• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

  • 10 April 2007, 10:39 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 5214
  • PDF Version

Studi yang dilakukan Iin Mayasari SIP SPd MM Msi menunjukkan pengujian perilaku pencarian variasi dengan fokus aspek internal individu telah memberikan perluasan pemahaman perilaku konsumen ditinjau dari perspektif psikologi, epistemik, experiental, dan interpersonal. Bahwa perilaku pencarian variasi merupakan fungsi tingkat stimulasi optimum, keinginan untuk mendapat pengalaman menarik dan keinginan membedakan diri.

Kata Iin, antara konsep tingkat stimulasi optimum, keinginan mendapatkan pengalaman menarik, dan keinginan membedakan diri merupakan konsep yang memiliki saling keterkaitan satu sama lain. “Ketiga konsep ini menunjukkan kecenderungan konsumen terbuka untuk mencari informasi dan mencoba hal yang baru. Konsumen dengan kecenderungan terbuka mudah melakukan pencarian variasi,” ujar dosen Program Manajemen Universitas Paramadina belum lama ini, di Sekolah Pascasarjana UGM.

Iin Mayasari menyampaikan hal itu, saat promosi terbuka program doktor UGM dengan mempertahankan desertasi “Pengaruh Aspek Internal Konsumen Pada Perilaku Pencarian Variasi Merek dan Imbasnya Pada Loyalitas Kesikapan”. Bertindak selaku promotor Prof Dr Basu Swastha Darmestha dan ko-promotor Dr T Hani Handoko MBA serta Dr BM Purwanto MBA.

Dijelaskannya, kemudahan terbuka terhadap stimuli pemasaran telah menjadikan konsumen tidak memiliki preferensi terhadap satu merek saja. Meski, konsumen tidak memiliki preferensi pada satu merek tertentu, maka untuk melakukan pencarian variasi, konsumen tetap menggunakan aspek kognitif yang ada dalam memorinya untuk menentukan pilihan suatu produk yang benar-benar dipercaya, mudah diakses, dan dipahami dengan baik.

“Merek-merek yang dipersepsi konsumen memiliki tingkat kredibilitas, aksesbilitas, dan keakraban dengan baik yang dipertimbangkan untuk pencarian variasi karena bertujuan untuk mempertahankan citra diri yang menarik,” jelas Iin.

Implikasi sosial dari penelitian Iin Mayasari menunjukkan, bahwa perilaku pencarian variasi bisa menjadi suatu perilaku yang konsumtif dan adiktif. Hal ini bisa terjadi ketika konsumen tidak memiliki suatu mekanisme control diri untuk menahan membeli produk yang seharusnya tidak perlu.

Oleh karena itu, menyadari adanya konsekuensi negatif perilaku pencarian variasi, sudah saatnya individu yang memiliki kecenderungan untuk mencoba hal-hal baru dengan frekuensi tinggi, menjadikan konsumen hati-hati dalam menentukan pilihan pembelian. Secara langsung atau tidak langsung, sebagian besar waktu konsumen didominasi oleh aktivitas yang berhubungan dengan penentuan keputusan, misalnya pembelian produk, alasan membeli, dan cara membeli.

“Meski begitu, konsumen harus mampu memiliki kontrol diri untuk tidak membiarkan diri terlibat dalam pemenuhan keinginan-keinginan yang dirasa tidak penting. Konsumen bisa menggunakan skala prioritas dengan membuat urutan pembelian suatu produk yang dianggap paling penting sesuai dengan kebutuhan yang harus dipenuhi,” tandas istri Hendrawan Krisna Adi, ibu dari Andhila Sasadara Krisnanda, yang dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. (Humas UGM)

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Teliti Komunitas Merek

    Friday,03 May 2019 - 14:29
  • Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

    Friday,10 August 2018 - 11:26
  • PASAR EFISIEN DAN PEMILIHAN AKUNTANSI

    Saturday,15 January 2005 - 14:31
  • Teliti Pencarian Informasi Pra-Pembelian di Internet, Kuntari Raih Doktor

    Saturday,30 June 2012 - 14:30
  • Konsinyering Buku KPIs UMKM

    Tuesday,16 April 2019 - 15:42

Rilis Berita

  • Menristek Sebut GeNose Kurangi Ketergantungan Impor Alat PCR Covid-19 15 January 2021
    Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjon
    Ika
  • Fapet UGM dan BNI Serahkan Dana Prawiramas kepada Mahasiswa 15 January 2021
    Fakultas Peternakan (Fapet) UGM dan Bank BNI bekerja sama dalam kegiatan kewirausahaan yang berju
    Satria
  • Pakar UGM Jelaskan Alasan Orang Yang Pernah Terinfeksi Covid-19 Tidak Divaksin 15 January 2021
    Ahli Imunologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD, KAI(
    Ika
  • Mengelola Stres di Era Pandemi Covid-19 15 January 2021
    Permasalahan manusia semakin lama semakin banyak dan kompleks. Terlebih di era global yang serba
    Agung
  • Orang Yang Sudah Divaksin Miliki Risiko Rendah Terkena Covid-19 14 January 2021
    Pemerintah Indonesia telah memulai program vaksinasi untuk menekan penyebaran penularan Covid-19
    Gusti

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

Tidak ada agenda terbaru saat ini

Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
Kontak sementara selama COVID-19
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599 (WhatsApp)

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2021 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual