Contact Us
Webmail
Publikasi Media
Direktori Bahasa Indonesia
English

Peminat Masuk Sekolah Vokasi UGM Meningkat

Kategori :

Jumlah peminat untuk memasuki Sekolah Vokasi (SV) UGM mengalami peningkatan cukup signifikan. Pada tahun 2013 ini jumlah pendaftar mencapai 11.600 orang, sementara di tahun sebelumnya jumlah pendaftar hanya mencapai 6.000 orang.
“Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 ini mengalami kemajuan dan peningkatan jumlah pendaftar yang sangat besar,” kata Direktur Sekolah Vokasi, Ir. Hotma Prawoto M.T., dalam Rapat Terbuka Senat Sekolah Vokasi dalam peringatan Dies Natalis ke-4 SV UGM, Jum’at (25/10).
Peningkatan tersebut disampaikan Hotma merupakan hasil dari program pencitraan yang telah dilakukan SV melalui kegiatan sosialisasi dan promosiuntuk menjaring calon mahaiswa berkualitas. Kegiatan promosi dan sosialisasi dilakukan ke berbagai sekolah di 44 kota/kabupaten di Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.
“Promosi juga dilakukan dengan mengirimkan 6.000 surat undangan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) ke seluruh SMA dan SMK se-Indonesia,” terangnya.
Hotma menyampaikan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2013 ini mengalami kemajuan. Pada tahun-tahun sebelumnya jalur peneriman mahasiswa baru hanya dilakukan melalui PBU dan seleksi mandiri SV UGM. Namun mulai tahun 2013 jalur penerimaan ditambah melalui UM UGM.
“Penerimaan melalui UM UGM ini ditujukan untuk meningkatkan daya jangkau SV UGM ke seleuruh penjuru tanah air dengan mengikuti skema UGM,” tutur Hotma.
Hingga saat ini SV UGMmengelola 26 program studi yang berada di bawah delapan departemen. Pada tahun 2013 ini SV membuka tiga program studi baru D IV yaitu Teknologi Jaringan, Teknologi Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, dan Teknologi Pemeliharaan dan Pengelolaan Infrastruktur Sipil. Dengan demikian SV UGM memiliki 24 program studi D III dan empat program studi D IV. (Humas UGM/Ika)