• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

  • 03 May 2019, 14:29 WIB
  • Oleh: Ika
  • 2684
  • PDF Version
Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

Menciptakan dan mempertahankan rasa kebersamaan diantara pencinta merek merupakan salah satu sarana untuk membina hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan komitmen merk. Salah satu wadah yang dapat digunakan untuk itu adalah komunitas merek.  

Sejumlah peneliti telah melakukan riset terkait hubungan konsumen dengan komunitas merek. Namun, sebagian besar masih banyak berkutat pada hubungan antara individu dan individu serta individu dan kelompok. Oleh sebab itu, Arthur Sitaniapessy, mahasiswa program doktoral FEB UGM, melakukan penelitian dengan memadukan teori identitas sosial dengan konsep keterhubungan konsumen-merek.

Melakukan penelitian pada 29 komunitas motor yang berada di Pulau Jawa, yaitu Yogyakarta, Purwokerto, Purbalingga, Semarang Jakarta, Bandung dan Cimahi, Arthur memperoleh hasil bahwa keterlekatan merek menjadi prediktor kuat rasa kebersamaan di dalam komunitas merek.

“Identifikasi komunitas merek dan kecintaan merek juga turut menjadi prediktor kuat rasa kebersamaan di dalam komunitas merek,” jelas dosen Prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ambon ini saat ujian terbuka program doktor di FEB UGM, Jumat (3/5).

Mempertahankan disertasi berjudul Model Identitas Sosial dan Keterhubungan Konsumen-Merek Pada Komunitas Merek, dia menyampaikan bahwa rasa kebersamaan komunitas merek menjadi prediktor kuat komitmen komunitas merek. Selain itu, juga lebih berpengaruh dibandingkan identifikasi komunitas merek.

Temuan lain menunjukkan keterlekatan merek, kecintaan merek, rasa kebersamaan komunitas merek, dan komitmen komunitas merek merupakan prediktor kuat komitmen merek. “Keterlekatan merek mempunyai pengaruh lebih besar pada komitmen merek dibandingkan rasa kebersamaan komunitas merek, kecintaan merek, serta komitmen komunitas merek,” pungkasnya. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

    Friday,10 August 2018 - 11:26
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

    Wednesday,05 January 2022 - 13:11
  • Raih Doktor Usai Teliti Ritual Konsumen Komunitas Fotografi

    Wednesday,13 December 2017 - 15:38
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Teliti Sistem Saraf Otonom, Dosen FK Raih Doktor

    Monday,02 December 2013 - 14:55

Rilis Berita

  • UGM Segera Bangun Kawasan Kerohanian 21 May 2022
    UGM akan memulai pembangunan Kawasan Kerohanian dengan sejumlah bangunan untuk mewadahi kegiatan
    Satria
  • Rektor UGM Pastikan Pelaksanaan UTBK 2022 di UGM Berjalan Lancar 21 May 2022
    Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., melakukan peninjauan pelak
    Ika
  • Rektor Resmikan Wisma MIC UGM 21 May 2022
    Ika
  • Pembukaan Rangkaian Dies Natalis Fakultas Filsafat UGM ke-55 21 May 2022
    Rangkaian acara Dies Natalis ke-55 Fakultas Filsafat UGM resmi dibuka, Jumat (20/5). Acara pembuk
    Satria
  • Harapan Warga UGM Pada Rektor Baru 20 May 2022
    Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D., terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2
    Ika

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual