Instagram dan Tik Tok UGM menjadi platform media sosial paling populer dari 15 kampus besar di tanah air. Hal ini dibuktikan dari hasil survei RevoU pada periode Q3 tahun 2023. RevoU memperoleh data tersebut dengan mengumpulkan dan membandingkan data pengikut di media sosial, jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus serta strategi konten.
Data terakhir diambil pada 1 Agustus 2023 menggunakan QS World Ranking 2024 untuk menyaring 15 universitas terbaik di Indonesia.
Hasilnya UGM mempertahankan posisi #1 dengan pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 1.074.900 pengikut. Selama 1 tahun belakang UGM juga mendapat lebih dari 180.000 pengikut baru dan satu-satunya kampus yang meraih 1 juta pengikut.
UGM juga menjadi kampus dengan pengikut terbanyak di Tik Tok sebanyak 202.700 pengikut. Di antara kampus lain UGM menjadi satu-satunya kampus yang meraih lebih dari 200 ribu pengikut di Tik Tok.
Untuk twitter (sekarang X) UGM masuk dua besar bersama UI dengan pengikut lebih dari 1 juta. LinkedIn UGM juga bersaing ketat berada di posisi ke dua setelah UI dengan jumlah pengikut 214.000 orang. Sementara untuk Youtube UGM memiliki 114.000 subscriber dan berada di posisi ke dua di bawah ITB.
Sekretaris Universitas UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M., menegaskan UGM akan terus meningkatkan performa seluruh platform media sosial yang dimiliki agar lebih efektif digunakan sebagai sarana publikasi dan informasi.
“Kita dorong terus agar lebih strategis menjangkau audiens sehingga seluruh informasi maupun capaian UGM tersampaikan,”papar Andi, Minggu (3/9).
Andi juga bersyukur pengakuan terhadap platform media sosial UGM terus meningkat termasuk berbagai capaian prestasi dalam beberapa kompetisi kehumasan tingkat nasional.
Informasi selengkapnya terhadap studi RevoU ini bisa dibaca di https://journal.revou.co/peta-digital-universitas-indonesia-2023/.
Penulis: Satria