• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

  • 30 Juli 2019, 07:52 WIB
  • Oleh: Agung
  • 2838
Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

Mata pelajaran matematika hingga kini dinilai masih sebagai pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, perlu dicarikan strategi belajar yang tepat agar banyak siswa lebih mudah memahami mata pelajaran ini.

Berliana Henu Cahyani, S.Psi., M.Psi, dosen Fakultas Psikologi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, berpendapat salah satu strategi yang yang dapat diterapkan siswa dalam belajar matematika adalah melalui belajar berdasar regulasi. Dengan strategi ini, menurutnya, siswa akan mengarahkan diri untuk mencapai tujuan belajar dengan berpartisipasi aktif secara kognitif dan motivasi perilaku.

“Demikian penelitian yang saya lakukan, bagaimana mengkaji faktor internal yang berperan terhadap belajar berdasar regulasi diri matematika," tutur Berliana, di Fakultas Psikologi UGM, Senin (29/7).

Melaksanakan ujian terbuka Program Doktor Fakultas Psikologi UGM dengan disertasi Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Matematika Pada Siswa SMA, Berliana mengungkapkan bila tujuan penelitian yang ia lakukan adalah menguji teoretis soal peran persepsi pengelolaan kelas, orientasi tujuan penguasaan, kemampuan memecahkan problem terhadap belajar berdasar regulasi diri matematika melalui rasa memiliki sekolah.

“Penelitian dilakukan terhadap 165 siswa kelas XI IPA dari delapan sekolah negeri di Kabupaten Sleman yang berlokasi di desa, sub urban, aglomerasi dan bufferzone. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan multi stage cluster random sampling," katanya.

Sementara instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala belajar berdasar regulasi diri, skala rasa memiliki sekolah, skala pengelolaan kelas, skala orientasi tujuan penguasaan dan skala kemampuan memecahkan problem. Dari analisis data menggunakan Structural Equational Modeling (SEM) maka hasil penelitian menunjukkan bila  model teoretis yang diajukan dalam penelitian diterima dan didukung data empiris.

“Persepsi pengelolaan kelas dan kemampuan memecahkan problem berperan langsung terhadap orientasi tujuan penguasaan, sedangkan kemampuan memecahkan problem dan orientasi tujuan penguasaan berperan langsung terhadap belajar berdasar regulasi diri matematika," ucap Berliana.

Ia menyimpulkan bila orientasi tujuan penguasaan berperan sebagai mediator antara persepsi pengelolaan kelas dan kemampuan memecahkan problem terhadap belajar berdasarkan regulasi diri matematika, sedangkan persepsi pengelolaan kelas dan kemampuan memecahkan problem berperan langsung terhadap rasa memiliki sekolah.

“Dari penelitian ini disimpulkan juga bila rasa memiliki sekolah tidak berperan sebagai mediator antara persepsi pengelolaan kelas, orientasi tujuan penguasaan, kemampuan memecahkan problem terhadap belajar berdasar regulasi diri matematika," ucapnya.

Dari penelitian ini pula, Berliana menyarankan pihak sekolah dapat memberi dukungan dalam proses belajar mengajar matematika agar belajar berdasar regulasi diri dapat berkembang lebih optimal, misalnya melalui peningkatan fasilitas belajar mengajar, meningkatkan kualitas guru dalam mengelola kelas dengan mengikutsertakan para guru dalam kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dan membantu mengatasi pemecahan problem siswa. Untuk peningkatan fasiltas pendukung proses belajar mengajar, misalnya dengan meningkatkan fasilitas teknologi dan informasi, pemanfaatan website untuk media informasi dan belajar siswa. (Humas UGM/ Agung)

Berita Terkait

  • TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

    Friday,20 January 2006 - 17:01
  • Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor

    Tuesday,15 April 2014 - 11:09
  • Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

    Wednesday,26 November 2014 - 14:48
  • Mind Mapping dan Efikasi Diri Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika

    Tuesday,09 September 2014 - 14:04
  • Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

    Thursday,14 July 2016 - 15:36

Rilis Berita

  • Pakar UGM: Kemiskinan Seringkali Jadi Ajang Komoditas 31 January 2023
    Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa berdasarkan hasil
    Gusti
  • Pengamat UGM: Jangan Melihat Masyarakat Desa seperti 30-50 Tahun yang Lalu 31 January 2023
    Menuju pemilihan umum 2024, berbagai kampanye politik gencar dilakukan sejak tahun lalu
    Satria
  • FKKMK dan ANU Indonesia Project Meluncurkan Buku In Sickness and in Health: Diagnosing Indonesia 31 January 2023
    Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) da
    Agung
  • UGM Ajak Perguruan Tinggi Daerah Berkolaborasi Dukung Pembangunan Smart City di IKN 31 January 2023
    Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas G
    Gloria
  • Fenomena Perpajakan di Indonesia: Sentimen terhadap Pajak Positif tapi Kepatuhan Membayar Pajak Rendah 30 January 2023
    Mahasiswa Program Doktor Ilmu Psikologi UGM, Ika Rahma Susilawati, menulis disertasi berjudul &ld
    Gloria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual