• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Perilaku Religius Berpengaruh Dalam Memilih Produk Bank Syariah

Perilaku Religius Berpengaruh Dalam Memilih Produk Bank Syariah

  • 17 Oktober 2019, 13:57 WIB
  • Oleh: Agung
  • 2729
Perilaku Religius Berpengaruh Dalam Memilih Produk Bank Syariah

Sikap pada perilaku memilih produk perbankan syariah memediasi penuh hubungan antara keyakinan religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah. Sikap pada perilaku memilih produk perbankan syariah ini juga memediasi penuh hubungan antara komitmen religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah. Sedangkan pada hubungan antara perilaku religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah, sikap pada perilaku memilih produk perbankan syariah memediasi secara parsial.

Demikian hasil penelitian uji pengaruh mediasi disertasi Yunita Anggarini, dosen STIM AMP YKPN Yogyakarta, berjudul Pengaruh Religiositas Pada Elemen-Elemen Teori Perilaku Terencana dan Perilaku Memilih Produk Perbankan Syariah. Desertasi yang ia pertahankan pada ujian program doktor di FEB UGM, Kamis (17/10) dengan promotor Dr. B. M. Purwanto, M.B.A dan Dr. Bayu Sutikno, Cand. Mere.

Yunita menyatakan kontrol keperilakuan memediasi secara parsial pada hubungan antara keyakinan religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah dan pada hubungan antara perilaku religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah. Sedangkan pada hubungan secara komitmen religius dan perilaku memilih produk perbankan syariah, kontrol keperilakuan bukan pemediasi.

“Sementara untuk norma subjektif tidak memediasi hubungan antara dimensi-dimensi religiositas, yaitu keyakinan religius, komitmen religius, perilaku religius pada perilaku memilih produk perbankan syariah," katanya.

Yunita berkesimpulan dimensi-dimensi religiositas, yakni keyakinan religius, komitmen religius dan perilaku religius memiliki pengaruh yang signifikan pada pembentukan tiga variabel teori perilaku terencana, yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan kontrol keperilakuan yang dirasakan. Dari ketiga dimensi religiositas tersebut hanya satu dimensi yang memiliki pengaruh signifikan pada perilaku memilih produk perbankan syariah yakni perilaku religius.

“Dimensi keyakinan religius dan komitmen religius tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada perilaku memilih produk perbankan syariah. Aspek keyakinan dan komitmen yang religius saja belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku konsumen untuk  memilih produk perbankan syariah," ucapnya.

Menurut Yunita, religiositas seseorang lebih memberikan pengaruh ketika pengukuran religiositas diwujudkan dalam perilaku yang religius. Karenanya penelitian religiositas disertasi ini bukan pada level variabel melainkan level dimensi.

“Karenanya instrumen penelitian ini meliputi tiga konstruk yang merupakan dimensi-dimensi religiositas, yaitu keyakinan religius, komitmen religius dan perilaku religius," imbuhnya. (Humas UGM/ Agung).

Berita Terkait

  • Kondisi Perbankan Syariah Indonesia Masih Memprihatinkan

    Saturday,17 September 2011 - 9:06
  • Bank Syariah Menghadapi Masalah Asimetri Informasi

    Tuesday,31 January 2017 - 11:08
  • Arah Perkembangan Perbankan Syariah

    Saturday,19 June 2021 - 14:45
  • UGM dan PT Bank BNI Syariah Jalin Kerja Sama

    Friday,16 June 2017 - 10:49
  • FEB UGM Kerja Sama Dengan BNI dan Perbankan Syariah

    Friday,09 May 2014 - 11:51

Rilis Berita

  • Universitas Kristen Petra dan Universitas Gadjah Mada Jalin Kerja Sama 31 March 2023
    Universitas Kristen Petra dan Universitas Gadjah Mada mempererat kerja sama. Keduanya sepakat bek
    Agung
  • Mahasiswa FEB UGM Juarai Kompetisi Bisnis Asia Pasifik 2023 31 March 2023
    Tim Gama Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM berhasil menyabet gelar juara pertama dalam
    Ika
  • FTP UGM Luncurkan 3 Buku Ragam Kudapan Nusantara 31 March 2023
    Ragam kuliner Indonesia yang terdiri atas minuman, makanan utama, lauk-pauk, penyerta dan pelengk
    Agung
  • UGM dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerja Sama Peningkatan Kompetensi SDM 31 March 2023
    Universitas Gadjah Mada dan BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sa
    Gusti
  • Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jalur Prestasi Dibuka Hingga 12 April 31 March 2023
    Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UGM jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) at
    Gloria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual