• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

  • 20 Januari 2006, 17:01 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 8723
  • PDF Version

Dikatakan Drs. Asmadi Alsa, SU banyak faktor yang mempengaruhi kemerosotan dunia pendidikan di Indonesia. Hampir semua komponen penyelenggaraan pendidikan, mulai dari kompetensi guru, proses pembelajaran, sistim ujian dan standar kelulusan, dinilai kurang mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas. “oleh karena itu wajar pula jika lulusannya kurang berkualitas”, ujar Asmadi saat ujian promosi doktor hari Kamis 19 Januari 2006 di ruang Pascasarjana UGM.

Salah satu komponen yang berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa adalah proses pembelajaran. Kata dosen Fakultas Psikologi UGM ini, belajar berkualitas adalah belajar dengan melakukan regulasi diri, yaitu belajar dengan menjaga motivasi, meregulasi metakognisi, dan menggunakan strategi belajar, baik strategi kognitif maupun strategi mengelola lingkungan dan sumber daya. “Berdasar survey awal diketahui bahwa umumnya siswa SMA sanga rendah regulasi dirinya dalam belajar”, ujar promovendus dalam desertasi berjudul “Program Belajar, Jenis Kelamin, Belajar Berdasar Regulasi Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Pada Pelajar SMA Negeri di Yogyakarta”.

Oleh karena itu, setelah dilakukan penelitian terhadap 74 siswa kelas akselerasi dan 112 siswa kelas regular di SMA Negeri 1, 3 dan 8 kota Yogyakarta, Asmadi berpendapat (i) regulasi diri siswa kelas akselerasi dalam belajar lebih tinggi dibandingkan regulasi diri siswa kelas regular. (ii) Tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. (iii) Model regulasi diri dalam belajar yang dikemukakan Garcia dan Pintrich, yang menteorikan bahwa motivasi belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar secara langsung, tapi harus melalui regulasi metakognitif dan strategi belajar, sesuai dengan struktur data prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1, 3 dan 8 di Yogyakarta. (iv) Regulasi diri dalam belajar berkorelasi positif dan signifikan dengan prestasi belajar matematika (HUMAS UGM).

Berita Terkait

  • Pengukuhan Prof Asmadi Alsa: Akselerasi Tidak Berdampak Negatif Bagi Perkembangan Psikososial

    Wednesday,06 June 2007 - 15:32
  • Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

    Wednesday,26 November 2014 - 14:48
  • Kamila Putri, Usia 15 tahun Menjadi Mahasiswa UGM

    Monday,07 August 2017 - 12:27
  • Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

    Tuesday,30 July 2019 - 7:52
  • WORKSHOP SERIES AMERICAN CORNER UGM

    Thursday,23 February 2006 - 17:35

Rilis Berita

  • UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim Lewat Kegiatan Tridarma 27 June 2022
    UGM menyatakan komitmennya dalam upaya mendukung mitigasi perubahan iklim akibat pemanasan global
    Ika
  • Peneliti UGM Beri Masukan Terkait Pengelolaan Cukai Tembakau ke BAKN DPR 27 June 2022
    Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (B
    Gloria
  • Epidemiolog UGM: Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Klaster Libur Lebaran dan Varian Omicron Baru 27 June 2022
    Belakangan ini jumlah kasus harian Covid-19 lebih dari 2,000 kasus. Total jumlah kasus aktif hing
    Gusti
  • Dosen UGM Hadiri Pertemuan Pakta Pelarangan Senjata Nuklir di Wina Austria 27 June 2022
    Dosen Departemen Hubungan Internasional, Fisipol UGM, Drs. Muhadi Sugiono, M.A., menghadiri 
    Gusti
  • Guru Besar UGM Jawab Dilema Digitalisasi di Indonesia 27 June 2022
    Menurut Anda, apakah kehidupan masyarakat Indonesia sudah terdigitalisasi? Lalu, apakah menurut A
    Satria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual