Tim Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berhasil mendapatkan kategori 2nd Runner Up dalam kompetisi Marketing Plan Competition EURECA 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya pada 25-26 April lalu di Jakarta. Tim FEB UGM yang bernama ASA terdiri dari Apriana Vika Vianbara, Adzra Aurellya Firdhausya, dan Salsabila Qatrunnisa Balqis.
Pada kompetisi EURECA 2024 yang mengangkat tema Radiance dengan slogan “Radiating Entrepreneurial Luminescence” kali ini, diperlombakan untuk dua kategori yakni Business Plan Competition (BPC) dan Marketing Plan Competition (MPC).
Di kompetisi MPC yang mereka ikuti, mengangkat tema soal makanan kucing premium sebagai studi kasus. Apriana mengungkapkan bagaimana ia belajar bahwa marketing bukan hanya persoalan seberapa viral suatu produk, melainkan seberapa tepat, efektif, serta value apa yang hendak disampaikan kepada pembeli. “Kami berinteraksi langsung dengan praktisi di bidang marketing dan diberikan pelatihan melalui coaching dan talkshow,” ujar Apriana kepada wartawan, Senin (20/5).
Tim ASA, kata Apriana, merancang sebuah strategi pemasaran secara komprehensif agar produk dapat mendorong promosi dari berbagai aspek yang ditargetkan kepada Generasi Z dan pekerja kantoran yang memiliki kucing. “Kami merancang strategi berdasarkan awareness, appeal, ask, act, dan advocate,” kata Apriana.
Adzra Aurellya Firdhausya menuturkan pada rangkaian kompetisi MPC EURECA, meliputi rangkaian tahapan pengumpulan proposal dan pengumuman 15 besar, dilanjutkan dengan grand opening di Jakarta. Adzra menambahkan bahwa kegiatan business race yang menjadi keunikan kompetisi ini, serta rocket pitch selama 5 menit, akan menentukan 5 tim yang lolos ke final presentation. “Saya senang memenangkan perlombaan ini karena ini kali ke-empat saya mengikutinya tapi belum pernah berhasil memenangkannya dan saya bersyukur, tahun ini akhirnya bisa juara,” kata Adzra.
Arizona Mustikarini, Kepala Career and Student Development Unit (CSDU) FEB UGM, mengatakan FEB UGM memiliki komitmen untuk menumbuhkembangkan pemimpin masa depan di bidang ilmu ekonomi dan bisnis untuk mengembangkan aspek keberlanjutan. Pihaknya akan tetap memfasilitasi para mahasiswanya yang mengikuti kompetisi di tingkat nasional, regional, hingga internasional. “Fakultas juga mendukung tim dalam bentuk perizinan lomba dan juga reimburse jika mendapatkan juara,” tambahnya.
Penulis: Dita
Editor: Gusti Grehenson