
Pengemasan atau packaging merupakan upaya pembungkusan, pewadahan atau pengepakan yang memiliki peranan sangat penting dalam penanganan pasca produksi. Pengmasan dapat memperpanjang umur simpan bahan, mencegah dan mengurangi terjadinya kerusakan bahan yang dibungkus, serta mempercantik dan meningkatkan mutu dari suatu produk. Peningkatan permintaan pasar mengenai variasi model dan teknologi pengemasan yang canggih serta menarik, mendorong pelaku usaha untuk selalu berinovasi dengan teknik pengemasan yang mereka pilih. Terkait dengan hal itu, dalam rangkaian Dies Natalis ke-48 Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan seminar bertajuk “Pelatihan Kemasan dan Aplikasinya untuk Produk Makanan Olahan Ternak” pada Jumat (25/8) di Auditorium R. Soepardjo, Fakultas Peternakan UGM.
Pelatihan mengenai pengemasan merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mengeksplorasi teknik pengemasan makanan olahan sebagai salah satu cara meningkatkan image brand dari produk. Pengemasan yang baik dapat meningkatkan penjualan produk di pangsa pasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, Fakultas Peternakan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk asosiasi pengemasan wilayah ASEAN (Asean Packaging Federation), Majelis Ulama Indonesia (MUI), beserta instansi pemerintah terkait. Diharapkan dengan kerja sama yang dijalin, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku usaha terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), masyarakat serta mahasiswa.
Berbagai materi dari para narasumber disampaikan dalam seminar kali ini. Materi yang disampaikan diantaranya, Perkembangan Pengemasan Produk Olahan Daging oleh Dr. Endy Triyananto, S.Pt., M.Eng., Pengolahan dan Packaging Produk Makanan Halal: Persiapan Mendapatkan Sertifikat Halal oleh Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D., Labeling Kemasan oleh Prof. Dr. Yudi Pranata, STP.MP. serta Pengemasan Olahan Hasil Ternak (Teknis Pengemasan Sosis, Susu, dan Olahan Hasil Ternak oleh Ariana Susanti dari Asian Packaging Federation. Nanung menjelaskan bahwa status kehalalan produk pangan menjadi suatu hal yang harus diperhatikan oleh produsen dan konsumen. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Endy, yang menyatakan bahwa kemasan mampu mendongkrak nilai jual produk yang diproduksi. (Humas UGM/Catur)