Pendidikan

UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, sarjana terapan, pascasarjana, profesi, spesialis, serta program internasional. Ragam bidang ilmu di UGM dikelompokkan menjadi 4 klaster, yakni kesehatan, sains dan teknologi, agrokompleks, dan sosiohumaniora.

Penelitian

Sebagai Universitas Riset Berkelas Dunia, Universitas Gadjah Mada memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan penelitian serta mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan dan mengembangkan berbagai penelitian yang berorientasi untuk memenuhi kebutuhan bangsa.

Pengabdian

UGM secara konsisten dan sistematik sejak tahun pendiriannya pada 1949 berjuang bersama rakyat hingga akar rumput untuk membangun dan menyejahterakan Indonesia melalui pengabdian kepada masyarakat berbasis riset di tingkat nasional maupun internasional dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Merupakan wujud nyata kontribusi UGM terhadap Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa diterjunkan ke seluruh penjuru tanah air untuk mengabdi dan berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat.

Merupakan jaringan organisasi pendidikan formal, nonformal, dan informal yang ada, yang dimobilisasi untuk menyampaikan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD) kepada masyarakat lokal dan regional.

Rilis Berita

Universitas Gadjah Mada (UGM), diwakili oleh peneliti Pusat Studi Energi, Pusat Studi Lingkungan Hidup, Fakultas Teknik dan Fakultas Geografi bekerja sama dengan Artha Graha Peduli (AGP) dan Forum Peduli Mangrove Bali (FPM-B) menggelar workshop Side Event World Water Forum (WWF) ke-10 yang bertajuk “Water-Energy Nexus, Achieving SDGs” di Telaga Waja, di Tanjung Benoa Mangrove Rehabilitation […]

Produk desa yang kaya akan kearifan lokal dipercaya mampu mendongkrak eksistensi suatu negara. Di Indonesia ada sebuah model wirausaha baru yang sedang berkembang untuk dapat meningkatkan kemandirian dan kewibawaan produk desa menjadi ikon dunia, yaitu Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur. Program ini merupakan inovasi solidaritas gerakan gotong royong dan wirausaha desa yang bertujuan membawa kearifan […]

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. dr.  Ova Emilia, M.Med.Ed.,  Sp.OG (K).,  Ph.D., menerima kunjungan dari Direktur Eksekutif Kementerian Pertanian, Air, dan Reformasi Pertanahan, Namibia, Ndiyakupi Nghituwamata, Rabu (22/5), di Ruang Sidang Pimpinan, Kantor Pusat UGM. Dalam pertemuan dengan Rektor, Ndiyakupi menyampaikan keinginan dari pihak Namibia untuk memperluas bidang kerja sama yang sudah terjalin antara pemerintah […]

Tentang UGM

Pelopor perguruan tinggi berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

Kemahasiswaan

Mencetak mahasiswa berwawasan global dan berintegritas yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.

Alumni

Alumni UGM tersebar di berbagai wilayah, berkiprah di tingkat nasional dan global.

Agenda Terbaru

20 Fakultas dan Sekolah
287 Program Studi
125 Joint Degrees/Double Degrees
22 Pusat Riset
Pusat Bantuan Krisis
Skip to content