• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

  • 01 November 2021, 10:51 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 5665
Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

Pusat Studi Kebudayaan (PSK) Universitas Gadjah Mada mengeluarkan produk permainan papan edukasi berbahasa Jawa berbasis Budaya Jawa yaitu Sibaya yang merupakan kependekan dari Sinau Basa lan Budaya. Produk ini pun telah terdaftar dalam pencatatan perlindungan ciptaan. 

Plt. Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM, Dr. Sri Ratna Saktimulya, M.Hum., mengatakan pembuatan permainan papan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman karakter dan budi pekerti pada anak melalui pembelajaran kebudayaan. Pasalnya, banyak anak-anak yang sudah mengabaikan pembelajaran kebudayaan khususnya Jawa, serta banyak anak mulai tidak mempedulikan sopan santun dan meninggalkan budayanya sendiri.

Alat peraga edukasi berupa papan permainan ini mengadopsi konsep permainan papan ular tangga. Permainan ini disusun sebagai keperluan pembelajaran bahasa dan budaya bagi anak-anak usia sekolah dasar. Permainan “Sibaya” sendiri memuat soal-soal dan pertanyaan sebagai sarana anak-anak belajar bahasa dan kebudayaan Jawa dengan mudah dan menyenangkan. “Istimewanya, permainan ular tangga Sibaya ini menggunakan bahasa Jawa serta ada kurang lebih seratus kartu pertanyaan yang berisi penguasaan bahasa, tingkat tutur, kesusastraan, kesenian, serta adat sopan santun,” kata Sri Ratna Saktimulya, Senin (1/11).

Selain itu, Sibaya juga dilengkapi dengan buku panduan bermain dalam tiga bahasa yaitu Jawa, Indonesia, dan Inggris. Dengan demikian, orang tua atau tenaga pendidik tidak perlu bingung dan dapat memandu anak-anak dalam bermain.

Tidak sekedar alat peraga edukasi, menurut Sri Ratna, dasar pembelajaran Sibaya mengandung pembelajaran dalam perkembangan karakter anak yang sudah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara dalam konsepnya yakni Tri-Nga yakni Ngerti, Ngrasakke, Nglakoni atau Mengetahui, Merasakan, dan Melakukan. “Hal inilah yang berusaha kami angkat kembali mengingat bahwa nilai-nilai luhur dalam pembelajaran kebudayaan tetap relevan di setiap zaman,” paparnya.

Sosialisasi permainan Sibaya sudah dilakukan oleh Tim Pusat Studi Kebudayaan yang telah dilaksanakan di Desa Pandowoharjo, Kabupaten Sleman dan mendapat sambutan  baik dari mitra dilihat dari keaktifan saat sosialisasi. “Kegiatan sosialisasi yang dilakukan berupa kegiatan bermain Sibaya bersama anak-anak. Tidak hanya melalui permainan papan akan tetapi juga dengan media tembang dolanan yang dipraktekkan pada anak-anak,” katanya

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., dalam kunjungannya di Pusat Studi Kebudayaan pada hari Selasa, 26 Oktober lalu mengapresiasi hasil karya kreatif dari tim Pusat Studi Kebudayaan UGM yang menurutnya papan permainan ini sangat edukatif bagi pembelajaran bahasa dan budaya Jawa. “Rektor berharap Sibaya dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat,” kata Sri Ratna.

Rektor juga berpesan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mengembalikan kembali kepedulian generasi penerus bangsa untuk mempelajari bahasa dan budaya khususnya Jawa dengan menghadirkan media pembelajaran baru sebagai upaya pelestarian budaya untuk membentuk karakter generasi muda yang berwawasan budaya.

Penulis : Gusti Grehenson

Berita Terkait

  • Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukasi Bagi Anak

    Tuesday,16 July 2013 - 8:46
  • Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukatif Bahasa Jawa

    Monday,25 October 2021 - 16:04
  • Outbond Kids Bagi Anak-Anak Korban Gempa

    Tuesday,05 September 2006 - 15:29
  • Permainan Tradisional Tingkatkan Kompetensi Sosial Anak

    Monday,07 September 2015 - 14:28
  • Pulihkan Kondisi Psikologis Anak di Kids Center Pacar

    Monday,07 August 2006 - 11:17

Rilis Berita

  • UGM Kembangkan Kerja Sama Tridarma di Amerika Serikat 29 May 2023
    UGM mengembangkan kerja sama bidang pendidikan, peneliti
    Ika
  • Museum UGM Luncurkan QR Code MAG+ 29 May 2023
    Museum UGM bekerja sama Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman melaunching QR Code
    Agung
  • UGM Kenalkan Pengelolaan Lingkungan Sistem Agrosilvopastura ke Masyarakat Dieng 29 May 2023
    UGM melalui melalui Center of Excellence Sustainable Environment Fakultas Teknik melaksa
    Ika
  • 13 Tim Softball Mahasiswa Perebutkan Piala UGM CUP 2023 29 May 2023
    Sebanyak 13 tim softball dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia berkompetisi memperebutkan p
    Ika
  • Peringati Hari Jamu Nasional, Fakultas Farmasi UGM Selenggarakan Sharing Session dan Kampanye Minum Jamu 29 May 2023
    Fakultas Farmasi UGM memeriahkan Hari Jamu Nasional dengan sejumlah kegiatan yang
    Gloria

Agenda

  • 30May Pengukuhan Guru Besar Prof. drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes., Sp.KG(K)., Ph.D...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual