• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

  • 03 May 2019, 14:29 WIB
  • Oleh: Ika
  • 3017
Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

Menciptakan dan mempertahankan rasa kebersamaan diantara pencinta merek merupakan salah satu sarana untuk membina hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan komitmen merk. Salah satu wadah yang dapat digunakan untuk itu adalah komunitas merek.  

Sejumlah peneliti telah melakukan riset terkait hubungan konsumen dengan komunitas merek. Namun, sebagian besar masih banyak berkutat pada hubungan antara individu dan individu serta individu dan kelompok. Oleh sebab itu, Arthur Sitaniapessy, mahasiswa program doktoral FEB UGM, melakukan penelitian dengan memadukan teori identitas sosial dengan konsep keterhubungan konsumen-merek.

Melakukan penelitian pada 29 komunitas motor yang berada di Pulau Jawa, yaitu Yogyakarta, Purwokerto, Purbalingga, Semarang Jakarta, Bandung dan Cimahi, Arthur memperoleh hasil bahwa keterlekatan merek menjadi prediktor kuat rasa kebersamaan di dalam komunitas merek.

“Identifikasi komunitas merek dan kecintaan merek juga turut menjadi prediktor kuat rasa kebersamaan di dalam komunitas merek,” jelas dosen Prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ambon ini saat ujian terbuka program doktor di FEB UGM, Jumat (3/5).

Mempertahankan disertasi berjudul Model Identitas Sosial dan Keterhubungan Konsumen-Merek Pada Komunitas Merek, dia menyampaikan bahwa rasa kebersamaan komunitas merek menjadi prediktor kuat komitmen komunitas merek. Selain itu, juga lebih berpengaruh dibandingkan identifikasi komunitas merek.

Temuan lain menunjukkan keterlekatan merek, kecintaan merek, rasa kebersamaan komunitas merek, dan komitmen komunitas merek merupakan prediktor kuat komitmen merek. “Keterlekatan merek mempunyai pengaruh lebih besar pada komitmen merek dibandingkan rasa kebersamaan komunitas merek, kecintaan merek, serta komitmen komunitas merek,” pungkasnya. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

    Friday,10 August 2018 - 11:26
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

    Wednesday,05 January 2022 - 13:11
  • Raih Doktor Usai Teliti Ritual Konsumen Komunitas Fotografi

    Wednesday,13 December 2017 - 15:38
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Teliti Sistem Saraf Otonom, Dosen FK Raih Doktor

    Monday,02 December 2013 - 14:55

Rilis Berita

  • Evaluasi dan Temu Mitra Supplyer Gerai UMKM 27 January 2023
    Sebagai media memfasilitasi pemasaran produk UMKM binaan sivitas akademika UGM, Gerai UMKM yang b
    Agung
  • Dirjen Diktiristek Puji Fasilitas Field Research Center UGM 27 January 2023
    Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam,
    Gloria
  • Raih Doktor Usai Teliti Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong 27 January 2023
    Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Sumberdaya Geologi, BRIN, Ir. Chusni Ansori, M.T., dinyatakan lu
    Agung
  • Rektor UGM Paparkan Konsep HPU di Kampus UNRAM 27 January 2023
    Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), memaparkan konse
    Satria
  • UGM Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kampus Menuju WBK dan WBBM 27 January 2023
    UGM melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan zona integritas di lingkungan kampus, Jumat (27/1)
    Ika

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual