• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Kompetensi Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Siswa Unggul

Kompetensi Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Siswa Unggul

  • 30 Maret 2010, 14:51 WIB
  • Oleh: Ika
  • 6311

Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever. Hal ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus berlangsung.

Drs. I Wayan Dharmayana, M.Si., staf pengajar Psikologi Pendidikan FKIP Bengkulu, menyebutkan fenomena tersebut juga ditemukan di beberapa SMA negeri di Kota Yogyakarta. Dalam tiga tahun terakhir, terdapat fakta bahwa pencapaian prestasi akademik di kalangan siswa unggul dengan nilai UAN SMP lebih dari sembilan berada di bawah potensi akademik yang dimilikinya.

Disebutkan Dharmayana, pencapaian prestasi akademik siswa unggul sebenarnya tidak semata-mata karena kemampuan intelektual umum, tetapi lebih dipengaruhi oleh kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah. “Keterikatan tersebut merupakan anteseden yang berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik siswa unggul,” jelasnya di Auditorium Fakultas Psikologi UGM, Selasa (30/3).

Faktor intelegensi sebagai kemampuan umum, lanjutnya, akan optimal dalam aktualisasinya jika diperkuat dengan kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah. Keterikatan siswa terhadap sekolah yang meningkat merupakan indikator kualitas pembelajaran di sekolah dan sebagai hasil kemajuan aktivitas sekolah.

Lebih lanjut diuraikan Dharmayana di hadapan dewan penguji saat mempertahankan disertasi “Peran Kompetensi Emosi dan Keterikatan pada Sekolah terhadap Prestasi Akademik Siswa Unggul di SMA Negeri Yogyakarta”, optimalisasi kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah mampu mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa.

Evaluasi terhadap proses belajar dapat dilakukan dengan memperhatikan perkembangan setiap aktivitas akademik siswa melalui kumpulan aktivitas belajar siswa, baik berupa respon terhadap tugas individual maupun kelompok, ulangan harian, pendalaman materi, pekerjaan rumah yang menunjukkan partisipasi dan keterikatan emosi kognitif serta perilaku dalam bentuk portofolio sangat bermanfaat untuk memelihara keterikatan siswa pada sekolah.

Ditambahkan oleh suami Dra. Ni Ketut Suarini ini, untuk pengembangan program pembelajaran seyogianya tidak hanya terfokus pada prestasi akademik sebagai hasil akhir, tetapi juga harus lebih memperhatikan proses-proses yang mendahuluinya, yakni pengembangan kompetensi emosi siswa. Selain itu, agar membuat siswa lebih terikat untuk belajar di sekolah, sangat penting dirancang program-program pendidikan dan pembelajaran yang dapat melatih mereka dalam mengembangkan kompetensi pribadi dan sosial yang dikaitkan dengan peran belajarnya di sekolah. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Pendidikan Jasmani Terbukti Efektif Tingkatkan Kecerdasan Emosi Siswa SD

    Thursday,12 August 2010 - 14:42
  • Orang Tua Berperan Penting Bagi Prestasi Siswa

    Monday,08 June 2015 - 14:08
  • Guru dan Ibu Berpengaruh Pada Penyesuaian Diri Siswa SD

    Thursday,23 October 2008 - 15:03
  • Pendaftar Jalur Undangan SV UGM Capai 4 Ribu

    Tuesday,15 April 2014 - 12:26
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Prestasi Akademik Pada Remaja

    Tuesday,28 January 2014 - 15:06

Rilis Berita

  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika
  • Tim Peneliti UGM Lakukan Riset Inverter Statik Kereta Api 06 February 2023
    Tim peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Univers
    Gusti
  • Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi Kawah Sikidang 06 February 2023
    Dataran Tinggi Dieng merupakan kompleks gunung api. Selain menjadi sumber energi panas bumi denga
    Gusti
  • Lebih dari 3 Ribu Mahasiswa UGM Terima Insentif Prestasi Sebesar 2 Miliar di 2022 06 February 2023
    UGM berkomitmen kuat untuk terus mendukung dan memfasilitasi para mahasiswanya dalam pengembangan
    Satria
  • UGM Terlibat Aktif Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah 03 February 2023
    Stunting masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Data Asian Development Bank mencatat ang
    Ika

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual