• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

  • 16 Desember 2022, 15:25 WIB
  • Oleh: Agung
  • 612
Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

dr. Merindra Firmansyah, M.Med.Ed, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang, dinyatakan lulus Program Doktor dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Dalam ujiannya di hari Jumat (16/12) ia berhasil mempertahankan disertasi berjudul  Pemodelan Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran dalam Menghadapi Asesmen yang bersifat High stake.

Mengangkat judul tersebut, Merindra menuturkan masalah penelitian tentang dampak asesmen terhadap perilaku belajar mahasiswa sampai saat ini masih belum banyak dilakukan dan belum ada yang secara kuantitatif menegaskan bahwa asesmen tersebut memang berefek langsung ke perilaku belajar mahasiswa. Meski begitu, sudah ada beberapa penelitian kualitatif yang sudah dilakukan untuk mengeksplorasi dampak asesmen terhadap perilaku belajar mahasiswa.

“Di antaranya penelitian yang saya lakukan yang melihat asesmen dalam konteks high stakes assessment berdampak pada perilaku belajar mahasiswa, baik dari struktur kognitif maupun regulasi metakogntifnya," katanya.

Meskipun penelitian tersebut diakui masih sebatas penelitian di populasi tertentu dan jenis asesmennya dilakukan di masa studi praklinik. Sementara penelitian learning impact yang dilakukan pada konteks high stake assessment belum pernah dilakukan sebelumnya.

Merindra mengatakan kontribusi penelitian yang ia lakukan dalam bidang ilmu kedokteran ini telah menemukan faktor determinan perilaku belajar yang lebih spesifik dan khusus yaitu yang terkait dengan keyakinan spiritual. Penelitian ini juga berhasil memvalidasi faktor determinan perilaku belajar yang telah dihasilkan dari penelitian sebelumnya.

Dia menjelaskan penelitian dilakukan dalam konteks asesmen yang bersifat high stake dan dilaksanakan di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, danagama yang berbeda-beda. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan dalam penelitian ini.

“Kekurangannya di penelitian ini lebih berkaitan dengan jumlah responden riset tahap 2 yang masih terbatas karena hanya melibatkan 3 lokasi diantara 70-an lokasi yang ada," sebutnya.

Dari hasil penelitian, Merindra berkesimpulan faktor determinan perilaku belajar yang ditemukan pada mahasiswa sebelum ujian yang bersifat high stake adalah faktor asesmen, task value, goal orientation, kelemahan diri, dampak tidak lulus, manfaat lulus, efikasi diri, beliefs, hambatan belajar, faktor lingkungan dan test anxiety. Sementara perilaku belajar yang dilakukan oleh mahasiswa juga beranekaragam, secara umum terbagi menjadi dua kelompok, yaitu perilaku belajar yang bersifat kognitif dan metakognitif.

“Faktor – faktor determinan perilaku belajar yang memiliki kekuatan prediksi kuat adalah faktor asesmen. Sedangkan untuk uji hipotesis langsung yang mempengaruhi perilaku belajar secara langsung dan signifikan adalah goal orientation, efikasi diri, test anxiety, manfaat lulus, dan faktor lingkungan," ujarnya.

Ada juga variabel yang memediasi faktor asesmen terhadap perilaku belajar dari yang paling kuat ke yang paling lemah secara signifikan berturut - turut yaitu manfaat lulus, goal orientation, efikasi diri, dan faktor lingkungan. Sedangkan perilaku belajar secara umum sebelum ujian high stake lebih tinggi daripada low stake secara signifikan. Perilaku belajar tersebut merupakan nilai rata-rata dari beberapa dimensi yaitu perilaku belajar rehearsal, elaborasi, organisasi, berfikir kritis, dan regulasi metakognitif.

“Secara dimensi, semua dimensi perilaku belajar juga lebih tinggi sebelum ujian high stake secara signifikan dibandingkan dengan yang low stake, kecuali pada dimensirehearsal yang perbedaannya tidak signifikan," tandasnya.

Penulis : Agung Nugroho

 

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Meneliti Perilaku Mahasiswa Peduli Lingkungan

    Friday,05 August 2016 - 12:42
  • Minim, Penelitian Tentang Kepribadian Ambang

    Friday,01 March 2019 - 16:19
  • Teliti CSR Aspek Perilaku Manajer, Nurofik Raih Doktor

    Tuesday,15 January 2013 - 8:12
  • Pemberdayaan Remaja dapat Mencegah dan Mengendalikan Perilaku Merokok

    Thursday,16 December 2021 - 16:39
  • Raih Doktor Usai Teliti Perilaku Remaja Berisiko Penyalahguna NAPZA

    Monday,26 January 2015 - 13:39

Rilis Berita

  • UGM Terlibat Aktif Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah 03 February 2023
    Stunting masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Data Asian Development Bank mencatat ang
    Ika
  • Pimpinan UGM Tandatangani Komitmen Bersama Implementasi Manajemen Risiko 03 February 2023
    Penandatanganan Komitmen Bersama dilakukan oleh Majelis Wali Amanat, Rektor, Sena
    Gloria
  • Forgamas Dekatkan UGM Kepada Siswa Kelas XII di Banyumas 03 February 2023
    Forum Mahasiswa Gadjah Mada Banyumas (Formagamas) merupakan perkumpulan mahasiswa UGM se-Kabupate
    Agung
  • Fakultas Geografi UGM Dampingi Penyusunan Rencana Strategis Kabupaten Sukamara Kalteng 02 February 2023
    Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menye
    Humas UGM
  • Pakar UGM: Lansia dan Warga Miskin DIY Perlu Mendapat Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial 02 February 2023
    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berencana memberikan ban
    Gusti

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual