• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • PUBLIC RELATIONS DAN TELEVISI

PUBLIC RELATIONS DAN TELEVISI

  • 28 April 2005, 08:41 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 8322

Sejak stasiun televisi swasta diperbolehkan melakukan siaran secara nasional terhitung mulai tanggal 23 Agustus 1989, sejak saat itu pula ajang kompetisi antara stasiun televisi swasta di Indonesia mulai digelar. Diawali dengan langah RCTI, kemudian diikuti sejumlah stasiun televisi lain yang turut maramaikan kancah persaingan, diantaranya: SCTV, TPI, ANTV, Indosiar, Metro TV, Trans TV, Lativi, TV7, dan Global TV. Sehingga tidak mustahil apabila saat ini kompetisi menjadi semakin kompleks dan dinamis. Hal tersebut diungkapkan Amalia Belmika, Ketua Panitia Talk Show.

Menurutnya, berpijak pada wacana di atas maka Program Diploma Public Relations UGM akan menyelenggarakan talk show yang bertajuk “Public Relations dan Televisi”. Talk show ini akan diselenggarakan tepatnya pada hari sabtu, 30 April 2005 (16.00-20.00 WIB) dan bertempat di Java Cafe. Adapun keynote speaker yang diundang dalam acara ini meliputi sejumlah Public Relations Officer dari beberapa stasiun televisi baikberskala nasional maupun lokal. Disamping itu, talk show ini juga akan melibatkan kaum akademisi yang concern di bidang public relations dari pertelevisian diantaranya: Coconino Ahmad & Iwan (PR Trans TV), Heryanto (PR SCTV), Raldy Doy (PR Lativi) serta Wisnu Martha Adiputra S.I.P., M.Si (Dosen Komunikasi UGM).

Menurut Amalia, berbicara mengenai ranah persaingan dalam dunia pertelevisian, saat pemirsa tidak bisa lagi membedakan antara dalam dunia pertelevisian, saat pemirsa tidak bisa lagi membedakan antara sebuah stasiun televisi dengan stasiun televisi lainnya melalui program yang disajikan, maka situasi ini pada gilirannya menjadikan tiap stasiun televisi perlu membuat strategi pembentuk identitas yang lebih bersifat makro dan mencakup pengelolaan identitas institusi televisi bersangkutan. Pada titik ini, kesungguhan sebuah stasiun televisi untuk menciptakan corporate image, dibangun dengan mengintegrasikan seluruh elemen yang melekat pada institusi merekam, baik itu budaya perusahaan, gaya menejemen, landasan filosofi, strategi program acara, dan beragam elemen lain yang menjadi pondasi bagi identitas stasiun televisi. “Pada titik membangun identitas inilah, bukan tidak mungkin kehumasan mampu memberikan kontribusi yang begitu berarti bagi stasiun televisi. Bincang-bincang hangat ini juga terbuka lebar bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap dunia public relations dan pertelevisian,” ujar Amalia. (Humas UGM)

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Kaji Televisi Seri Berkarakter Gay

    Wednesday,17 May 2017 - 15:57
  • FK UGM Meluncurkan Televisi Kesehatan “InaHealth TV”

    Monday,13 November 2017 - 15:01
  • Gandeng Media Televisi, PSP UGM Garap Iklan Pancasila

    Wednesday,14 November 2012 - 19:33
  • ICRS Kerjasama Dengan KPI-IMW Tentang Penyiaran Sehat

    Thursday,04 April 2013 - 19:01
  • Informasi dari Media Televisi masih Jauh dari Kebutuhan Masyarakat Desa

    Monday,09 April 2007 - 10:58

Rilis Berita

  • Masyarakat Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM 28 January 2023
    Masyarakat memberikan apresiasi pelaksanaan KKN Kolaborasi yang dirintis oleh Universitas Gadjah
    Satria
  • Evaluasi dan Temu Mitra Supplyer Gerai UMKM 27 January 2023
    Sebagai media memfasilitasi pemasaran produk UMKM binaan sivitas akademika UGM, Gerai UMKM yang b
    Agung
  • Dirjen Diktiristek Puji Fasilitas Field Research Center UGM 27 January 2023
    Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam,
    Gloria
  • Raih Doktor Usai Teliti Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong 27 January 2023
    Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Sumberdaya Geologi, BRIN, Ir. Chusni Ansori, M.T., dinyatakan lu
    Agung
  • Rektor UGM Paparkan Konsep HPU di Kampus UNRAM 27 January 2023
    Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), memaparkan konse
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual