• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • PUSTRAL UGM Bersama Toyota Ajak Pemprov DIY Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

PUSTRAL UGM Bersama Toyota Ajak Pemprov DIY Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

  • 21 Juni 2019, 11:16 WIB
  • Oleh: Satria
  • 1932
PUSTRAL UGM Bersama Toyota Ajak Pemprov DIY Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas terus menduduki peringkat atas sebagai salah satu faktor penyebab kematian di Asia. Posisinya terus naik jika dibandingkan penyebab lainnya, dari peringkat ke-5 pada tahun 1990, lalu peringkat ke-3 pada 2010, dan terakhir menjadi peringkat ke-2 setelah stroke pada tahun 2014 (Health Sector Review, 2014). Di Indonesia, 3 orang meninggal dunia setiap jamnya karena kecelakaan. Hal itu 5-7 kali lebih tinggi dibanding kematian karena komplikasi melahirkan, dan 50-150 kali lipat dibandingkan kematian karena bencana.

Perkembangan teknologi memberikan harapan untuk mencegah atau paling tidak menurunkan kemungkinan terjadinya faktor tersebut. Pada kendaraan high end sekarang, telah dilengkapi dengan sensor, jaringan telekomunikasi, dan Internet of Things. Hal itu memungkinkan kendaraan itu untuk memungkinkan kendaraan berkomunikasi satu sama lain, berinteraksi dengan infrastruktur, dan menerima informasi dari pengguna jalan lain yang mempunyai teknologi yang kompatibel.

Teknologi tersebut yakni V2I (memungkinkan kendaraan untuk berkomunkasi dengan infrastruktur), V2P (pengguna jalan), dan V2X (segalanya). Meski sudah tersedia di pasar, kondisi masyarakat dan ekosistemnya saat ini yang belum mendukung, menjadikan kontribusi teknologi tadi terhadap keselamatan jalan tidak berguna.

Teknologi V2X sendiri dipredikisi akan digunakan secara luas pada tahun 2025, tapi negara dengan tingkat adopsi rendah seperti Indonesia harus menunggu hingga tahun 2035 untuk mendapat manfaatnya. Padahal, dengan tingkat kecelakaa tinggi, Indonesia peru segera mengadopsi teknologi tersebut. Faktor penting untuk percepatan adopsi teknologi ini adalah kesadaran akan manfaat dan risiko penundaan adopsinya.

Atas permasalahan tersebut, Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM bekerja sama dengan Toyota melakukan penelitian tentang keselamatan lalu lintas dan potensi penerapan teknologi V2X dengan studi kasus di Kota Yogyakarta. Dengan mengundang perwakilan dari tiap Polsek dan Dinas Pehubungan di DIY, PUSTRAL menggelar seminar hasil penelitian tersebut pada Selasa (18/6) pagi di Ruang Seminar PUSTRAL UGM.

Chang-Yi Luo, Ph.D., selaku penyaji, menyimpulkan bahwa karakteristik jalanan dan bagaimana kecelakaan terjadi di Asia, termasuk Kota Yogyakarta, berbeda dengan Eropa, Amerika, dan Jepang. Ia menjelaskan bahwa The future “Connected Car”, atau kendaraan dengan teknologi V2X tadi masih perlu menyesuaikan kondisi jalanan lokal yang berbeda tadi. Namun, ia percaya bahwa teknologi tersebut bisa menyelesaikan masalah lalu lintas di Yogyakarta.

“Oleh karenanya, saya berharap membuka kemungkinan untuk kerja sama dengan dengan DIY untuk masalah ini. Yogyakarta ini akan menjadi awalnya, targetnya adalah untuk diterapkan serempak secara nasional,” ujar peneliti dari Toyota ini.

Kemudian, Chang-Yi memaparkan bahwa Toyota bersama UGM akan menginisiasi proyek keamanan jalan bagi pejalan kaki, utamanya di area sekolah. Proyek ini akan dilaksanakan melalui pendekatan edukasi, penegakan hukum, dan teknis. Pada akhir proyek nantinya akan diberikan rekomendasi dan saran terkait apa yang harus diubah atau diperbaiki. “Kami meminta dukungan dari kalian semua,” tuturnya. (Humas UGM/Hakam)

Berita Terkait

  • 57% Korban Kecelakaan Lalu Lintas di DIY Didominasi Usia Muda

    Monday,28 February 2011 - 16:08
  • UGM-Gachon University Kerja Sama Pengurangan Angka Kecelakaan Lalu Lintas pada Anak

    Tuesday,24 October 2017 - 16:26
  • Pustral UGM Kaji Kerugian Akibat Kecelakaan Lalin

    Friday,28 January 2022 - 22:28
  • Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Evaluasi Perilaku Pengemudi

    Saturday,22 June 2019 - 20:59
  • Peran Orang Tua Penting untuk Menekan Kecelakaan Lalu Lintas Anak

    Friday,22 December 2017 - 13:40

Rilis Berita

  • Masyarakat Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM 28 January 2023
    Masyarakat memberikan apresiasi pelaksanaan KKN Kolaborasi yang dirintis oleh Universitas Gadjah
    Satria
  • Evaluasi dan Temu Mitra Supplyer Gerai UMKM 27 January 2023
    Sebagai media memfasilitasi pemasaran produk UMKM binaan sivitas akademika UGM, Gerai UMKM yang b
    Agung
  • Dirjen Diktiristek Puji Fasilitas Field Research Center UGM 27 January 2023
    Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam,
    Gloria
  • Raih Doktor Usai Teliti Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong 27 January 2023
    Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Sumberdaya Geologi, BRIN, Ir. Chusni Ansori, M.T., dinyatakan lu
    Agung
  • Rektor UGM Paparkan Konsep HPU di Kampus UNRAM 27 January 2023
    Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), memaparkan konse
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual