• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Pengukuhan Prof Asmadi Alsa: Akselerasi Tidak Berdampak Negatif Bagi Perkembangan Psikososial

Pengukuhan Prof Asmadi Alsa: Akselerasi Tidak Berdampak Negatif Bagi Perkembangan Psikososial

  • 06 Juni 2007, 15:32 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 5743

Aktivitas belajar yang padat menjadikan siswa kelas akselerasi mampu melakukan regulasi diri dalam belajar. Pemerkayaan materi (enrichment) yang didapat siswa kelas akselerasi adalah melalui tugas mandiri dan tugas kelompok yang dikerjakan di luar jam sekolah.

Dalam pandangan Prof Dr Asmadi Alsa, beban dan tugas belajar di dalam dan di luar jam sekolah ternyata menjadi stressor positif (eustress) bagi siswa kelas akselerasi. Hal ini terjadi karena perkembangan fisik siswa sudah kuat, perkembangan kognitif siswa sudah siap, dan lebih penting penting siswa cerdas dan berbakat, learning ratenya lebih unggul dibandingkan siswa normal seusianya.

“Mereka mampu mengubah sikap mental dalam menghadapi kecepatan dan kepadatan belajar, sehingga mereka lebih aktif, memiliki komitmen, dan fight dalam belajar. Berbeda dengan keadaan mereka sebelumnya, ketika berada di kelas reguler SMP, yang mereka nilai kurang gigih dan kurang daya juang,” ujar dosen Fakultas psikologi UGM, Rabu, (6/6) di Balai Senat UGM.

Prof Asmadi Alsa menyampaikan hal tersebut saat dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Fakultas Psikologi UGM dengan pidato pengukuhan berjudul “Keunggulan Dan Kelemahan Akselerasi di SMA: Tinjauan Psikologi Pendidikan”.

Label “lebih unggul” yang diberikan masyarakat pada siswa akselerasi, kata Asmadi Alsa, membuat mereka menetapkan standar untuk perilaku belajarnya, sehingga lebih termotivasi dan memiliki komitmen untuk mendapatkan hasil belajar sesuai standar personalnya. Label “lebih unggul” pula yang telah membangun citra diri positif bagi siswa kelas akselerasi.

“Menurut teori disonansi kognitif (cognitive dissonance theory), setiap manusia mempunyai kebutuhan untuk menjaga citra diri positif yang ia miliki, oleh karenya ia akan mengalami situasi ketegangan atau mengalami situasi yang tidak nyaman (discomfort),” tambah pria kelahiran Pagaralam 10 September 1947 ini.

Dibagian lain pidatonya, Asmadi Alsa menjelaskan, meski tidak ditemukan dampak negatif penyelenggaraan kelas akselerasi terhadap perkembangan psikososial siswa SMA, Asmadi Alsa berpendapat guru BP atau guru kelas perlu melakukan pemantauan. Terutama pemantauan terhadap perkembangan perilaku dan kinerja akademik siswa kelas akselerasi pada semester pertama, apakah mereka mampu melakukan penyesuaian diri dengan padatnya aktivitas belajar.

“Kalau berdasar pemantauan ditemukan indikasi perilaku dan kinerja akademik siswa tidak bagus, maka perlu dilakukan identifikasi terhadap masalah yang dihadapi siswa, dan selanjutnya diberi bimbingan untuk memperoleh pemecahan terbaik bagi siswa yang bersangkutan, termasuk kemungkinan siswa yang bersangkutan, termasuk kemungkinan siswa pindah jalur ke kelas regular,” tandas suami Zahriyani ayah tiga putra ini. (Humas UGM).

Berita Terkait

  • TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

    Friday,20 January 2006 - 17:01
  • UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas

    Wednesday,08 April 2020 - 8:50
  • UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas

    Wednesday,08 April 2020 - 9:51
  • EDS UGM Borong Prestasi

    Thursday,03 March 2016 - 10:44
  • Perlu Manajemen Diri Bagi Penyandang Diabetes

    Monday,26 January 2015 - 13:25

Rilis Berita

  • Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jalur Prestasi Dibuka Hingga 12 April 31 March 2023
    Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UGM jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) at
    Gloria
  • UGM Resmi Lepas Varietas Padi Unggul Gamagora 7 30 March 2023
    Universitas Gadjah Mada resmi melepas varietas padi unggul inbrida G7 dengan nama Gamagora 7 ke p
    Gusti
  • Tim Calon Pemborong Juara 3 National Tender Competition The 20th CENS Universitas Indonesia 2022 29 March 2023
    Tim Calon Pemborong yang digawangi tiga mahasiswa UGM berhasil meraih juara 3 National Tender Com
    Agung
  • Pengamat Sosial UGM: Validasi DTKS Perlu Dilakukan Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran 29 March 2023
    Pemerintah akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi warga kurang mampu di bulan ram
    Ika
  • UGM Bangun Kolaborasi Riset Internasional 29 March 2023
    Beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti UGM, UI, ITB, IPB, ITS dan Universitas Airlangga t
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual