• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Iklim Keadilan Prosedural Organisasi Memengaruhi Perilaku Karyawan

Iklim Keadilan Prosedural Organisasi Memengaruhi Perilaku Karyawan

  • 06 September 2016, 08:05 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4821
  • PDF Version
Iklim Keadilan Prosedural Organisasi Pengaruhi Perilaku Karyawan

Perusahaan jasa selalu dituntut untuk memelihara perilaku kewargaan organisasional orientasi-pelayanan (PKO O-P) karyawan. Hal tersebut diperlukan untuk mendukung optimalisasi kinerja organisasi perusahaan, termasuk dalam industri perhotelan. Perilaku kewargaan ini mengarahkan karyawan untuk bersikap loyal pada organisasi, berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan, dan menawarkan pelayanan yang sempurna.


“Perilaku kewargaan organisasional orientasi-pelayanan karyawan dapat membangun jembatan komunikasi yang efektif antara organisasi dengan pelanggan,” kata Heru Kristanto, dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana, Senin (5/9) saat ujian terbuka program doktor di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM.

Heru menyebutkan perilaku kewargaan organisasional orientasi pelayanan juga mewakili sikap organisasi terhadap pelanggan yang tercermin dalam manfaat PKO O-P bagi karyawan, pelanggan, dan organisasi. Dari penelitian yang dilakukan Heru terhadap 425 karyawan lini depan atau yang langsung melakukan kontak dengan pelanggan dari 56 hotel berbintang dan non-bintang di DIY diketahui bahwa perilaku kewargaan organisasional orientasi-pelayanan sangat dipengaruhi oleh iklim keadilan prosedural.

“Pengaruh tersebut terjadi baik secara langsung ataupun lewat pemediasian dukungan organisasional persepsian dan pertukaran pemimpin-anggota,”ungkapnya.

Temuan lain menunjukkan bahwa karyawan cenderung mempersepsikan keadilan yang berasal dari atasan langsung lebih berdasarkan prosedur kerja daripada keadilan berdasarkan kedekatan emosional. Kondisi ini disebabkan oleh fenomena pemanfaatan karyawan kontrak alih daya (outsourcing) dan karyawan lepas dalam menghadapi tingkat persaingan hotel yang sangat ketat. Karyawan alih daya cenderung mempersepsikan hubungan dengan atasan langsung sebagai bentuk kontrak kerja. Sedangkan hubungan emosional cenderung dengan atasannya di perusahaan alih daya.

“Karyawan alih daya berperilaku PKO O-P berlebihan dikarenakan ketakutan akan kehilangan pekerjaan daripada perlakuan yang baik dari atasannya,”jelas Heru.

Menurutnya, karyawan alih daya memerlukan pembekalan yang memadahi tentang iklim atau budaya kerja organisasi hotel untuk menciptakan keselarasan kerja dalam melayani tamu hotel. Hal ini penting dilakukan karena adanya perbedaan budaya kerja antara perusahaan alih daya dengan hotel tempat mereka bekerja. (Humas UGM/Ika)

 

Berita Terkait

  • Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Dinilai Adil Bagi Sebagian Karyawan

    Tuesday,09 December 2008 - 15:56
  • Kepemimpinan Autentik Dorong Pegawai Lakukan Whistle Blowing Internal

    Monday,08 April 2019 - 13:38
  • Perilaku Berbagi Pengetahuan Sumbang Prestasi Kerja Individu

    Thursday,30 April 2015 - 12:24
  • Raih Doktor Usai Teliti Perilaku Kewargaorganisasian

    Friday,14 October 2011 - 13:18
  • Pengingkaran Kontrak Psikologis Picu Perilaku Kerja Kontraproduktif

    Monday,27 April 2015 - 15:38

Rilis Berita

  • Guru Besar FKKMK Prof Purnomo Berpulang 26 January 2021
    Universitas Gadjah Mada tengah berduka, salah satu guru besar terbaiknya, Prof. dr. Purnomo Surya
    Agung
  • Peserta Lolos SNMPTN Tak Bisa Ikuti SBMPTN dan Seleksi Mandiri 26 January 2021
    Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) re
    Gloria
  • Epidemiolog UGM: PPKM II Akan Efektif Jika Lebih Ketat 26 January 2021
    Epidemiolog UGM, dr. Bayu Satria Wiratama, MPH., menilai kebijakan pemerintah untuk memperpanjang
    Ika
  • Pakar UGM Ingatkan Ancaman Resistensi Antimikroba 26 January 2021
    Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) bekerja sama dengan Fakultas
    Gusti
  • UFO UGM Gelar Pameran Fotografi “Harsa” secara Virtual 26 January 2021
    Unit Fotografi (UFO) UGM mengadakan Pameran Fotografi Virtual Angkatan UFO 27 bertajuk "Hars
    Satria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

Tidak ada agenda terbaru saat ini

Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
Kontak sementara selama COVID-19
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599 (WhatsApp)

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2021 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual