• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

  • 03 September 2021, 08:53 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 22153
  • PDF Version
Mahasiswa UGM Bikin Permainan Edukatif Go-Taru

Empat Mahasiswa UGM menghadirkan permainan edukatif Go-Taru. Go-Taru merupakan papan permainan edukasi pelestarian satwa dan lingkungan yang dikolaborasikan dengan aplikasi  dan Augmented Reality (AR). Permainan edukatif ini dirilis oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan UGM yang terdiri dari empat orang, yaitu Muhammad Farel Rafifawwas dari Fakultas Teknik (FT), Kirana Maharani dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Aditya Ramadhan dari Fakultas Teknik (FT), dan Muhammad Ridwan dari Fakultas Teknik (FT).

Go-Taru dibuat sebagai upaya kampanye terhadap kepedulian satwa dan lingkungan. Tidak seperti permainan papan biasa, Go-Taru memberikan sentuhan teknologi sebagai wujud mengikuti perkembangan zaman. Permainan edukatif ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu papan permainan berkonsep adventure map berupa puzzle, kartu permainan, bidak karakter, dan aplikasi Go-Taru. Dalam kartu permainan edukatif Go-Taru dibagi menjadi 4 jenis yakni kartu satwa, kartu sampah, kartu ilmu, dan kartu kesempatan. “Masing-masing kartu merepresentasikan materi edukasi perihal satwa dan lingkungan,” kata Muhammad Farel Rafifawwas selaku ketua tim, Jumat (3/9).

Menurut Farel, ide pembuatan Go-Taru dilatarbelakangi atas kekhawatiran tim terhadap fenomena punahnya satwa akibat kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, edukasi lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, salah satunya melalui media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif dipilih karena dinilai lebih menyenangkan. Sedangkan nama Go-Taru sendiri dikutip dari kata “go” dan “kalpataru” dengan harapan bahwa adanya permainan edukatif ini mampu mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. “Go-Taru dihadirkan sebagai media edukasi yang menyasar komunitas-komunitas mengajar di UGM, Yogyakarta, maupun Indonesia. Kita juga bekerja sama dengan lembaga atau komunitas pecinta lingkungan untuk bersama-sama mengampanyekan pentingnya edukasi lingkungan,” tuturnya

Selain itu, media permainan edukatif ini dapat menjadi solusi pembelajaran interaktif dan dapat menjadi inventaris media pembelajaran di komunitas-komunitas dan sekolah-sekolah. “Saat ini, Go-Taru telah tersedia di market place juga dapat dijumpai di Instagram @gotaru.boardgame,” pungkasnya.

Penulis : Gusti Grehenson

Berita Terkait

  • Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukatif Bahasa Jawa

    Monday,25 October 2021 - 16:04
  • Bermain dan Mengenal Kebudayaan Jawa Bersama Permainan Edukatif Lingkar Bregada

    Wednesday,18 August 2021 - 15:12
  • Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

    Monday,01 November 2021 - 10:51
  • Kenalkan Profesi Apoteker Pada Anak Lewat Game Meet Pharmy

    Wednesday,15 May 2019 - 13:17
  • My Teacher Tangram, Mainan Edukatif Tingkatkan Kognisi Anak

    Tuesday,08 September 2015 - 12:20

Rilis Berita

  • Mahasiswa UGM Borong Medali dan Penghargaan dari Kompetisi Tingkat ASEAN 19 May 2022
    Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, kembali m
    Satria
  • Promosikan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua ASEAN 19 May 2022
    Geliat mempromosikan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua ASEAN belakangan ini menguat ke
    Agung
  • Mahasiswa UGM Gelar Forum Mahasiswa Untuk Pilih Rektor Baru 19 May 2022
    Mahasiswa mengadakan acara “Forum Mahasiswa UGM: Memilih Rektor Periode 2022-2027” ya
    Ika
  • UGM Press Terbitkan Buku Antioksidan dalam Penanganan Sindrom Metabolik 19 May 2022
    UGM Press menerbitkan buku berjudul “Antioksidan dalam Penanganan Sindrom Metabolik“
    Gloria
  • Kementerian Desa PDTT dan UGM Kerja Sama Pengembangan Kawasan Transpolitan 19 May 2022
    Ika

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual