• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

  • 03 September 2021, 08:53 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 44231
Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

Empat Mahasiswa UGM menghadirkan permainan edukatif Go-Taru. Go-Taru merupakan papan permainan edukasi pelestarian satwa dan lingkungan yang dikolaborasikan dengan aplikasi  dan Augmented Reality (AR). Permainan edukatif ini dirilis oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan UGM yang terdiri dari empat orang, yaitu Muhammad Farel Rafifawwas dari Fakultas Teknik (FT), Kirana Maharani dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Aditya Ramadhan dari Fakultas Teknik (FT), dan Muhammad Ridwan dari Fakultas Teknik (FT).

Go-Taru dibuat sebagai upaya kampanye terhadap kepedulian satwa dan lingkungan. Tidak seperti permainan papan biasa, Go-Taru memberikan sentuhan teknologi sebagai wujud mengikuti perkembangan zaman. Permainan edukatif ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu papan permainan berkonsep adventure map berupa puzzle, kartu permainan, bidak karakter, dan aplikasi Go-Taru. Dalam kartu permainan edukatif Go-Taru dibagi menjadi 4 jenis yakni kartu satwa, kartu sampah, kartu ilmu, dan kartu kesempatan. “Masing-masing kartu merepresentasikan materi edukasi perihal satwa dan lingkungan,” kata Muhammad Farel Rafifawwas selaku ketua tim, Jumat (3/9).

Menurut Farel, ide pembuatan Go-Taru dilatarbelakangi atas kekhawatiran tim terhadap fenomena punahnya satwa akibat kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, edukasi lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, salah satunya melalui media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif dipilih karena dinilai lebih menyenangkan. Sedangkan nama Go-Taru sendiri dikutip dari kata “go” dan “kalpataru” dengan harapan bahwa adanya permainan edukatif ini mampu mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. “Go-Taru dihadirkan sebagai media edukasi yang menyasar komunitas-komunitas mengajar di UGM, Yogyakarta, maupun Indonesia. Kita juga bekerja sama dengan lembaga atau komunitas pecinta lingkungan untuk bersama-sama mengampanyekan pentingnya edukasi lingkungan,” tuturnya

Selain itu, media permainan edukatif ini dapat menjadi solusi pembelajaran interaktif dan dapat menjadi inventaris media pembelajaran di komunitas-komunitas dan sekolah-sekolah. “Saat ini, Go-Taru telah tersedia di market place juga dapat dijumpai di Instagram @gotaru.boardgame,” pungkasnya.

Penulis : Gusti Grehenson

Berita Terkait

  • Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukatif Bahasa Jawa

    Monday,25 October 2021 - 16:04
  • Belajar Kimia Lewat Permainan Kartu Edukatif

    Wednesday,31 August 2022 - 14:58
  • Bermain dan Mengenal Kebudayaan Jawa Bersama Permainan Edukatif Lingkar Bregada

    Wednesday,18 August 2021 - 15:12
  • Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

    Monday,01 November 2021 - 10:51
  • Kenalkan Profesi Apoteker Pada Anak Lewat Game Meet Pharmy

    Wednesday,15 May 2019 - 13:17

Rilis Berita

  • Fakultas Geografi UGM Dampingi Penyusunan Rencana Strategis Kabupaten Sukamara Kalteng 02 February 2023
    Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menye
    Humas UGM
  • Pakar UGM: Lansia dan Warga Miskin DIY Perlu Mendapat Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial 02 February 2023
    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berencana memberikan ban
    Gusti
  • Kembali ke Kampus, UGM Harap Geliat Wisata Religi Tanara Serang Terus Menguat 02 February 2023
    Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Unit Serang, Bant
    Ika
  • 2023 Asian Conference on Fish Models for Disease Berakhir, Herman Spaink Ungkap Harapannya agar Penelitian Tetap Berkelanjutan 02 February 2023
    Perkembangan bidang studi biologi menjadi kontributor besar bagi dunia kesehatan, khususnya dalam
    Satria
  • SDG's Series #85: Strategi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan Melalui Perencanaan Pembangunan Daerah 02 February 2023
    Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi, UGM telah menyelenggarakan Sustainable Develo
    Satria

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual