• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti MKJI

Raih Doktor Usai Teliti MKJI

  • 10 November 2017, 16:22 WIB
  • Oleh: Agung
  • 2881
  • PDF Version
Raih Doktor Usai Teliti MKJI

Intensitas kegiatan lalu lintas yang terjadi di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut telah membawa kondisi yang sangat berbeda ketika disusunnya Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) di tahun 1990-an.

Berbagai parameter analisis yang dihasilkan MKJI pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu dan dari lokasi ke lokasi. Terbukti, sering terjadi perbedaan keluaran hasil analisis kinerja lalu lintas menggunakan MKJI tahun 1997 dengan kondisi karakteristik lalu lintas yang ada di lapangan.

“MKJI disusun berdasarkan data arus lalu lintas mulai tahun 1990 hingga 1994, dengan jumlah kendaraan bermotor yang terdaftar 132 juta kendaraan, komposisi sepeda motor sebesar 39,57 persen dan panjang jalan nasional 327.000 km," ujar Ocky Soelistyo Pribadi, di Sekolah Pascasarjana UGM, Jumat (10/11) saat menempuh ujian terbuka program doktor.

Ocky menyebutkan hingga penelitian dilakukan Iskandar tahun 2011, jumlah kendaraan bermotor terus mengalami perkembangan mencapai 430 juta, dengan komposisi sepeda motor sebesar 70 persen dan panjang jalan nasional 737.700 km. Hal tersebut menunjukkan peningkatan jumlah kendaraan bermotor sebesar 226 persen, dengan komposisi sepeda motor 77 persen dan panjang jalan nasional 34 persen.

“Adanya peningkatan tersebut menjadi tanda bahwa karakteristik lalu lintas Indonesia mengalami perubahan dari kondisi tahun 90-an ke masa-masa berikutnya. Hal itu juga menunjukkan adanya perubahan nilai ekuivalen kendaraan ringan dan peningkatan nilai kapasitas dasar jalan perkotaan," ujar pegawai di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Mempertahankan disertasi Pengkinian Manual kapasitas Jalan Indonesia Segmen Jalan Perkotaan Dengan Traffic Microsimulation, Ocky mengungkapkan pada saat MKJI disusun jenis kendaraan yang mendominasi komposisi lalu lintas adalah kendaraan ringan dan untuk kondisi terkini berganti dengan sepeda motor. Sementara pernyataan MKJI berupa kota yang lebih kecil menunjukkan perilaku pengemudi yang kurang gesit dan kendaraan kurang modern yang menyebabkan kapasitas dan kecepatan lebih rendah pada arus tertentu.

“Jika dibandingkan dengan kota yang lebih besar ternyata tidak berkorelasi dengan hasil analisis kecepatan rata-rata untuk data penelitian, dan diketahui bahwa kecepatan rata-rata tertinggi terjadi di kelas kota kecil. Dengan begitu maka besaran nilai normal komposisi lalu lintas dalam MKJI telah mengalami perubahan," paparnya.

Oleh karena itu, kata Ocky, diperlukan analisis parameter traffic microsimulation pada software vissim agar sesuai dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. Parameter traffic simulation ini merupakan kalibrasi model vissim yang telah diuji valid secara statistik sesuai dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. (Humas UGM/ Agung)

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

  • Teliti Sistem Saraf Otonom, Dosen FK Raih Doktor

    Monday,02 December 2013 - 14:55
  • Dosen Unibraw Raih Doktor Usai Teliti Virus Dengue

    Tuesday,25 September 2012 - 7:50
  • Hary Raih Doktor Usai Teliti Telomer Pasien Jantung Koroner

    Friday,06 February 2015 - 15:08
  • Raih Doktor Usai Teliti Sistem Web Pragmatik

    Monday,30 May 2016 - 8:34
  • Raih Doktor Usai Teliti Model Limpas Permukaan di Perkotaan

    Thursday,28 July 2016 - 13:17

Rilis Berita

  • UGM Segera Bangun Kawasan Kerohanian 21 May 2022
    UGM akan memulai pembangunan Kawasan Kerohanian dengan sejumlah bangunan untuk mewadahi kegiatan
    Satria
  • Rektor UGM Pastikan Pelaksanaan UTBK 2022 di UGM Berjalan Lancar 21 May 2022
    Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., melakukan peninjauan pelak
    Ika
  • Rektor Resmikan Wisma MIC UGM 21 May 2022
    Ika
  • Pembukaan Rangkaian Dies Natalis Fakultas Filsafat UGM ke-55 21 May 2022
    Rangkaian acara Dies Natalis ke-55 Fakultas Filsafat UGM resmi dibuka, Jumat (20/5). Acara pembuk
    Satria
  • Harapan Warga UGM Pada Rektor Baru 20 May 2022
    Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D., terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2
    Ika

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual