Tim Mahasiswa UGM berhasil menciptakan game interaktif untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia. Gim interaktif tersebut diberi nama “Nura Smart Card: Kartu Putar Pintar Jelajah Nusantara”. Gim interaktif ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa UGM yang tergabung dalam salah satu tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berhasil meraih pendanaan untuk tahun 2021 ini. Tim tersebut terdiri dari Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), serta Haris Nur Rahmawati dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).
“Ide pembuatan kartu putar pintar jelajah Nusantara ini bermula karena perkembangan arus globalisasi yang semakin pesat dan mengakibatkan (semakin) tergerusnya minat literasi generasi muda terutama mengenai hal kebudayaan, kemudian belum banyak buku bacaan atau media literasi lain yang menarik dalam membahas mengenai kebudayaan Indonesia,” kata Muhammad Haris Yulianto, salah satu anggota tim pada Senin (9/8).
Sebagaimana namanya, kartu putar “Nura Smart Card” lebih kurang berbentuk seperti spin game. Anak-anak atau siapun yang memainkannya akan dapat menemukan berbagai macam informasi seputar budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan hanya memulai memutar kartu “Nura Smart Card” tersebut. Informasi akan otomatis muncul setelah kartu berhenti berputar dan tanda panah menunjuk kepada salah satu provinsi di Indonesia. Terdapat informasi dan pengetahuan seputar kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, serta senjata tradisonal.
Kartu tersebut didesain bewarna dan dikonsep dapat berfungsi di kedua sisinya, depan dan belakang. Informasi seputar budaya di 34 provinsi di Indonesia terbagi kepada dua sisi tersebut, 17 provinsi di bagian depan dan 17 provinsi di bagian belakang.
Kartu putar “Nura Smart Card” ini kemudian juga diketahui disertai dua buah barcode. Pertama adalah barcode yang mengarahkan pemain untuk dapat mengakses e-book yang berisi kumpulan informasi mendalam seputar kebudayaan di Indonesia. Barcode kedua akan mengarahkan pemain untuk mengakses kuis interaktif dan gim lainnya ketika di scan menggunakan gawai (smartpone) anda.
Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Aprilia Firmonasari, menuturkan “Nura Smart Card” dapat menjadi media bermain sambil belajar anak-anak. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, anak-anak hanya beraktifitas di rumah sehingga diperlukan media untuk memecah kebosanan mereka ketika belajar dari rumah.
“Kartu putar pintar sangat istimewa karena di dalamnya terdapat pengetahuan mengenai budaya yang ada di 34 provinsi di Indonesia sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar.” pungkas Aprilia.
Produksi “Nura Smart Card” ini diketahui melibatkan salah satu percetakan yang ada di Yogyakarta. Saat ini, “Nura Smart Card” juga telah dipasarkan secara online, baik melalui media sosial seperti instagram, whatsapp, serta facebook, dan melalui lokapasar seperti shopee.
Penulis: Aji