
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-7 yang berlangsung di Graha Sabha Pramana UGM pada 25-27 November mendatang. Mengusung tema “Kebudayaan dan Kreativitas Indonesia untuk Kedaulatan Bangsa”, kompetisi kali ini memperlombakan sembilan jenis kategori: bidang programming, pengembangan game, perangkat lunak, data mining, keamanan jaringan, animasi budaya lokal, piranti cerdas, permainan bisnis, dan user experince design.
“Ajang Gemastik ini bertujuan mendorong kreativitas mahasiswa Indonesia untuk survive bidang IT di masa depan,” kata wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D,. Jumat (23/5). Didampingi Dr. Ridi Ferdiana selaku Wakil Ketua Panitia, Sekretaris Panitia Ahmad Agus Setiawan, P.hD., dan Koordinator perlombaan, Mardani Riasetiawan, S.E., M.Sc.
Koordinator perlombaan, Mardani Riasetiawan mengatakan pendaftaraan kompetisi produk teknologi inovatif para mahasiswa di bidang TIK ini dibuka secara online dengan softcopy proposal melalui situs resmi www.gemastik.ugm.ac.id yang berlangsung hingga 22 Agustus mendatang. Semua proposal yang masuk akan diseleksi. Bagi peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk mengikuti putaran final. “Kita mengharap produk yang diperlombakan mengandung unsur nilai budaya,” katanya.
Namun begitu, produk yang diperlombakan melibatkan mahasiswa secara berkelompok yang beranggotakan minimal 3 orang,mewakili perguruan tinggi yang sama. Sementara Ahmad Agus Setiawan menambahkan, perlombaan Gemastik ini merupakan ajang berkumpulnya para mahasiswa yang memiliki minat pada pengembangan produk inovasi buatan sendiri. Oleh karena itu, ia berharap perlombaan semacam ini makin banyak melahirkan produk-produk inovatif baru dari karya anak-anak bangsa. (Humas UGM/Gusti Grehenson)