• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Palawa
  • Webmail
  • Direktori
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Sifat Mekanis Beton Karet

Raih Doktor Usai Teliti Sifat Mekanis Beton Karet

  • 24 Juli 2016, 20:21 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4163
  • PDF Version
Raih Doktor Usai Teliti Sifat Mekanis Beton Karet

Rehabilitasi perkerasan merupakan salah satu upaya yang sering dilakukan untuk meningkatkan kapasitas struktur perkerasan jalan akibat peningkatan beban kendaraan atau kerusakan perkerasan yang terjadi secara meluas. Langkah ini juga kerap diambil unuk rehabilitasi di area lapangan terbang.

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo, Edward Ngii, mengatakan metode pelapisan ulang atau overlay merupakan cara yang paling banyak digunakan dibanding membongkar atau mendesain ulang perkerasan. Di Indonesia, metode overlay beton yang biasa dilakukan dengan menghampar secara langsung campuran beton diatas perkerasan kaku eksisting yang dikenal dengan bonded overlay. Kendati begitu, metode ini rentan terhadap retak refleksi.

“Dampak retak refleksi bisa menyebabkan kekuatan perkerasan yang telah diperbaiki semakin menurun sehingga masa pelayanannya menjadi lebih pendek,” terangnya, Kamis 921/7) saat menjalani ujian terbuka program doktor di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM.

Mempertahankan disertasi berjudul “Sifat Mekanis Beton Karet Sebagai Bahan Stress Absorbing Membrane Interlayer (SAMI) Pada Overlay di Atas Perkerasan Kaku Lapangan Terbang”, Edward menyebutkan Strees Absorbing Membrane Interlayer (SAMI) adalah salah satu bahan interlayer yang sukes digunakan pada overlay aspal. Dari penelitian terdahulu diketahui SAMI-LDPE mempunyai efisiensi dalam menahan retak refleksi di overlay perkerasan lentur sampai 62 persen. Namun, penggunaan SAMI pada overlay beton memiliki kinerja yang rendah dalam menahan retak refleksi. Sementara dari penelitian lainnya diketahui bahwa beton karet dapat dirancang memiliki sifat mekanis mendekati bahan SAMI.

Oleh sebab itu, Edward berusaha melakukan penelitian dan merancang penggunaan beton karet sebagai lapis interlayer pada overlay beton untuk perkerasan lapangan terbang yang disebut SAMI-Rubbercert. Adapun salah satu fungsi SAMI dalam sistem overlay adalah sebagai pemutus ikatan sehingga lapis overlay dan eksisting bergerak secara independen. Disamping itu, sekaligus menjamin agar kerusakan pada lapis eksisting tidak terefleksi langsung ke lapis overlay.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi campuran beton karet yang bisa dipakai sebagai interlayer di overlay perkerasan kaku untuk SAMI-RC60 adalah 60 % karet dan 40% pasir. Sedangan SAMI-RC80 dengan komposisi 80% karet dan 20% pasir. Sementara untuk perilaku regang pada SAMI-RC80 menyebabkan interlayer cenderung lebih kuat menahan beban maksimum pada balok overlay yang mengalami keretakan.

Ditambahkan Edward, antara interlayer SAMI-RC60 dan AMI-RC80 belum memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan lendutan di overlay. Namun demikian, hasilnya memperlihatkan perilaku regang yang mendekati hasil uji laboratorium pada pembebanan dengan dual wheel gear.

Menurutnya, penggunaan lapis interlayer akan memberikan keuntungan dalam pelaksanaan sebab bisa dihampar langsung di atas beton lama yang rusak. Dengan begitu, dapat menekan biaya dan waktu dalam proses perbaikan pra-overlay yang memakan biaya tinggi dan waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu, bahan karet untuk lapis interlay bisa menggunakan karet dari limbah industri vulkanisir ban sehingga menekan biaya produksi. Selain itu, juga bisa mereduksi dampak lingkungan karena karet ban tidak dapat terurai dengan mudah. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Teliti Sputtering dan Implantasi Ion Terhadap Baja Tahan Karat AISI 410

    Friday,31 July 2015 - 15:11
  • Kekuatan Geser Konektor Pengaruhi Kekuatan Balok Komposit Bambu Laminasi

    Wednesday,19 August 2015 - 14:41
  • Kembangkan Filter Beton Untuk Penjernih Air, Budi Kamulyan Raih Doktor

    Friday,19 September 2014 - 12:56
  • Raih Doktor Usai Teliti Perdagangan Intra Industri Indonesia-ASEAN

    Friday,29 July 2011 - 10:38
  • Raih Doktor Usai Meneliti Serat Rami Sebagai Material Komposit Galangan Kapal

    Thursday,20 August 2015 - 15:25

Rilis Berita

  • UGM dan UTA’45 Jakarta Jalin Kerja Sama 13 December 2019
    Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta menjalin kerja sama bidang
    Ika
  • UGM Terima Hibah Infrastruktur Big Data dari AKR Corporindo 13 December 2019
    Universitas Gadjah Mada menerima bantuan hibah infrastruktur Big Data dari PT AKR Corporindo dala
    Gusti
  • Persembahan DWP untuk Pelestarian Batik Nusantara 13 December 2019
    Gemerlap lampu menyinari para model melenggang di atas panggung catwalk. Panggung terseb
    Satria
  • UGM Tandatangani Kerja Sama dengan Lima Mitra 12 December 2019
    Universitas Gadjah Mada (UGM) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan enam mitra, Kamis (12/
    Ika
  • Urgensi Optimalisasi Prediksi Cuaca 11 December 2019
    Indonesia merupakan negara maritim yang proporsi lautannya mencapai 76,940 persen dibanding darat
    Satria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

Tidak ada agenda terbaru saat ini

Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2019 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontak