• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Inovasi Teknologi
  • MitEdu Game, Inovasi Game Untuk Mitigasi Bencana

MitEdu Game, Inovasi Game Untuk Mitigasi Bencana

  • 17 Juli 2018, 10:56 WIB
  • Oleh: Agung
  • 4741
MitEdu Game, Inovasi Game  Untuk Mitigasi Bencana
MitEdu Game, Inovasi Game Untuk Mitigasi Bencana
MitEdu Game, Inovasi Game  Untuk Mitigasi Bencana
MitEdu Game, Inovasi Game Untuk Mitigasi Bencana
MitEdu Game, Inovasi Game  Untuk Mitigasi Bencana
MitEdu Game, Inovasi Game  Untuk Mitigasi Bencana

Di Indonesia sering terjadi bencana yang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Oleh karena itu, kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana sangat diperlukan.

Seperti peristiwa belum lama ini, di saat Gunung Merapi di Yogyakarta mengeluarkan erupsi freatik disertai abu vulkanik yang menghujani beberapa wilayah di Yogyakarta dan sekitarnya. Meski tidak sampai jatuh korban, nampaknya pengetahuan masyakarat terkait kebencanaan perlu ditingkatkan.

Kini hadir MitEdu game, inovasi mahasiswa UGM sebagai solusi sekaligus upaya edukasi secara interaktif terkait mitigasi bencana. MitEdu game ini  menyajikan sensasi game 3D melalui teknologi AR (Augmented Reality).

"Inovasi semacam ini dirasa sangat perlu. Terlebih bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri saat bencana terjadi atau mitigasi. Ini adalah upaya untuk mencegah dan pembelajaran menghadapi bencana," ujar Esya Rachma Ningrum, di Kampus UGM, Selasa (17/7).

MitEdu game ini digagas oleh tiga mahasiswa UGM, yaitu Esya Rachma Ningrum (Geografi, 2017), Faturahman Yudanto (Teknik Informatika, 2016), dan Setianing Wikanthi (Mikrobiologi, 2017). Hadirnya game ini diharapkan mampu menjadi inovasi dalam media edukasi mengenai mitigasi bencana.

Disamping itu, game ini mampu menumbuhkan budaya literasi pada anak-anak dengan perpaduan teknologi berupa bermain game. Dengan sensasi 3D tentu mampu memberi kesan nyata saat bermain game.

"Pada level gunung meletus pengguna dapat berada pada situasi saat gunung api meletus dengan wedhus gembelnya. Kondisi berbeda akan dirasakan saat pengguna mampu melanjutkan ke level selanjutnya," kata Esya, selaku ketua tim, Selasa (17/7).

Esya menjelaskan perpaduan teknologi dengan buku menjadi keunggulan yang dimiliki game ini. Buku menjadi sarana agar anak-anak memiliki minat membaca, diimbangi dengan teknologi yang semakin maju.

MitEdu game menyajikan empat level bencana alam yang potensial terjadi di DIY, yaitu gunung meletus, gempa bumi, tsunami, dan banjir. MitEdu game ini memiliki konsep penyelamatan diri saat bencana terjadi, persiapan dan pasca bencana terjadi.

Dr. Dyah Rahmawati Hizbaron., S.Si., M.T., M.Sc., selaku pembimbing, mengatakan bahwa game ini sangat berpotensi untuk media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Anak-anak dituntut untuk membaca buku sembari bermain game.

"Game ini dapat dimainkan secara individu maupun kelompok," katanya. (Humas UGM/ Agung)


Berita Terkait

  • Save Komo Karya Mahasiswa UGM Raih Indonesia Game Developer Award

    Wednesday,17 October 2012 - 8:47
  • Himakom Gelar Kompetisi Game

    Tuesday,19 April 2011 - 14:38
  • ‘Arjuna Sang Pemanah’ Jawara Jogja Game Expo

    Wednesday,20 April 2011 - 10:07
  • Game dan Animasi Karya Mahasiswa Dipamerkan di Gemastik 8

    Wednesday,28 October 2015 - 14:56
  • Mahasiswa Ilmu Komputer Juara Kompetisi Tingkat Nasional

    Friday,10 June 2011 - 11:12

Rilis Berita

  • Belajar dari Gempa Turki, Masyarakat Perlu Memiliki Rencana Evakuasi Mandiri 07 February 2023
    Bencana gempa bumi dengan magnitudo 7,8 melanda Turki dan Suriah pada hari Selasa (6/2) kemarin.
    Gusti
  • Aplikasi Layanan Ramah Disabilitas Buatan Mahasiswa Difabel UGM Raih Perak di IPITEX Bangkok 07 February 2023
    Aplikasi layanan ramah disabilitas buatan mahasiswa penyandang disabilitas daksa dari Departemen
    Ika
  • SPs UGM Lakukan Pengabdian di KHDTK Getas Blora 07 February 2023
    Sekolah Pascasarjana UGM (SPs) mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Belu
    Agung
  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika
  • Tim Peneliti UGM Lakukan Riset Inverter Statik Kereta Api 06 February 2023
    Tim peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Univers
    Gusti

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual