• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • UKM GO DIGITAL: Peluang Ekspor Produk UKM di Pasar Dunia

UKM GO DIGITAL: Peluang Ekspor Produk UKM di Pasar Dunia

  • 06 Juni 2021, 21:57 WIB
  • Oleh: Satria
  • 9572
UKM GO DIGITAL: Peluang Ekspor Produk UKM di Pasar Dunia

Pengurus Pusat KAGAMA bekerja sama dengan Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM mengadakan Seminar Nasional Kagama Inkubasi Bisnis ke-21 secara daring dengan topik “UKM Do Digital: Peluang Ekspor Produk UKM di Pasar Dunia” pada Sabtu, (5/6).

drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D, Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, menyampaikan bahwa UGM memiliki banyak binaan UMKM. Saat ini UGM terus mencoba untuk memperkuat dan mengembangkan dukungan terhadap UMKM dengan menjadikan laboratorium yang sudah terakreditasi di UGM dan dikembangkan menjadi lembaga sertifikasi produk.  Tahun ini UGM mengaplikasikan lima lembaga sertifikasi produk untuk garam, alat kesehatan, alat mesin pertanian, air minum dan makanan kemasan, serta LSPro untuk halal.

“Selain menyumbangkan laboratorium kita untuk lembaga sertifikasi produk hal ini tentunya akan menginspirasi mahasiswa kita di dalam pendidikan dan pengajarannya. Selain itu, yang lebih penting daripada itu adalah bahwa seluruh kegiatan pendidikan, pengajaran, dan penelitian di UGM tidak boleh dipisahkan dari pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini harus membawa Indonesia sejahtera dan maju,” ujar Ika.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI, mengungkapkan bahwa baru 12 juta UMKM yang sudah terhubung ke platform digital, naik 4 juta dalam satu tahun kemarin. Tahun 2024, pemerintah menargetkan sekitar 30 juta UMKM untuk masuk ke platform digital.

“Kami sudah membuat suatu teamwork dan juga melibatkan e-commerce maupun para komunitas untuk menjaring UMKM mana yang sudah siap untuk go digital. Kalau perlu dikurasi dan perbaikan kita akan lakukan, kalau perlu branding, kita akan lakukan branding dengan dukungan pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini ekspor nasional terus membaik. Pada Maret 2021 nilai ekspor Indonesia naik 30,47 persen dibandingkan pada Maret 2020. Namun, kontribusi ekspor UMKM masih tergolong rendah yaitu sekitar 14 persen. Oleh karena itu, pemerintah mempunyai target menaikkan ekspor produk UMKM sebanyak 21,6 persen pada tahun 2024.

Untuk memasuki pasar ekspor, UMKM perlu melakukan digitalisasi, inovasi dan strategi pasca pandemi Covid-19.

Menurut Prof. Wihana Kirana Jaya, M.Soc. Sc., Ph.D., Guru Besar FEB UGM/ Staf Khusus Menteri Perhubungan RI, ekonomi yang ditawarkan harus shifting paradigm, UMKM bergeser dari ekonomi yang ekstraktif pada yang lebih demokratis. Demokratis ekonomi memberikan kesempatan orang lebih banyak dengan membangun pilar-pilar yang ada pada ekonomi demokrasi, misalnya UKM lebih mementingkan komunitas, membangun keberlanjutan, tenaga kerja lebih penting daripada modal, dan pengelolaan asetnya harus bersama-sama.

“Pola-pola yang dilakukan UMKM harus mengikuti tren digital marketing, creative economy, creating value, serta bekerja sama dengan existing marketplace untuk transaksi jual beli luar negeri,” ujarnya.

Sedangkan menurut Prof. Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN. Eng., Guru Besar Fakultas Teknik UGM, UMKM harus melakukan inovasi karena dengan adanya Covid-19 pasar produk UMKM berubah, prioritas kebutuhan produk barang dan jasa berubah.

Menurutnya, kesesuaian menjadi penting antara UMKM dan market. Alva menyebutkan adanya lima item yang harus dipertimbangkan, yaitu produknya harus cocok dengan kebutuhan pasar, kualitasnya, cost-nya, timing yang pas, dan kuantitasnya apakah cukup dengan kebutuhan pasar.

“Hal ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya organisasi dan manajemen yang bagus. Oleh karena itu, keberadaan universitas, politeknik dan sekolah akan menjadi penting karena menjadi sumber untuk membantu menjawab kesulitan yang dihadapi UMKM,” ujarnya.

Penulis: Desy

Berita Terkait

  • Kontribusi Ekspor UMKM Masih Rendah

    Thursday,11 November 2021 - 8:30
  • UGM Gelar Kurasi Produk UMKM Untuk Ekspor ke Jepang

    Tuesday,25 January 2022 - 12:21
  • UGM Minta Pemerintah Revisi Permendag Untuk Cegah Penurunan Ekspor Produk Industri Kehutanan

    Friday,01 May 2020 - 14:08
  • Siap Hadapi CAFTA, Potensi Ekspor Indonesia ke China Lebih Tinggi

    Wednesday,31 March 2010 - 9:30
  • Putri Suci: Ubikayu Jarang Diperdagangkan secara Formal

    Wednesday,12 January 2011 - 10:44

Rilis Berita

  • Sebagai Pilar Keempat Demokrasi, Pers Harus Independen 09 February 2023
    Kondisi saat ini memperlihatkan banyak persoalan yang sedang dialami insan pers. Terlebih menghad
    Agung
  • Psikolog UGM Bagikan Tips Atasi People Pleaser 09 February 2023
    People pleaser menjadi istilah yang kerap digunakan masyarakat untuk melabeli seseorang yang tida
    Ika
  • FH UGM Gelar Konferensi Internasional Soal Problem Hukum di Era Pasca Pandemi 09 February 2023
    Program Studi Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada menggelar konferensi intern
    Gusti
  • UGM Jamin Tidak Ada Mahasiswa Berhenti Kuliah Karena Persoalan Biaya 09 February 2023
    Universitas Gadjah Mada berkomitmen mendukung para mahasiswa untuk dapat menjalani perkuliahan hi
    Satria
  • Pukat UGM Sesalkan Kemunduran Pemberantasan Korupsi di Indonesia 08 February 2023
    Peneliti Pusat Kajian AntiKorupsi (Pukat) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yuris Rezha Kur
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual