• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

  • 10 Agustus 2018, 11:26 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 2432
  • PDF Version
Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

Gengsi berpengaruh positif pada identifikasi merek konsumen. Semakin bergengsi suatu merek, konsumen semakin mengindentifikasi dengan merek tersebut. Sebab, merek memberikan arti simbolis yang mencerminkan kemapanan dan melambangkan kekayaan serta status sosial pemakaianya. Demikian beberapa simpulan penelitian yang disampaikan oleh mahasiswa program doktoral dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Fitroh Adhilla, SE, M.Si., dalam ujian terbuka promosi doktor di Auditorium BRI, Gedung Program Msi dan Doktor FEB UGM, Jumat (10/8).

Dalam disertasinya yang berjudul Anteseden pada Model Identifikasi Merek dan Pengaruhnya pada Perilaku Konsumen, ia melakukan penelitian dengan penyebaran kuesioner terhadap 340 responden anggota komunitas motor CBR, komunitas mobil merek Pajero, Fortuner, Mercedes Benz dan Honda. Selanjutnya, pengujian validitas menggunakan validitas muka, validitas isi dan validitas konstruk.

Menurutnya, kepuasan konsumen berpengaruh positif pada identifikasi merek konsumen. Konsumen akan mengidentifikasi merek pada mereka jika merasa terpuaskan, senang dengan merek tersebut. “Bagi mereka sesuai dengan keinginan konsumen dan konsumen mendapatkan pengalaman yang baik dengan menggunakan merek tersebut,” kata dosen S2 Manajemen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini.

Ia menerangkan, semakin konsumen mengidentifikasi dirinya dengan suatu merek maka konsumen akan semakin setia pada merek tersebut. “Konsumen akan membeli merek yang sama di masa mendatang serta memiliki komitmen untuk menggunakan merek yang sama,” paparnya.

Tidak hanya sampai di situ, identifikasi merek konsumen berpengaruh pada getok tular positif. Semakin konsumen mengindentifikasi dengan suatu merek maka konsumen akan semakin menganjurkan dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain. “Mereka bahkan berbicara positif mengenai merek tersebut,” ungkapnya.

Namun demikian, imbuhnya, komunikasi  perusahaan sangat peting untuk melakukan penguatan identifikasi merek. Ia menganjurkan perusahaan harus secara aktif berkomunikasi dengan pelanggan yang tergabung dalam komunitas merek. “Komunikasi diberikan dalam bentuk informasi terbaru mengenai produknya dan informasi harian melalui media daring, hal ini dilakukan dalam rangka menjalin hubungan baik dengan pelanggan,” katanya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

    Friday,03 May 2019 - 14:29
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

    Wednesday,05 January 2022 - 13:11
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

    Friday,16 August 2019 - 15:16
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

    Tuesday,10 April 2007 - 10:39

Rilis Berita

  • “Baik, Nanti Kita Koordinasikan..” 27 May 2022
    Ada yang menarik
    Gusti
  • Prof Ova Emilia Dilantik Sebagai Rektor UGM 2022-2027 27 May 2022
    Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Ga
    Ika
  • Wisuda UGM Kembali Digelar Secara Luring 25 May 2022
    Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda kembali diselengg
    Gloria
  • UGM-Pemprov DKI-Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran Kerja Sama Penataan Kawasan dan Tridarma 25 May 2022
    Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pemprov DKI Jakarta, Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran melak
    Ika
  • Manajemen Logistik Terpadu Strategi Efektif Turunkan Biaya Logistik 25 May 2022
    Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau sehingga
    Agung

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual