• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Pakar Pemasaran UGM Nilai Strategi McD BTS Meal Kreatif

Pakar Pemasaran UGM Nilai Strategi McD BTS Meal Kreatif

  • 11 Juni 2021, 11:44 WIB
  • Oleh: Ika
  • 9295
  • PDF Version
Pakar Pemasaran UGM Nilai Strategi McD BTS Meal Kreatif
Pakar pemasaran UGM, Bayu Sutikno, S.E., Cand. Merc.,Ph.D., menilai strategi pemasaran yang dijalankan McD dengan menggandeng grup idola asal Korea Selatan Bangtan Boys/BTS yang diwujudkan dalam produk BTS Meal merupakan ide pemasaran yang kreatif.  
 
"Strategi pemasaran ini kreatif di tengah situasi penurunan omset yang dialami berbagai sektor bisnis termasuk jaringan waralaba selama masa pandemi Covid-19," tuturnya, Jumat (11/6).
 
Ia menjelaskan McD melakukan strategi targeting yang sangat fokus pada penggemar Grup K-Pop BTS yang dikenal dengan Army. Sementara Army termasuk fandom terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 18 juta orang termasuk di Indonesia. Sebagai grup penggemar, para member/anggotanya memperlakukan BTS sebagai referensi utama dan panutan dalam perilakunya. 
 
"Para Army memperlakukan BTS sebegai reference utama dan panutan dalam perilakunya setidaknya dalam 4F yakni fashion, fun termasuk musik, film, dan food. Dalam konteks acuan terkait makanan atau food maka mereka meluncurkan BTS meal ini," papar Dosen FEB dan MM UGM ini.
 
Bayu mengatakan strategi yang diambil McD termasuk Brand Community Marketing dan Viral Marketing. Sebab, mereka menyasar spesifik penggemar BTS yang dikenal sangat loyal bahkan fanatik terhadap grup ini. Kondisi ini kemudian diperkuat dengan saling sharing via medsos antar Army/penggemar BTS sehingga mengamplifikasi fenomena ini menjadi trending topik di berbagai media sosial.
 
Lebih lanjut Bayu mengatakan kedepan McD menghadapi tantangan untuk keberlanjutan strategi ini agar tidak hanya menjadi tren penjualan sesaat saja. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memetakan berbagai komunitas penggemar yang dikenal loyal  seperti grup musik, klub sepakbola atau olahraga ataupun tokoh tertentu yang dijadikan panutan atau referensi penggemarnya. Dengan begitu ketika kedepan McD ingin menggandeng suatu tokoh atau grup dan meluncurkan produk diharapkan akan mendapatkan respons yang baik.
 
Sebagai suatu event, Bayu menyebut BTS meal ini berhasil dari sisi popularitas dan respons dari penggemar BTS dengan membeli secara antusias. Namun, dampak respons yang luar biasa ini juga berakibat pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dan beberapa gerai ditutup sementara serta aplikasi pemesanan dihentikan sementara.
 
Menurutnya, perlu manajemen bersama dengan satgas wilayah untuk memastikan prokes dijalankan. Misalnya dengan pre reservasi sebelumnya dengan penjadwalan yang lebih baik.  Dengan begitu, saat jasa penghantar makanan datang sudah jelas pesanan yang diambil dan mengurangi potensi kerumunan.
 
Penulis: Ika
Foto: CNBC Indonesia

Berita Terkait

  • Dongkrak Kunjungan Wisata Dengan Strategi Komunikasi Pemasaran

    Thursday,18 April 2013 - 15:12
  • Kunjungan Museum di Yogyakarta Rendah

    Thursday,01 November 2018 - 14:47
  • Pelaku Industri Pariwisata Harus Bisa Antisipasi Disrupsi Teknologi

    Wednesday,28 February 2018 - 16:10
  • STRATEGI ANTISIPASI DAN EDUKASI BENCANA ALAM

    Thursday,04 August 2005 - 8:34
  • Pakar UGM Kritisi RUU Ekonomi Kreatif

    Tuesday,13 October 2015 - 15:51

Rilis Berita

  • UGM Manfaatkan Lahan Tidur di Klaten Untuk Pengembangan Padi Unggul 18 May 2022
    Fakultas Pertanian UGM berkolaborasi dengan Taman Sehat Rejosari (Tasero) Delanggu Klat
    Gusti
  • Tim Catur UGM Raih Prestasi di GACC ke-25 di University of Malaya 18 May 2022
    Tim Catur UGM berhasil meraih sejumlah prestasi membanggakan dalam kejuaraan 25th Grand Asian Che
    Agung
  • Menteri PPPA Apresiasi Upaya UGM Tangani Kekerasan Seksual 17 May 2022
    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si, m
    Gloria
  • UTBK di UGM Diikuti 12.232 Peserta 17 May 2022
    Sebanyak 12.232 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada
    Ika
  • Pengamat UGM Bicara Soal Penyesuaian Tarif Listrik Progresif 17 May 2022
    Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Bins
    Agung

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual