• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Transaksi Penjualan Online Naik 400 Persen di Masa Pandemi Covid-19

Transaksi Penjualan Online Naik 400 Persen di Masa Pandemi Covid-19

  • 22 May 2020, 06:20 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 8729
Transaksi Penjualan Online Naik 400 Persen di Masa Pandemi Covid-19

Kontribusi pos dan logistik di tengah Pandemi Covid-19 memiliki peran yang cukup penting dalam mendistribusikan alat kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, PT Pos Indonesia juga berperan penting dalam menyalurkan dana bantuan sosial hingga sampai ke masyarakat miskin yang terkena dampak pandemi virus corona ini. Hal itu mengemuka dalam webinar Kontribusi Pos dan Logistik untuk Mengatasi Pandemi Covid  (The New Normal). Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM pada Rabu (20/5) lalu. 

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutannya mengatakan di saat pandemi ini pengiriman alat kesehatan seperti Pakaian ADP, masker dan peralatan kesehatan sangat penting dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Di sisi lain, perubahan perilaku masyarakat dari belanja offline menjadi online merupakan peluang sektor ini untuk berkembang, meskipun perubahan perilaku dapat terjadi ketika pandemi berakhir. Namun, hal itu menjadi peluang dan tantangan sektor pos dan logistik di era new normal.

Gilarsi W. Setijono, Direktur Utama PT. Pos Indonesia, menyampaikan PT. Pos Indonesia di masa pandemi ini terus melayani masyarakat meski terkendala dari sisi pengiriman barang akibat pembatasan transportasi dengan adanya penerapan PSBB di beberapa daerah. “Meski ada kendala tapi kita selalu memperhatikan kesehatan seluruh pegawai harus sehat dulu dalam memberikan pelayanan, karenanya protokol kesehatan Covid-19 selalu diperhatikan,” katanya.

Selain mendukung pelayanan pengiriman alat  kesehatan untuk tenaga medis,  PT. Pos Indonesia dipercaya pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial baik tunai dan non tunai. Tantangan terbesar dalam pendistribusian bansos tersebut terkait data alamat penerima bantuan. Sebab, data keluarga miskin semakin bertambah. “Kita memiliki 58 juta data alamat, kita olah dengan teknologi AI sehingga kita memiliki data 8,3 juta data alamat sebagai target tujuan pengiriman,” ujarnya.

Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Prof. Agus Taufik Mulyono, mengatakan dampak positif pandemik Covid-19 berupa literasi IT dan kemudahan akses prosedur digital dapat dimanfaatkan sektor pos dan logistik untuk mempercepat distribusi logistik kemanusiaan. Menurutnya, pemerintah harus segera mendefinisikan perangkat legal terkait aturan main donor logistik kemanusiaan untuk bencana non alam. “PT. Pos Indonesia dan Asperindo dapat berperan sebagai donor untuk mengelola distribusi bahan bantuan logistik kemanusian pada masa dan pasca pandemik Covid-19,”ujarnya.

Ahmad M Ramli, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, menyampaikan di masa pandemi Covid-19 ini jumlah transaksi online shop meningkat 400 persen dan diprediksi akan terus berlanjut pada new normal, platform marketplace akan mendapat persaingan dari retailer besar hingga minimarket yang juga membuka layanan online hingga delivery. “Jasa pos dan logistik akan berkompetisi pada kualitas layanan ini,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo), Mohammad Feriadi, mengakui adanya peningkatan permintaan pengiriman barang karena beralihnya pemesanan barang lewat platform online. Namun begitu, seluruh jaringan Asperindo mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam pelayanan pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen. “Terdapat peningkatan permintaan yang signifikan dari masyarakat karena berpindah ke platform online,” paparnya.

Penulis : Gusti Grehenson

Foto      : www.shutterstock.com

Berita Terkait

  • Teknologi Pengolahan Pangan dan Penjualan Online Perlu Didorong di Tengah Masa Pandemi

    Wednesday,17 June 2020 - 7:16
  • Jurus Perbankan Bertahan di Tengah Pandemi

    Tuesday,21 July 2020 - 17:31
  • Pemerintah Diharapkan Beri Stimulus pada Koperasi dan UMKM

    Wednesday,19 August 2020 - 7:37
  • Pakar UGM Prediksi Situasi Ekonomi Bila Pandemi Masih Berkepanjangan

    Wednesday,23 December 2020 - 8:03
  • Mempertahankan Semangat Belajar Selama Pandemi Covid-19

    Saturday,30 May 2020 - 11:30

Rilis Berita

  • UGM Terlibat Aktif Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah 03 February 2023
    Stunting masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Data Asian Development Bank mencatat ang
    Ika
  • Pimpinan UGM Tandatangani Komitmen Bersama Implementasi Manajemen Risiko 03 February 2023
    Penandatanganan Komitmen Bersama dilakukan oleh Majelis Wali Amanat, Rektor, Sena
    Gloria
  • Forgamas Dekatkan UGM Kepada Siswa Kelas XII di Banyumas 03 February 2023
    Forum Mahasiswa Gadjah Mada Banyumas (Formagamas) merupakan perkumpulan mahasiswa UGM se-Kabupate
    Agung
  • Fakultas Geografi UGM Dampingi Penyusunan Rencana Strategis Kabupaten Sukamara Kalteng 02 February 2023
    Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menye
    Humas UGM
  • Pakar UGM: Lansia dan Warga Miskin DIY Perlu Mendapat Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial 02 February 2023
    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berencana memberikan ban
    Gusti

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual