Program Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada melaksanakan sistem pembelajaran psikologi yang unggul dan telah memperoleh memperoleh akreditasi “A” dari BAN PT.

Keunggulan

Program Magister Psikologi bertujuan untuk menghasilkan magister psikologi yang memiliki integritas moral yang tinggi dan mampu mengelola penelitian untuk pengembangan pengetahuan psikologi dengan pendekatan inter dan multidisiplin. Lulusan magister psikologi UGM mampu melakukan penelitian yang hasilnya tidak hanya bermanfaat untuk keilmuan psikologi namun juga untuk masyarakat. Magister psikologi UGM juga memiliki semangat lifelong learning dan menggunakan kaidah etika sesuai dengan Kode Etik Psikologi Indonesia.

Selain perkuliahan secara formal, Program Magister Psikologi setiap semester melaksanakan beragam workshop dan pelatihan untuk memperkaya kompetensi mahasiswa. Beberapa pelatihan dan workshop yang secara rutin diselenggarakan: Pelatihan Statistik R, Pelatihan NVivo, Pelatihan SPSS, Workshop Data Sekunder, Workshop Penulisan Artikel untuk Buku, dan Bayesian statistics.

Prospek Karir

Lulusan Program Magister Psikologi UGM dapat berkarir sebagai:

  1. Ilmuwan psikologi
  2. Peneliti
  3. Pendidik
  4. Konsultan Psikologi non-klinis

Capaian

Lulusan Program Studi Magister Psikologi UGM mampu:

  1. SIKAP DAN NILAI
    1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan  mampu menunjukkan sikap religius;
    2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    11. menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap empatik;
    12. mampu merencanakan dan mengembangan karier dan dirinya sendiri (career and personal development;
    13. mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia
  2. PENGUASAAN PENGETAHUAN
    1. Mendeskripsikan perilaku manusia sesuai dengan konteks sosial budayanya pada taraf individu, kelompok, komunitas dan organisasi dengan menggunakan konsep dan teori psikologi yang mengacu pada pendekatan lintas disiplin ilmu (inter atau multidisipliner);
    2. memahami dasar-dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif dan menguasai desain penelitian;
    3. Mampu mengkritisi dan membandingkan berbagai konsep, model dan pendekatan yang berkenaan dengan psikologi
    4. Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia.
  3. KETERAMPILAN UMUM
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
    2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
    6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
    8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. KETERAMPILAN KHUSUS
    1. Menguasai teknik observasi, interview, dan penggunaan instrumen yang diperkenankan sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia terutama untuk kepentingan penelitian, pengembangan ilmu, dan pemahaman tingkah laku manusia dan penyelesaian masalah;
    2. Mampu mengevaluasi, mengembangkan/ mengonstruksikan, dan mengadaptasikan instrumen pengukuran dan asesmen psikologi untuk individu, kelompok, komunitas dan organisasi untuk keperluan penelitian.
    3. mampu mengelola program pendidikan, pelatihan, dan konsultasi yang berpotensi untuk diaplikasikan dalam menyelesaikan permasalahan manusia;
    4. mampu memberikan alternatif pemecahan masalah psikologis non klinis yang kompleks, kepada individu, kelompok, komunitas dan organisasi;
    5. mampu merancang, mengevaluasi, dan melakukan intervensi psikologi non klinis (tidak dalam kategori abnormal/penyimpangan) dengan tujuan membantu pemecahan masalah individu, kelompok, organisasi, dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah;
    6. Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data melalui penggunaan teknologi untuk pengkajian ilmu dan pemecahan masalah bagi kesejahteraan manusia
    7. mampu melakukan riset yang berorientasi pada pengembangan ilmu dengan berlandaskan pada konsep-konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan/atau kualitatif serta pendekatan lintas disiplin ilmu (inter atau multi disipliner);
    8. mampu berkontribusi dalam merencanakan peta riset dalam bidang psikologi;
    9. mampu mengelola penelitian yang berpotensi untuk diaplikasikan dalam menyelesaikan permasalahan manusia;
    10. mampu menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dengan individu lain dan lingkungan sosialnya dengan integritas dan profesionalisme;
    11. mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan;
    12. mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum;
    13. mampu menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
Pusat Bantuan Krisis
Skip to content