• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Mahasiswa UGM Teliti Layanan Dispendukcapil Jember

Mahasiswa UGM Teliti Layanan Dispendukcapil Jember

  • 31 Agustus 2021, 14:06 WIB
  • Oleh: Ika
  • 26849
Mahasiswa UGM Teliti Layanan Dispendukcapil Jember
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember pada tahun 2021 ini mendapatkan anugrah sebagai dinas dengan Pelayanan Administrasi Kependudukan terbaik ke-2 di Indonesia. Hal ini merupakan capaian yang signifikan yang diraih oleh Dispendukcapil Kabupaten Jember. Pasalnya, pada 2018-2019 dinas ini selalu mencatat hasil yang kurang baik,  mulai dari kasus korupsi hingga rapor kuning yang diberikan oleh Ombudsman RI. 
 
Peningkatan prestasi yang sangat signifikan ini mendorong Tim Mahasiswa UGM yang tergabung dalam PKM-RSH Kemenristekdikti untuk meneliti penyebab peningkatan tersebut. Tim yang terdiri dari Imza Ramadhan Putra (SV), Adhitya Latif Prahesta (SV), Alifah Nurul Puji A (SV), dan Dwita Mora G (SV) meneliti upaya yang dilakukan Dispendukcapil Jember dalam mewujudkan good governance melalui standar pelayanan minimal.
 
Penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pemangku kepentingan di dinas tersebut. Selain itu,  penyebaran kuesioner kepada para pemohon di Dispendukcapil Jember dimulai dari 14 Juni sampai 1 Juli 2021. 
 
“Kami mengobservasi dinas tersebut, mewawancarai pemangku kepentingan, dan melakukan cross-check kepada masyarakat dengan menyebarkan kuesioner ke pemohon di Dispendukcapil," kata Ketua tim, Imza Ramadhan, dalam rilis yang diterima Selasa (31/8). 
 
Tim peneliti menguji sembilan variabel berdasarkan peraturan yang berlaku dalam undang-undang. Variabel ini antara lain kemudahan mengakses informasi, kemudahan dalam mengurus persyaratan, kesigapan dan ketanggapan pegawai, ketepatan waktu pelayanan, sikap petugas, transparansi atas pembiayaan, fasilitas pelayanan, kualitas website serta penerapan protokol kesehatan di lingkungan Dispendukcapil Jember. 
 
“Hasil yang didapat dari kuesioner yang disebarkan adalah rerata masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil dibandingkan dengan tahun 2018-2019, meskipun satu variabel yaitu fasilitas masih bernilai kurang memuaskan,” ungkapnya.
 
Imza mengatakan jika timnya juga menyiapkan berbagai macam strategi guna meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik di masa yang akan datang bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Beberapa diantaranya adalah  penambahan SDM, pengawasan internal, serta peningkatan pelayanan.
 
Penulis: Ika
Foto: Dispendukcapil.jemberkab.go.id
 
 
 

Berita Terkait

  • FH UGM Juarai Lomba Debat Ilmiah 2013

    Wednesday,22 May 2013 - 9:44
  • FKG UGM Sukses Gelar National Dentistry Research Competition

    Monday,05 December 2011 - 12:38
  • UGM Resmikan Gedung Layanan Administrasi Akademik

    Monday,20 December 2010 - 6:07
  • Bantuan 200 Sepeda untuk Mahasiswa

    Sunday,04 March 2012 - 17:42
  • UGM Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Jember

    Friday,11 June 2010 - 17:07

Rilis Berita

  • Evaluasi dan Temu Mitra Supplyer Gerai UMKM 27 January 2023
    Sebagai media memfasilitasi pemasaran produk UMKM binaan sivitas akademika UGM, Gerai UMKM yang b
    Agung
  • Dirjen Diktiristek Puji Fasilitas Field Research Center UGM 27 January 2023
    Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam,
    Gloria
  • Raih Doktor Usai Teliti Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong 27 January 2023
    Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Sumberdaya Geologi, BRIN, Ir. Chusni Ansori, M.T., dinyatakan lu
    Agung
  • Rektor UGM Paparkan Konsep HPU di Kampus UNRAM 27 January 2023
    Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), memaparkan konse
    Satria
  • UGM Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kampus Menuju WBK dan WBBM 27 January 2023
    UGM melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan zona integritas di lingkungan kampus, Jumat (27/1)
    Ika

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual