• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • UGM Miliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi

UGM Miliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi

  • 25 Juli 2019, 14:48 WIB
  • Oleh: Gloria
  • 5545
UGM Kini Memiliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi
UGM Kini Memiliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi
UGM Miliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi
UGM Miliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi
UGM Kini Memiliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi
UGM Miliki Layanan Kedaruratan Berbasis Aplikasi

Pusat Keamanan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Startup besutan mahasiswa meluncurkan aplikasi Bantu dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan sivitas akademika serta masyarakat yang berada di lingkungan UGM.

Bantu merupakan aplikasi layanan kedaruratan yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna yang sedang mengalami keadaan darurat dengan petugas PK4L terdekat secara realtime berbasis GPS.

“Pengguna tinggal melakukan order sesuai dengan keadaan darurat yang dialami, secara otomatis sistemnya akan menghubungkan dengan petugas atau hero yang terdekat,” tutur Ghilman Nafadza Hakim.

Aplikasi Bantu memiliki 4 layanan utama, yakni layanan keamanan, medis, pemadam kebakaran, dan otomotif. Dalam penggunaannya, layanan keamanan dan pemadam kebakaran akan dilayani langsung oleh petugas PK4L, sedangkan untuk layanan medis dan layanan otomotif, penanganan awal dilakukan oleh petugas PK4L yang kemudian akan merujuk pada rumah sakit atau bengkel terdekat apabila dibutuhkan.

Untuk menggunakan Bantu, sivitas akademika atau masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi dari playstore ataupun appstore, melakukan login menggunakan akun Gmail atau Facebook serta memasukan nomor telepon genggam yang akan dikirimi kode OTP.

Saat mengalami kondisi kedaruratan, pengguna bisa langsung memilih layanan yang dibutuhkan, mengisi deskripsi kejadian dan melampirkan foto kejadian, kemudian mengirim laporan tersebut dan menunggu hingga sistem menemukan hero terdekat dari lokasi kejadian.

“Apabila laporan telah diterima hero maka pengguna dapat mengirim pesan ke hero atau meneleponnya serta pengguna dapat mengetahui posisi realtime hero,” terang Alumni Fakultas Filsafat ini.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, IPU., mengapresiasi aplikasi yang dikembangkan oleh para mahasiswa UGM ini. Aplikasi ini, ujarnya, menjadi salah satu sarana yang mendukung upaya UGM untuk meningkatkan rasa aman serta produktivitas kerja di lingkungan UGM.

“Saya sangat bangga dengan kreativitas anak-anak kita. Dengan sistem ini, pelaporan terkait hal-hal yang buruk di lingkungan UGM bisa dilaksanakan dengan cepat dan responsnya bisa dilaksanakan dengan tepat,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala PK4L UGM, Arif Nurcahyo. Baginya, keberadaan aplikasi Bantu mampu melengkapi dan mempercepat kerja para petugas keamanan yang sudah dijalankan dengan baik selama ini. Ia menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan para mahasiswa untuk memberikan edukasi kepada petugas PK4L agar dapat memanfaatkan aplikasi ini dan mengoptimalkan layanan kedaruratan bagi sivitas akademika dan masyarakat di sekitar wilayah UGM.

“UGM sebagai ruang publik juga menampung banyak masyarakat yang sehari-hari beraktivitas di sini. Dengan adanya teknologi, kami tentu jadi lebih bersemangat,” ujarnya.

Bantu merupakan startup jebolan dari inkubasi Creative Hub FISIPOL UGM. Aplikasi yang mulai dikembangkan secara serius pada Februari silam dikerjakan secara bersama oleh Ghilman, Syahrul Mubarog, Stanley Heryanto, Aunisha Firdausy Rafi, Winston Wiradi Pangestu, Yusuf Yudhistira, Anfre, Endy Arfian, serta Umma Amalia.

Saat ini, layanan kedaruratan melalui aplikasi ini hanya menjangkau wilayah sekitar kampus UGM. Selain 4 layanan utama tersebut, aplikasi Bantu juga memiliki fitur pendukung, yakni nomor kedaruratan untuk wilayah DIY, berita sekitar UGM, dan Lost and Found. (Humas UGM/Gloria; Foto: Firsto)

Berita Terkait

  • UGM Meluncurkan Aplikasi Pesan Taksi

    Friday,30 December 2016 - 23:03
  • Gamatechno Dukung Pemkot Magelang Kembangkan Program Smart City

    Monday,02 December 2019 - 12:55
  • “Wonder” Aplikasi untuk Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak

    Saturday,14 December 2019 - 16:45
  • Mahasiswa UGM Mengembangkan Aplikasi Edukasi Interaktif Tutorpedia

    Tuesday,30 May 2017 - 14:05
  • Aplikasi 'TemuJasa' Mudahkan Pencari Jasa Kebutuhan Rumah Tangga

    Tuesday,22 December 2015 - 14:23

Rilis Berita

  • UGM Kembangkan Kerja Sama Tridarma di Amerika Serikat 29 May 2023
    UGM mengembangkan kerja sama bidang pendidikan, peneliti
    Ika
  • Museum UGM Luncurkan QR Code MAG+ 29 May 2023
    Museum UGM bekerja sama Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman melaunching QR Code
    Agung
  • UGM Kenalkan Pengelolaan Lingkungan Sistem Agrosilvopastura ke Masyarakat Dieng 29 May 2023
    UGM melalui melalui Center of Excellence Sustainable Environment Fakultas Teknik melaksa
    Ika
  • 13 Tim Softball Mahasiswa Perebutkan Piala UGM CUP 2023 29 May 2023
    Sebanyak 13 tim softball dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia berkompetisi memperebutkan p
    Ika
  • Peringati Hari Jamu Nasional, Fakultas Farmasi UGM Selenggarakan Sharing Session dan Kampanye Minum Jamu 29 May 2023
    Fakultas Farmasi UGM memeriahkan Hari Jamu Nasional dengan sejumlah kegiatan yang
    Gloria

Agenda

  • 30May Pengukuhan Guru Besar Prof. drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes., Sp.KG(K)., Ph.D...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual