• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Mahasiswa Ungkap Fenomena Endorse Fashion Influencer

Mahasiswa Ungkap Fenomena Endorse Fashion Influencer

  • 20 September 2021, 23:53 WIB
  • Oleh: Satria
  • 12531
Mahasiswa Ungkap Fenomena Endorse Fashion Influencer

Salah satu iklan yang marak saat ini adalah endorsing fashion influencer, yaitu iklan yang menggunakan popularitas seseorang serta akses keterjangkauan konsumen melalui banyak pengikut media sosial. Disamping itu, fast fashion merupakan industri tekstil yang bekerja dengan alur sepenuhnya linier. Artinya sebagian besar sumber daya tidak terbarukan diekstraksi untuk menghasilkan pakaian.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM Riset Sosial Humaniora (RSH) yang beranggotakan Yoga Aditya Leite (Filsafat 2018), Moch Zihad Islami (Filsafat 2018), Dian Aris Munandar (Filsafat 2018), Yuana Novita Sari (Ilmu Komunikasi 2019), Adelia Stefani Putri Kristanti (Psikologi 2019) mencoba mengeksplorasi bentuk implikasi endorsing fashion influencer terhadap konsumtifitas terhadap fesyen dengan melakukan penelitian dengan judul “Implikasi Endorsing Fashion Influencer terhadap Konsumerisme Fast-Fashion di Indonesia”.

“Menarik melihat perkembangan fesyen yang berorientasi pada konsumen, dengan adanya fashion influencer membuat reproduksi tren fast-fashion di Indonesia bertahan. Hal ini secara filosofis menyebabkan adanya sistem yang memaksa individu sebagai konsumen (secara tidak sadar maupun sadar) telah teralienasi hingga akhirnya membeli produk-produk fesyen tersebut secara impulsif,” ujar Yoga Aditya Leite.

Yuana Novita Sari, dalam bidang Ilmu Komunikasi, Fashion influencer Indonesia menggunakan komunikasi persuasif bertujuan untuk memengaruhi konsumen dalam endorsing fast-fashion. Konsep komunikasi persuasif yang dijalankan yaitu retorika komunikasi (Ethos, Logos, and Pathos). Ketiga hal tersebut menjadi pilar komunikasi persuasif yang merupakan bagian penting dari peran influencer.

Saat memaparkan hasil penelitian, Moch Zihad Islami mengungkapkan adanya perasaan ketika pemakaian pakaian akan sama dengan apa yang dipakai oleh fashion influencer dapat meningkatkan tingkat konsumsi padahal perasaan tersebut bersifat semu karena masing masing orang memiliki karakteristik tubuh dan psikologis yang berbeda.

Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 pihak yang berkepentingan untuk mengelola laju konsumsi berkelanjutan yaitu konsumen dengan rasionalitas pembelian, produsen dengan kesadaran akan pelestarian lingkungan hidup, pemerintah dengan kewenangan pengawasan, serta fashion influencer dengan cara mempopulerkan tren slow fashion dan pakaian ramah lingkungan.

Penulis: Khansa

Berita Terkait

  • Citayam Fashion Week, Representasi Kaum Muda Menengah ke Bawah

    Wednesday,20 July 2022 - 12:01
  • Pentingnya Strategi Presentasi Diri Melalui Media Sosial

    Saturday,11 December 2021 - 9:50
  • ASEAN Studies Center UGM dan ASEAN-IPR Kaji Peran Media Digital dalam Menjaga Perdamaian

    Wednesday,27 January 2021 - 15:44
  • Pejabat Publik Komunikator Utama Kebijakan Publik, Bukan Influencer

    Wednesday,02 September 2020 - 20:02
  • Pakar UGM Sampaikan Tips Cara Mengecek Investasi Bodong

    Sunday,20 March 2022 - 17:39

Rilis Berita

  • Belajar dari Gempa Turki, Masyarakat Perlu Memiliki Rencana Evakuasi Mandiri 07 February 2023
    Bencana gempa bumi dengan magnitudo 7,8 melanda Turki dan Suriah pada hari Selasa (6/2) kemarin.
    Gusti
  • Aplikasi Layanan Ramah Disabilitas Buatan Mahasiswa Difabel UGM Raih Perak di IPITEX Bangkok 07 February 2023
    Aplikasi layanan ramah disabilitas buatan mahasiswa penyandang disabilitas daksa dari Departemen
    Ika
  • SPs UGM Lakukan Pengabdian di KHDTK Getas Blora 07 February 2023
    Sekolah Pascasarjana UGM (SPs) mengadakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Belu
    Agung
  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika
  • Tim Peneliti UGM Lakukan Riset Inverter Statik Kereta Api 06 February 2023
    Tim peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Univers
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual