepala Perpustakaan, Akhmad Aminullah, S.T., M.T., Ph.D., sebagai Sekretaris Direktorat Perencanaan dan pengembangan, Dra.Rr. Tristiana Chandra Dewi TI., S.IP., M.Si., sebagai Sekretaris Direktorat Kemitraan dan Alumni, Agus Hartono, S.E., M.Ec.Dev., sebagai Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan, dan Novita Ade Ferianty, S.S., M.Ed., sebagai Plt. Sekretaris Direktorat Akademik. Lalu, Andi Sandi Antonius TT, S.H., LL.M., sebagai Kepala Bagian Peraturan Perundang-Undangan Organisasi dan Ketatalaksanaan Kantor Hukum dan Organisasi, Ninik Darmini, S.H., M.Hum., Kepala Bagian Bantuan Hukum Kantor Hukum dan Organisasi, Dr. AmirHusni, S.Psi., M.P., sebagai Kepala Bagian Pengelolaan dan Pejaminan Mutu Penelitian LPPM, Dr. rer.nat. Ria Armunanto, S.Si., M.Si., sebagai Kepala Bagian Database Penelitian dan Publikasi LPPM, D.Eng., Yusril Yusuf, S.Si., M.Si., M.Eng., sebagai Kepala Bagian Penelitian Industri dan HKI LPPM, Dr.drh. Irkham Widiyono, sebagai Kepala Bagian Pengelolaan KKN LPPM, dan Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M.Hum., sebagai Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat dan DERU LPPM.
Berikutnya, Dr. Puji Astuti, S.Si. M.Sc., Apt., sebagai Kepala Bagian Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Unit Mikro Kecil Menengah, dan Regional Center of Expertise LPPM, Widodo, S.P., M.Sc., Ph.D., sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Usaha Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi, Dr. Sang Kompiang Wirawan, S.T., M.T., sebagai Kepala Subdirektorat Inkubasi Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi, Wahyu Sujarwo, S.I.P., sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan, Sidik Purnomo, S.IP., M.Si., sebagai Kepala SUbdirektorat Kelembagaan dan Kegiatan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan, Erika Purnawati, S.Kom., M.Cs., sebagai Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Registrasi Direktorat Akademik, dan Edi Prasetyo, S.T., M.Eng., sebagai Kepala Subdirektorat Sarana DPPA. Kemudian, Tri Utami, S.E., sebagai Kepala Subdirektorat Data dan Pengembangan SDM Direktorat SDM, Poniyem, S.E., sebagai Kepala Subdirektorat Mutasi Direktorat SDM, Bambang Dwi Suka Widada, S.Mn., sebagai Kepala Subdirektorat Pengadaan dan Remunerasi Direktorat SDM, Fitri Amalia, S.E., M.Sc., sebagai Plt. Kepala Bidang Integrasi Sistem Informasi PSDI, Arif Surachman, S.I.P., sebagai Plt. Kepala Bidang Database dan Jaringan Perpustakaan, Wahyu Supriyanto, S.E., M.Si., sebagai Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan, dan Wijayanti, S.IP., M.Sc., sebagai Kepala Bidang Hubungan Masyarakat.
Selanjutnya, Teguh Rismanto, S.T., M.Acc., sebagai Kepala Bidang Pengadaan Unit Pengadaan, Agus Sudaryanto, S.E., sebagai Kepala Bagian Logistik dan LPSE Unit Pengadaan, Singgih Widodo, S.Sos., S.E.T., M.Si., sebagai Kepala Bagian TURT Kantor Pimpinan Universitas, Paminto Adhi, S.E., M.Si., sebagai KEpala Kantor Adminsitrasi FISIPOL, serta Agus Ridwan, S.P., M.M., sebagai Kepala Kantor Administrasi FEB. (Humas UGM/Ika)