• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

  • 05 Januari 2022, 13:11 WIB
  • Oleh: Agung
  • 3835
  • PDF Version
Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek, Galuh Raih Doktor


Melakukan penelitian Pengaruh Identifikasi Merek dan Kecintaan Merek pada Loyalitas Merek, Galuh Mira Saktiana berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara ini dalam penelitiannya menemukan bahwa pengaplikasian Conditional Integration Theory of Love dapat digunakan untuk konsep keterhubungan konsumen dengan merek.

”Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan Conditional Integration Theory of Love sebagai penyempurna teori sebelumnya yaitu Triangular Theory of Love yang memiliki beberapa kelemahan di antaranya pada bagian keintiman dan komitmen,"ujar Galuh, di FEB UGM, Rabu (5/1) saat melangsungkan ujian terbuka Program Doktor.

Conditional Integration Theory of Love ini memperlihatkan bagaimana kecintaan pelanggan dipengaruhi oleh keinginan untuk berintegrasi dengan suatu objek dan kenyataan integrasi identitas pelanggan dengan objek. Oleh karena itu, perlu untuk memadukan Conditional Integration Theory of Love dengan konsep keterhubungan konsumen-merek.

“Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa anteseden dari kecintaan merek adalah identifikasi merek, produk hedonis, kepercayaan merek dan persepsi kualitas," ucapnya.

Ia menjelaskan konsekuensi dari kecintaan merek adalah loyalitas merek. Hal yang kemudian menarik pada penelitian ini mampu membuktikan bahwa identifikasi merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif pada loyalitas merek, sedangkan produk hedonis tidak berpengaruh negatif pada loyalitas merek.

Hal ini, menurutnya, dikarenakan pengaruh objek yang digunakan memengaruhi hasil. Pada penelitian ini objek yang digunakan adalah produk high involvement, artinya bahwa produk tersebut memerlukan pengorbanan yang tinggi untuk mendapatkannya.

Ini tentu saja menarik dengan keterlibatan tinggi membuat loyalitas merek menjadi tinggi. Sedangkan produk hedonis adalah produk yang dipilih untuk menyenangkan hati penggunanya dan memenuhi hobinya.

“Jadi, keterlibatan juga memengaruhi hasil yang diperoleh karena sebelumnya dihipotesiskan bahwa produk hedonis berpengaruh negatif pada loyalitas merek, tetapi tidak terdukung pada penelitian ini," katanya.

Melakukan survei pada pengguna kamera jenis mirrorless dengan tiga merek berbeda yang saling bersaing Sony, Nikon dan Canon, dalam penyusunan desertasi ini peneliti menyebar 200 kuesioner ke lima kota besar yang ada di Pulau Jawa meliputi Jakarta, Surabaya, Semarang, DIY dan Bandung. Kuesioner yang memenuhi syarat sebanyak 137 responden, sisanya dikeluarkan dari analisis data penelitian karena tidak memenuhi kriteria.

Peneliti juga melakukan pengambilan data secara daring yang dirancang menggunakan Googleform dan disebarkan melalui aplikasi Whatsapp dan Facebook pada berbagai individu dan komunitas selama bulan Februari sampai dengan Maret 2021, data yang masuk adalah sebanyak 177 responden, tetapi yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 163 responden. Jadi jumlah responden secara keseluruhan melalui luring dan daring adalah sebanyak 300 responden.

Disimpulkan bahwa Conditional Integration Theory of Love dapat digunakan dalam model penelitan ini serta dipadukan dengan keterhubungan konsumen dengan merek. Konstruk identifikasi merek, produk hedonis, kepercayaan merek, persepsi kualitas dapat dipadukan dengan keterhubungan konsumen-merek dengan konstruk kecintaan merek dan loyalitas.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa anteseden dari kecintaan merek adalah identifikasi merek, produk hedonis, kepercayaan merek dan persepsi kualitas. Kemudian konsekuen dari kecintaan merek adalah loyalitas merek.

“Secara teori penelitian ini berkontribusi dalam mengembangkan literatur yang berhubungan dengan Conditional Integration Theory of Love khususnya berkaitan dengan anteseden dari kecintaan merek dan konsekuennya. Juga menghasilkan satu kontribusi secara teoritis dan tiga kontribusi secara praktis," papar Galuh.

Penulis : Agung Nugroho
Foto : Digital Fotography Review

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Identifikasi dan Kecintaan Merek

    Wednesday,05 January 2022 - 13:11
  • Kepuasan Konsumen Berpengaruh Positif pada Identifikasi Merek

    Friday,10 August 2018 - 11:26
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Kepemimpinan Transformasional

    Wednesday,27 January 2021 - 11:51
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Raih Doktor Usai Meneliti Pengalaman Penikmat Wisata Petualangan

    Monday,16 May 2016 - 16:04

Rilis Berita

  • Wisuda UGM Kembali Digelar Secara Luring 25 May 2022
    Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda kembali diselengg
    Gloria
  • UGM-Pemprov DKI-Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran Kerja Sama Penataan Kawasan dan Tridarma 25 May 2022
    Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pemprov DKI Jakarta, Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran melak
    Ika
  • Manajemen Logistik Terpadu Strategi Efektif Turunkan Biaya Logistik 25 May 2022
    Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau sehingga
    Agung
  • UGM dan PT. Hadji Kalla Lakukan Kerja Sama 25 May 2022
    Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT. Hadji Kalla sepakat melakukan kerja sama bidang pendidikan,
    Ika
  • Pembangunan Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM Segera Dimulai 24 May 2022
    Universitas Gadjah Mada akan segera memulai pembangunan gedung Gelanggang Inovasi dan Kreativitas
    Gloria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual