“Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistikâ€
Pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat menentukan derajat kualitas inteligensi, kesehatan, kematangan emosional dan produktivitas manusia di masa depan. Usia dini merupakan masa keemasan (the golden age). Jika pada masa tersebut anak kurang memperoleh perhatian (pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan layanan kesehatan serta gizi yang tepat) dikhawatirkan tidak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian menunjukkan bahwa sejak lahir anak memiliki kurang Iebih 100 milyar sel otak. Jika tidak rutin distimulasi dan didayagunakan, jumlah sel tersebut akan semakin berkurang yang berdampak pada pengikisan segenap potensi kecerdasan anak.
Agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, pelayanan bagi anak tidak hanya terbatas dari sisi pendidikannya, tetapi harus dilakukan secara terpadu (holistik) dengan aspek lain yang mempunyai kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
1. Aspek kesehatan dan gizi terkait dengan kualitas pertumbuhan fisik.
Ada keterkaitan erat antara kesehatan anak dengan perkembangan aspek kognitif, sosial dan emosionalnya.
2. Aspek pengasuhan dan perawatan
Dilakukan oleh orang tua keluarga maupun lembaga-Iembaga yang memberikan pelayanan bagi anak usia dini.
Dengan demikian bila intervensi pelayanan bagi anak usia dini dilakukan secara terpadu (pendidikan, pengasuhan, perawatan, kesehatan dan gizi) akan memberikan hasil yang lebih optimal dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas di masa datang
Meskipun selama ini pemerintah dan masyarakat terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak permasalahan yang harus segera di atasi, antara lain:
a. Belum semua anak usia dini memperoleh layanan PAUD. Diperkirakan hingga tahun 2005 dari sekitar 28 juta anak usia 0-6 tahun yang terlayani pendidikan baru sekitar 27,36%
b. Masih terbatasnya pemberian pelayanan pendidikan bagi anak usia dini yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan layanan perawatan, pengasuhan, kesehatan dan gizi
c. Masih rendahnya kualitas tenaga pendidik PAUD dan belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan dukungan perguruan tinggi/LPTK untuk pengembangan program studi PAUD masih sangat terbatas.
Berpijak dari dasar pokok-pokok pikiran dan permasalahan tersebut di atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas, bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, memandang perlu untuk menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya Pendidikan Anak Usia Dini dengan tujuan untuk mengidentifikasi, menghimpun, dan merumuskan gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran tentang urgensi dan konsep program pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan layanan perawatan, pengasuhan, kesehatan dan gizi bagi anak usia dini.
Seminar dan Lokakarya ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, lembaga/organisasi pemerintah terpilih, LSM, birokrasi, praktisi, akademisi, mahasiswa dan masyarakat luas. Pakar atau nara sumber berasal dari berbagai praktisi, lembaga/organisasi/instansi yang membidangi pengembangan anak usia dini baik berasal dari dalam dan luar negeri, misalnya dari UGM, IPB, Depdiknas, UNESCO, NAEYC.
Rangkaian Seminar dan Lokakarya Nasional ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu : Seminar Pendidikan Anak akan diselenggarakan pada Senin,14 November 2005 mulai pukul 07.00 bertempat di Auditorium Magister Manajemen UGM, Jl Teknika Utara Yogyakarta. Lokakarya Pendidikan Anak Usia Dini pada Hari Selasa, 15 November 2005, mulai pukul 07.00 bertempat di Gedung G-100 Fakultas Psikologi UGM. Sedangkan pada hari terakhir, yaitu Rabu, 16 November 2005 berisi Perumusan Hasil Seminar dan Lokakarya yang juga bertempat di Gedung G-100 Fakultas Psikologi UGM.
Dengan diadakan seminar dan lokakarya nasional ini diharapkan dapat memberikan hasil berupa :
a. Rumusan tentang konsep, kebijakan, dan langkah-Iangkah strategis dalam rangka mendukung percepatan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini, beserta saran dan rekomendasinya.
b. Rumusan tentang pengembangan program pendidikan anak usia dini yang terinterasi dengan layanan perawatan, pengasuhan, kesehatan dan gizi bagi anak usia dini, beserta saran dan rekomendasinya.
c. Rumusan tentang pengembangan program studi PAUD melalui LPTK/Perguruan Tinggi dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga pendidik PAUD beserta saran dan rekomendasinya.
Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi Sekretariat Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Nasional . Gedung A-213 Jl Humaniora No.1 Bulaksumur Yogyakarta. Telp. 0274-550435; Faks. 0274-550436. e-mail :fpsi@ugm.ac.id
Contact Person : Mustaqfirin Telp. 085228104088