• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

  • 16 Desember 2022, 15:25 WIB
  • Oleh: Agung
  • 925
Raih Doktor Usai Teliti Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran

dr. Merindra Firmansyah, M.Med.Ed, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang, dinyatakan lulus Program Doktor dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Dalam ujiannya di hari Jumat (16/12) ia berhasil mempertahankan disertasi berjudul  Pemodelan Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran dalam Menghadapi Asesmen yang bersifat High stake.

Mengangkat judul tersebut, Merindra menuturkan masalah penelitian tentang dampak asesmen terhadap perilaku belajar mahasiswa sampai saat ini masih belum banyak dilakukan dan belum ada yang secara kuantitatif menegaskan bahwa asesmen tersebut memang berefek langsung ke perilaku belajar mahasiswa. Meski begitu, sudah ada beberapa penelitian kualitatif yang sudah dilakukan untuk mengeksplorasi dampak asesmen terhadap perilaku belajar mahasiswa.

“Di antaranya penelitian yang saya lakukan yang melihat asesmen dalam konteks high stakes assessment berdampak pada perilaku belajar mahasiswa, baik dari struktur kognitif maupun regulasi metakogntifnya," katanya.

Meskipun penelitian tersebut diakui masih sebatas penelitian di populasi tertentu dan jenis asesmennya dilakukan di masa studi praklinik. Sementara penelitian learning impact yang dilakukan pada konteks high stake assessment belum pernah dilakukan sebelumnya.

Merindra mengatakan kontribusi penelitian yang ia lakukan dalam bidang ilmu kedokteran ini telah menemukan faktor determinan perilaku belajar yang lebih spesifik dan khusus yaitu yang terkait dengan keyakinan spiritual. Penelitian ini juga berhasil memvalidasi faktor determinan perilaku belajar yang telah dihasilkan dari penelitian sebelumnya.

Dia menjelaskan penelitian dilakukan dalam konteks asesmen yang bersifat high stake dan dilaksanakan di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, danagama yang berbeda-beda. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan dalam penelitian ini.

“Kekurangannya di penelitian ini lebih berkaitan dengan jumlah responden riset tahap 2 yang masih terbatas karena hanya melibatkan 3 lokasi diantara 70-an lokasi yang ada," sebutnya.

Dari hasil penelitian, Merindra berkesimpulan faktor determinan perilaku belajar yang ditemukan pada mahasiswa sebelum ujian yang bersifat high stake adalah faktor asesmen, task value, goal orientation, kelemahan diri, dampak tidak lulus, manfaat lulus, efikasi diri, beliefs, hambatan belajar, faktor lingkungan dan test anxiety. Sementara perilaku belajar yang dilakukan oleh mahasiswa juga beranekaragam, secara umum terbagi menjadi dua kelompok, yaitu perilaku belajar yang bersifat kognitif dan metakognitif.

“Faktor – faktor determinan perilaku belajar yang memiliki kekuatan prediksi kuat adalah faktor asesmen. Sedangkan untuk uji hipotesis langsung yang mempengaruhi perilaku belajar secara langsung dan signifikan adalah goal orientation, efikasi diri, test anxiety, manfaat lulus, dan faktor lingkungan," ujarnya.

Ada juga variabel yang memediasi faktor asesmen terhadap perilaku belajar dari yang paling kuat ke yang paling lemah secara signifikan berturut - turut yaitu manfaat lulus, goal orientation, efikasi diri, dan faktor lingkungan. Sedangkan perilaku belajar secara umum sebelum ujian high stake lebih tinggi daripada low stake secara signifikan. Perilaku belajar tersebut merupakan nilai rata-rata dari beberapa dimensi yaitu perilaku belajar rehearsal, elaborasi, organisasi, berfikir kritis, dan regulasi metakognitif.

“Secara dimensi, semua dimensi perilaku belajar juga lebih tinggi sebelum ujian high stake secara signifikan dibandingkan dengan yang low stake, kecuali pada dimensirehearsal yang perbedaannya tidak signifikan," tandasnya.

Penulis : Agung Nugroho

 

Berita Terkait

  • Raih Doktor Usai Meneliti Perilaku Mahasiswa Peduli Lingkungan

    Friday,05 August 2016 - 12:42
  • Minim, Penelitian Tentang Kepribadian Ambang

    Friday,01 March 2019 - 16:19
  • Teliti CSR Aspek Perilaku Manajer, Nurofik Raih Doktor

    Tuesday,15 January 2013 - 8:12
  • Pemberdayaan Remaja dapat Mencegah dan Mengendalikan Perilaku Merokok

    Thursday,16 December 2021 - 16:39
  • Raih Doktor Usai Teliti Perilaku Remaja Berisiko Penyalahguna NAPZA

    Monday,26 January 2015 - 13:39

Rilis Berita

  • Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo Meninggal Dunia 03 June 2023
    Keluarga Besar Universitas Gadjah Mada berduka atas meninggalnya salah satu guru besar terbaiknya
    Satria
  • Membangun Kemandirian dan Pengembangan Wisata Melalui Desa Binaan HMP UGM 03 June 2023
    Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (HMP UGM) melalui Bidang Aksi Sosial (Aks
    Satria
  • RSA UGM Terima Penghargaan PPKM Award dari Menkes 02 June 2023
    Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM terus berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan
    Gusti
  • Universitas Gadjah Mada di Top 50 Dunia pada THE Impact Rankings 2023 01 June 2023
    Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia yang memberik
    Satria
  • Minim, Pemda Yang Mampu Susun RPPLH Sesuai Target 01 June 2023
    Percepatan industri telah menghasilkan berbagai dampak lingkungan. Salah satu isu yang banyak dip
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
  • 02Oct Conference of Critical Island Studies...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual