Pendidikan

UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, sarjana terapan, pascasarjana, profesi, spesialis, serta program internasional. Ragam bidang ilmu di UGM dikelompokkan menjadi 4 klaster, yakni kesehatan, sains dan teknologi, agrokompleks, dan sosiohumaniora.

Penelitian

Sebagai Universitas Riset Berkelas Dunia, Universitas Gadjah Mada memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan penelitian serta mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan dan mengembangkan berbagai penelitian yang berorientasi untuk memenuhi kebutuhan bangsa.

Pengabdian

UGM secara konsisten dan sistematik sejak tahun pendiriannya pada 1949 berjuang bersama rakyat hingga akar rumput untuk membangun dan menyejahterakan Indonesia melalui pengabdian kepada masyarakat berbasis riset di tingkat nasional maupun internasional dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Merupakan wujud nyata kontribusi UGM terhadap Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa diterjunkan ke seluruh penjuru tanah air untuk mengabdi dan berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat.

Merupakan jaringan organisasi pendidikan formal, nonformal, dan informal yang ada, yang dimobilisasi untuk menyampaikan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD) kepada masyarakat lokal dan regional.

Rilis Berita

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM, Prof. Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D. dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Algoritma dan Komputasi, Selasa (28/5), di Ruang Balai Senat UGM. Dikukuhkannya Prof. Retantyo Wardoyo sebagai Guru Besar, menambah daftar dari 42 orang Guru Besar aktif yang ada di FMIPA UGM. Sebelum mendedikasikan kariernya sebagai […]

Prof. Dr. Endah Retnaningrum, M.Eng. dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Mikrobiologi pada Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Dalam pengukuhan yang berlangsung di Balai Senat, Selasa (28/5), Kepala Program Studi S3, Fakultas Biologi UGM menyampaikan pidato berjudul Keragaman Dan Metabolisme Serta Aplikasi Mikroorganisme Ekstremofil Dalam Berbagai Bidang Untuk Mendukung Kesejahteraan Manusia. Endah Retnaningrum mengangkat […]

Tak ada alasan bagi seorang disabilitas untuk tidak melanjutkan studi. Nikita Nur Hijriyati penyandang disabilitas Hard of Hearing dan minor cerebral palsy membuktikan hal itu. Rabu, 22 Mei 2024 menjadi hari bahagia buatnya. Ia diwisuda bersama 1422 wisudawan wisudawati lainnya pada Upacara Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode III Tahun Akademik 2023/2024 di Grha Sabha […]

Tentang UGM

Pelopor perguruan tinggi berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

Kemahasiswaan

Mencetak mahasiswa berwawasan global dan berintegritas yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.

Alumni

Alumni UGM tersebar di berbagai wilayah, berkiprah di tingkat nasional dan global.

Agenda Terbaru

20 Fakultas dan Sekolah
287 Program Studi
125 Joint Degrees/Double Degrees
22 Pusat Riset
Pusat Bantuan Krisis
Skip to content