• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

  • 14 Juli 2016, 15:36 WIB
  • Oleh: Agung
  • 4657
  • PDF Version
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor
Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

Model belajar efektif untuk menghasilkan prestasi belajar yang optimal, selain mempertimbangkan sesuatu yang bersifat teoritis, perlu juga mempertimbangkan hal-hal yang bersifat realistis. Tantangan pun muncul bagi siswa usia sekolah di era teknologi informasi saat ini, yaitu siswa dituntut melakukan konstruksi terhadap semua informasi yang ada.

Jika kemudian tidak dilakukan penyaringan terhadap banyak dan beraneka ragamnya informasi yang masuk, maka informasi yang ada seolah-olah hanya mengisi penuh memori siswa tanpa terjadi pengendapan, pemilahan dan pemanfaatan informasi yang ada secara optimal. Jika hal itu benar-benar terjadi, maka informasi yang ada tidak akan banyak memberikan manfaat.

"Pembelajaran di sekolah saat ini juga sudah banyak melibatkan peran teknologi informasi yang mengandaikan setiap siswa memiliki keaktifan dalam belajar," ujar Titik Kristiyani, M.Psi., Psikologi, di Auditorium G-100 Fakultas Psikologi UGM, Kamis (14/7).

Titik Kristiyani mengatakan hal itu saat menempuh ujian terbuka Program S3 untuk memperoleh gelar doktor psikologi. Dalam ujiannya, dosen Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini mempertahankan disertasinya berjudul "Dari Trilogi ke Ekalogi: Dinamika Sumbangan Motivasi Belajar, Metakognisi, dan strategi Kognitif Bagi Prestasi Matematika Siswa Kelas IX SMP".

Dari penelitiannya terhadap siswa-siswi SMP kelas IX di Kotamadya Yogyakarta dengan menggunakan tiga skala psikologis, yaitu Skala Motivasi Belajar, Skala Metakognisi dan Skala Strategi Kognitif, Titik berkesimpulan bahwa dalam mempelajari matematika rupanya bentuk evaluasi belajar  yang digunakan tidak selalu menuntut penggunaan strategi kognitif mendalam. Strategi kognitif mendalam ini pun tidak memediasi baik pengaruh  motivasi belajar terhadap prestasi matematika, maupun pengaruh metakognisi terhadap prestasi matematika.

"Tidak berperannya penggunaan strategi kognitif mendalam dikarenakan banyaknya soal-soal yang disajikan untuk siswa-siswa kelas IX, termasuk Tes Pendalaman Materi (TPM) Matematika dengan soal-soal repetisi yang terus muncul baik di sekolah maupun luar sekolah, di kelas bimbingan tes atau les privat. Soal-soal repetisi ini  bukanlah tugas baru yang menuntut penggunaan berpikir kritis, sehingga tidak membutuhkan strategi kognitif mendalam," tegasnya.

Titik Krisiyani lebih lanjut menuturkan siswa yang mengikuti les di luar sekolah memiliki motivasi belajar, metakognisi, dan prestasi matematika yang lebih tinggi dibanding siswa yang tidak mengikuti les. Artinya, kegiatan dan mentor les telah berperan memberikan dukungan bagi perkembangan kognitif (scalfolding) para siswa remaja.

"Dalam hal ini, sekolah yang seharusnya menjadi sarana pencetak agen pembelajar mandiri telah dikalahkan fungsinya dengan lembaga pendidikan di luar sekolah. Karena itu, model trilogi yang disusun sejak awal penelitian pun mengalami pergeseran," paparnya.

Oleh karena itu, Titik Kristiyani berharap tidak berperannya strategi kognitif mendalam akibat banyaknya repetisi soal-soal yang diberikan pada siswa selanjutnya direkomendasikan kepada pihak sekolah agar evaluasi belajar yang diberikan hendaknya lebih mengungkap pemahaman mendalam siswa, dan bukan kemampuan menghafal jawaban. Sementara itu, bagi pembuat soal-soal ujian diharapkan lebih banyak menuntut penggunaan deep learning, yakni dengan menghadapkan masalah-masalah baru yang menuntut siswa untuk berpikir lebih kritis. (Humas UGM/ Agung)

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Teliti Sedimen Suspensi Saluran Menikung

    Monday,31 August 2015 - 15:17
  • Raih Doktor Usai Teliti Fakta Sejarah Novel Indonesia

    Thursday,13 February 2014 - 13:44
  • Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor

    Tuesday,15 April 2014 - 11:09
  • Dosen Fakultas Biologi UGM Raih Double Excellent Achievement di Taiwan

    Monday,29 November 2021 - 10:15
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Prestasi Akademik Pada Remaja

    Tuesday,28 January 2014 - 15:06

Rilis Berita

  • UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim Lewat Kegiatan Tridarma 27 June 2022
    UGM menyatakan komitmennya dalam upaya mendukung mitigasi perubahan iklim akibat pemanasan global
    Ika
  • Peneliti UGM Beri Masukan Terkait Pengelolaan Cukai Tembakau ke BAKN DPR 27 June 2022
    Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (B
    Gloria
  • Epidemiolog UGM: Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Klaster Libur Lebaran dan Varian Omicron Baru 27 June 2022
    Belakangan ini jumlah kasus harian Covid-19 lebih dari 2,000 kasus. Total jumlah kasus aktif hing
    Gusti
  • Dosen UGM Hadiri Pertemuan Pakta Pelarangan Senjata Nuklir di Wina Austria 27 June 2022
    Dosen Departemen Hubungan Internasional, Fisipol UGM, Drs. Muhadi Sugiono, M.A., menghadiri 
    Gusti
  • Guru Besar UGM Jawab Dilema Digitalisasi di Indonesia 27 June 2022
    Menurut Anda, apakah kehidupan masyarakat Indonesia sudah terdigitalisasi? Lalu, apakah menurut A
    Satria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual