• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

  • 22 Desember 2017, 15:45 WIB
  • Oleh: Agung
  • 5010
Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

Perilaku konsumen dalam mengonsumsi produk-produk hijau merupakan tindakan nyata konsumen untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Dalam hal ini, konsumen memainkan peran penting dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Produk hijau atau produk ramah lingkungan merupakan produk yang dibuat dari bahan-bahan yang aman bagi lingkungan dan diproses dengan cara-cara yang memiliki dampak minimal bagi lingkungan," ujar Rahab, SE., M.Sc, di Auditorium BRI Lt3, Program Msi dan Doktor FEB UGM, Jumat (22/12).

Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman ini mengatakan hal itu saat melaksanakan ujian terbuka Program Doktor di FEB UGM. Mempertahankan disertasi Perluasan Theory of Planned Behavior (TPB) Dengan Variabel Norma Moral, Pengetahuan Dan Kepedulian Kelingkungan Dalam Memprediksi Niat Membeli Produk Hijau, promovendus mencoba mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen Indonesia untuk membeli produk hijau atau produk ramah lingkungan.

“Penelitian ini merupakan pengembangan dari Theory of Planned Behavior (TPB) dalam memahami, menjelaskan, memprediksi niat membeli produk hijau. TPB merupakan teori yang telah sukses dalam memahami, menjelaskan, memprediksi perilaku manusia," katanya.

Rahab menjelaskan teori TPB dikembangkan oleh Ajzen pada tahun 1991. Oleh karena itu, tujuan penelitian yang ia lakukan untuk menguji pengaruh pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan dan norma moral pada pembentukan sikap dan niat berperilaku konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain survei yang melibatkan 833 responden.

“Survei dilakukan pada konsumen di 8 pulau di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Maluku, Lombok dan Papua yang tersebar di 18 kabupaten kota," jelasnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat konsumen Indonesia membeli produk hijau dipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku pembelian produk hijau, norma subjektif, kendali perilaku yang dipersepsikan dan norma moral. Hasil lainnya menunjukan pembentukan sikap konsumen berkaitan dengan perilaku pembelian produk hijau dipengaruhi oleh norma subjektif, norma moral, kepedulian lingkungan dan pengetahuan lingkungan.

“Temuan lain, norma moral yang dimiliki konsumen memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk sikap konsumen dan niat konsumen untuk membeli produk-produk ramah lingkungan," tandasnya. (Humas UGM/ Agung)

Berita Terkait

  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

    Friday,16 August 2019 - 15:16
  • Perilaku Religius Berpengaruh Dalam Memilih Produk Bank Syariah

    Thursday,17 October 2019 - 13:57
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Raih Doktor Usai Meneliti Perilaku Mahasiswa Peduli Lingkungan

    Friday,05 August 2016 - 12:42
  • Teori Perilaku Terencana dan Teori Kognisi Sosial Mampu Prediksi Niat dan Perilaku Individual

    Tuesday,21 August 2018 - 5:02

Rilis Berita

  • Pukat UGM Sesalkan Kemunduran Pemberantasan Korupsi di Indonesia 08 February 2023
    Peneliti Pusat Kajian AntiKorupsi (Pukat) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yuris Rezha Kur
    Gusti
  • Belajar dari Gempa Turki, Masyarakat Perlu Memiliki Rencana Evakuasi Mandiri 07 February 2023
    Bencana gempa bumi dengan magnitudo 7,8 melanda Turki dan Suriah pada hari Selasa (6/2) kemarin.
    Gusti
  • Aplikasi Layanan Ramah Disabilitas Buatan Mahasiswa Difabel UGM Raih Perak di IPITEX Bangkok 07 February 2023
    Aplikasi layanan ramah disabilitas buatan mahasiswa penyandang disabilitas daksa dari Departemen
    Ika
  • SPs UGM Lakukan Pengabdian di KHDTK Getas Blora 07 February 2023
    Sekolah Pascasarjana UGM (SPs) mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Belu
    Agung
  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual