• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Prestasi
  • Mahasiswa UGM Menang Lomba Analisis Potensi Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

Mahasiswa UGM Menang Lomba Analisis Potensi Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

  • 23 Agustus 2016, 12:34 WIB
  • Oleh: Ika
  • 10144
Mahasiswa Teknik Menang Lomba Analisis Potensi Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

Tim mahasiswa Fakultas Teknik UGM berhasil menyabet juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Universitas Tarumanegara pada 10 Juni 2016 lalu. Gelar juara sukses mereka raih setelah menyisihkan puluhan tim lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mereka adalah Dhirta Parera, Kemal Fardianto, dan Yogi Andriyanto. Ketiganya merupakan mahasiswa dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik.

Dhirta mengatakan dalam lomba tersebut peserta diminta untuk mengirimkan karya tulis ilmiah bertema analisis potensi dan masalah High Speed Rail (HSR) Jakarta-Bandung. Selanjutnya, lima karya terbaik dipilih untuk mempresentasikan kara tulisnya di babak final. Lima karya terbaik tersebut berasal dari UGM, ITB, Universitas Tarumanegara, Universitas Atma Jaya, dan Universitas Krida Wacana.

“Di final kami mempresentasikan analisis bahwa ada kemungkinan merugi PT. Kereta Cepat Indonesia China akibat ketidakmampuan memikat konsumen. Kami membandingkan keunggulan dari tiap moda transportasi Jakarta-Bandung yang sudah ada,” ujarnya, Selasa (23/8) di Fakultas Teknik UGM.

Dhirta menjelaskan bahwa mobil masih menjadi pilihan utama moda transportasi perjalananan Jakarta Bandung. Setidaknya, 127.133 perjalanan setiap harinya ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi. Diikuti dengan moda transportasi travel atau mini bus yang mengangkut 13.000-14.000 penumpang per hari, bus besar mengangkut kurang dari 1.000 penumpang per hari, dan KA Argo Parahyangan yang mengangkut 2.000-2.500 penumpang setiap harinya.

Sementara untuk menutup nilai investasi proyek HSR sebesar Rp72,5 triliyun, maka minimal jumlah penumpang tiap hari sebanyak 21.134. Jumlah tersebut dinilai kurang realistis untuk dapat tercapai nantinya. Ditambah harga tiket yang mahal yaitu Rp200 ribu menjadikan moda ini sulit untuk menarik minat penumpang.

“Apakah realistis kereta api cepat bisa menarik penumpang dalam jumlah tersebut? Sementara itu melihat karakteristik perjalanan Jakarta-Bandung yang ada akan sulit beralih ke moda HSR ini," terangnya.

Ditambahkan Dhirta, dari hasil perhitungan nilai investasi yang dilakukan oleh konsorsium BUMN, mereka mendapatkan hasil adanya kemungkinan akan merugi setelah beroperasinya kereta cepat.

Mereka pun menawarkan solusi untuk persoalan HSR ini yakni dengan melakukan pembangunan prasarana akses dan integrasi antar moda. Salah satunya dengan menghubungkan stasiun kereta api cepat dengan transportasi publik dalam kota misalnya bus rapid transit, light rapid transit, dan mass rapid transit. Lalu, traffic demand management pada tol Cipularang.

Disamping itu, menerapkan traffic demand management (TDM) tol Cipularang. Hal ini ditujukan untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi. Adapun TDM yang diusulkan dengan menaikkan tarif mobil pribadi dengan jumlah penumpang kurang dari 4.

“Melalui kebijakan tersebut diperkirakan sedikit banyak memengaruhi pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke moda HSR,” pungkasnya. (Humas UGM/Ika)

 

Berita Terkait

  • Mahasiswa UGM Teliti Tingkat Keselamatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

    Tuesday,03 November 2020 - 16:57
  • Pemerintah Segera Bangun Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya

    Thursday,07 December 2017 - 14:50
  • Mahasiswa Biologi UGM Juara 3 Nasional Lomba Esai Biodiversitas

    Tuesday,01 November 2022 - 12:10
  • Mobil Listrik ARJUNA Siap Berlaga di Bandung

    Thursday,12 November 2015 - 8:32
  • DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade SMK 2011

    Sunday,30 October 2011 - 12:53

Rilis Berita

  • Dosen Perikanan UGM Murwantoko Dikukuhkan sebagai Guru Besar 21 March 2023
    Dosen Departemen Perikanan, Prof. Dr. Ir. Murwantoko, M.Si., dikukuhkan sebagai G
    Gloria
  • Komunitas Mahasiswa Hindu UGM Ikuti Tawur Agung di Candi Prambanan 21 March 2023
    Mahasiswa UGM yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma (UKM
    Ika
  • 40 UMKM Mengikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Proses Pengolahan dan Pengemasan Produk 21 March 2023
    Sebanyak 40 pelaku UMKM mengikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Proses Pengolahan dan Pengemasan
    Agung
  • UGM Kembangkan Aplikasi TOMO Untuk Penanganan Tuberkulosis Resisten Obat 21 March 2023
    Penyakit tuberkulosis (TB) masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Dalam lapora
    Ika
  • Entrepreneur di Bidang Peternakan Masih Minim 21 March 2023
    Meski masih terbuka lebar Indonesia masih kekurangan entrepreneur di bidang peternakan. Data Bada
    Agung

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual