• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

  • 20 Januari 2006, 17:01 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 9226

Dikatakan Drs. Asmadi Alsa, SU banyak faktor yang mempengaruhi kemerosotan dunia pendidikan di Indonesia. Hampir semua komponen penyelenggaraan pendidikan, mulai dari kompetensi guru, proses pembelajaran, sistim ujian dan standar kelulusan, dinilai kurang mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas. “oleh karena itu wajar pula jika lulusannya kurang berkualitas”, ujar Asmadi saat ujian promosi doktor hari Kamis 19 Januari 2006 di ruang Pascasarjana UGM.

Salah satu komponen yang berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa adalah proses pembelajaran. Kata dosen Fakultas Psikologi UGM ini, belajar berkualitas adalah belajar dengan melakukan regulasi diri, yaitu belajar dengan menjaga motivasi, meregulasi metakognisi, dan menggunakan strategi belajar, baik strategi kognitif maupun strategi mengelola lingkungan dan sumber daya. “Berdasar survey awal diketahui bahwa umumnya siswa SMA sanga rendah regulasi dirinya dalam belajar”, ujar promovendus dalam desertasi berjudul “Program Belajar, Jenis Kelamin, Belajar Berdasar Regulasi Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Pada Pelajar SMA Negeri di Yogyakarta”.

Oleh karena itu, setelah dilakukan penelitian terhadap 74 siswa kelas akselerasi dan 112 siswa kelas regular di SMA Negeri 1, 3 dan 8 kota Yogyakarta, Asmadi berpendapat (i) regulasi diri siswa kelas akselerasi dalam belajar lebih tinggi dibandingkan regulasi diri siswa kelas regular. (ii) Tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. (iii) Model regulasi diri dalam belajar yang dikemukakan Garcia dan Pintrich, yang menteorikan bahwa motivasi belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar secara langsung, tapi harus melalui regulasi metakognitif dan strategi belajar, sesuai dengan struktur data prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1, 3 dan 8 di Yogyakarta. (iv) Regulasi diri dalam belajar berkorelasi positif dan signifikan dengan prestasi belajar matematika (HUMAS UGM).

Berita Terkait

  • Pengukuhan Prof Asmadi Alsa: Akselerasi Tidak Berdampak Negatif Bagi Perkembangan Psikososial

    Wednesday,06 June 2007 - 15:32
  • Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

    Wednesday,26 November 2014 - 14:48
  • Kamila Putri, Usia 15 tahun Menjadi Mahasiswa UGM

    Monday,07 August 2017 - 12:27
  • Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

    Tuesday,30 July 2019 - 7:52
  • Ini Dia Sosok Mahasiswa Termuda UGM Usia 15 Tahun

    Monday,01 August 2022 - 15:17

Rilis Berita

  • Belajar dari Gempa Turki, Masyarakat Perlu Memiliki Rencana Evakuasi Mandiri 07 February 2023
    Bencana gempa bumi dengan magnitudo 7,8 melanda Turki dan Suriah pada hari Selasa (6/2) kemarin.
    Gusti
  • Aplikasi Layanan Ramah Disabilitas Buatan Mahasiswa Difabel UGM Raih Perak di IPITEX Bangkok 07 February 2023
    Aplikasi layanan ramah disabilitas buatan mahasiswa penyandang disabilitas daksa dari Departemen
    Ika
  • SPs UGM Lakukan Pengabdian di KHDTK Getas Blora 07 February 2023
    Sekolah Pascasarjana UGM (SPs) mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Belu
    Agung
  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika
  • Tim Peneliti UGM Lakukan Riset Inverter Statik Kereta Api 06 February 2023
    Tim peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Univers
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual