• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Kompetensi Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Siswa Unggul

Kompetensi Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Siswa Unggul

  • 30 Maret 2010, 14:51 WIB
  • Oleh: Ika
  • 6468

Pendidikan untuk siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa selama ini belum berjalan secara optimal. Masih banyak dijumpai siswa dengan bakat akademis yang mengalami gejala “prestasi kurang”/underachiever. Hal ini akan menghambat pemberdayaan potensi sumber daya manusia apabila terus berlangsung.

Drs. I Wayan Dharmayana, M.Si., staf pengajar Psikologi Pendidikan FKIP Bengkulu, menyebutkan fenomena tersebut juga ditemukan di beberapa SMA negeri di Kota Yogyakarta. Dalam tiga tahun terakhir, terdapat fakta bahwa pencapaian prestasi akademik di kalangan siswa unggul dengan nilai UAN SMP lebih dari sembilan berada di bawah potensi akademik yang dimilikinya.

Disebutkan Dharmayana, pencapaian prestasi akademik siswa unggul sebenarnya tidak semata-mata karena kemampuan intelektual umum, tetapi lebih dipengaruhi oleh kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah. “Keterikatan tersebut merupakan anteseden yang berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik siswa unggul,” jelasnya di Auditorium Fakultas Psikologi UGM, Selasa (30/3).

Faktor intelegensi sebagai kemampuan umum, lanjutnya, akan optimal dalam aktualisasinya jika diperkuat dengan kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah. Keterikatan siswa terhadap sekolah yang meningkat merupakan indikator kualitas pembelajaran di sekolah dan sebagai hasil kemajuan aktivitas sekolah.

Lebih lanjut diuraikan Dharmayana di hadapan dewan penguji saat mempertahankan disertasi “Peran Kompetensi Emosi dan Keterikatan pada Sekolah terhadap Prestasi Akademik Siswa Unggul di SMA Negeri Yogyakarta”, optimalisasi kompetensi emosi dan keterikatan siswa pada sekolah mampu mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa.

Evaluasi terhadap proses belajar dapat dilakukan dengan memperhatikan perkembangan setiap aktivitas akademik siswa melalui kumpulan aktivitas belajar siswa, baik berupa respon terhadap tugas individual maupun kelompok, ulangan harian, pendalaman materi, pekerjaan rumah yang menunjukkan partisipasi dan keterikatan emosi kognitif serta perilaku dalam bentuk portofolio sangat bermanfaat untuk memelihara keterikatan siswa pada sekolah.

Ditambahkan oleh suami Dra. Ni Ketut Suarini ini, untuk pengembangan program pembelajaran seyogianya tidak hanya terfokus pada prestasi akademik sebagai hasil akhir, tetapi juga harus lebih memperhatikan proses-proses yang mendahuluinya, yakni pengembangan kompetensi emosi siswa. Selain itu, agar membuat siswa lebih terikat untuk belajar di sekolah, sangat penting dirancang program-program pendidikan dan pembelajaran yang dapat melatih mereka dalam mengembangkan kompetensi pribadi dan sosial yang dikaitkan dengan peran belajarnya di sekolah. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Orang Tua Berperan Penting Bagi Prestasi Siswa

    Monday,08 June 2015 - 14:08
  • Pendidikan Jasmani Terbukti Efektif Tingkatkan Kecerdasan Emosi Siswa SD

    Thursday,12 August 2010 - 14:42
  • Guru dan Ibu Berpengaruh Pada Penyesuaian Diri Siswa SD

    Thursday,23 October 2008 - 15:03
  • Pendaftar Jalur Undangan SV UGM Capai 4 Ribu

    Tuesday,15 April 2014 - 12:26
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Prestasi Akademik Pada Remaja

    Tuesday,28 January 2014 - 15:06

Rilis Berita

  • Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo Meninggal Dunia 03 June 2023
    Keluarga Besar Universitas Gadjah Mada berduka atas meninggalnya salah satu guru besar terbaiknya
    Satria
  • Membangun Kemandirian dan Pengembangan Wisata Melalui Desa Binaan HMP UGM 03 June 2023
    Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (HMP UGM) melalui Bidang Aksi Sosial (Aks
    Satria
  • RSA UGM Terima Penghargaan PPKM Award dari Menkes 02 June 2023
    Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM terus berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan
    Gusti
  • Universitas Gadjah Mada di Top 50 Dunia pada THE Impact Rankings 2023 01 June 2023
    Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia yang memberik
    Satria
  • Minim, Pemda Yang Mampu Susun RPPLH Sesuai Target 01 June 2023
    Percepatan industri telah menghasilkan berbagai dampak lingkungan. Salah satu isu yang banyak dip
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
  • 02Oct Conference of Critical Island Studies...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual