• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Dukung Kemajuan Dunia Otomotif Indonesia, Bimasakti UGM Memulai Riset Teknologi Hybrid

Dukung Kemajuan Dunia Otomotif Indonesia, Bimasakti UGM Memulai Riset Teknologi Hybrid

  • 24 Januari 2023, 15:27 WIB
  • Oleh: Gloria
  • 820
Dukung Kemajuan Dunia Otomotif Indonesia, Bimasakti UGM Memulai Riset Teknologi Hybrid

Tim Bimasakti UGM resmi memulai riset teknologi hibrida atau hybrid untuk mobil formula, menjadikan tim ini sebagai pelopor riset mobil formula student hybrid di Indonesia.

Grand Launching Riset Mobil Formula Student Hybrid diadakan Minggu (22/1) siang di Garasi Tirtodipuran 17, Tujuan Coffee Yogyakarta, bersamaan dengan acara Jogja Morning Run yang berkolaborasi dengan Indonesia Custom Show.

“Perkembangan teknologi motor sport dunia yang semakin maju memotivasi Tim Bimasakti untuk mengambil langkah menjadi pionir teknologi hybrid powertrain di dunia motorsport Indonesia. Langkah ini juga terinspirasi oleh transisi energi dunia yang mengarah ke inovasi-inovasi hemat energi dan rendah emisi,” terang Yosh Alfaninata selaku Kapten Tim Bimasakti Generasi 12.

Tim Bimasakti sendiri merupakan tim formula mahasiswa Indonesia pertama dari Universitas Gadjah Mada yang dibentuk pada tahun 2010 silam, dan mulai mengikuti kompetisi pada tahun 2011.

Sebagai langkah awal menjadi pionir teknologi mobil formula hybrid di Indonesia, Tim Bimasakti telah menentukan beberapa keperluan desain ingin dikembangkan. Selain itu, Tim Bimasakti juga telah membuat visual tiga dimensi dari komponen-komponen sistem hybrid, yaitu sistem powertrain, drivetrain, dan energy storage system.

Riset teknologi hybrid ini dilakukan berdasarkan pengamatan pada teknologi yang telah diterapkan pada mobil Formula 1, supercar, dan juga mobil produksi lainnya. Riset juga banyak dilakukan berdasarkan kaidah engineering workflow yang baik mulai dari kalkulasi, analisis, dan validasi, serta melalui berbagai jurnal terkait. 

Sistem hybrid yang dikembangkan Tim Bimasakti memiliki cara kerja yang serupa dengan teknologi hybrid pada mobil-mobil Formula 1, yaitu menggunakan Regenerative Braking System yang mampu memanfaatkan energi yang terbuang akibat proses pengereman sehingga mesin dapat bekerja secara lebih efisien, hemat bahan bakar, dan lebih rendah emisi gas karbon. 

Sistem ini juga mampu meningkatkan akselerasi dan juga performa mobil. Nantinya sistem yang dikembangkan oleh Tim Bimasakti akan memiliki kapasitas penyimpanan energi sebesar 500 Wh, voltase maksimum sebesar <60 V, dan output power baterai sebesar 5 KW.

Harapannya, teknologi hybrid yang dikembangkan oleh Tim Bimasakti dapat membantu perkembangan teknologi otomotif dan motor sport di Indonesia. Tim Bimasakti juga berharap agar teknologi ini nantinya dapat menghasilkan berbagai penghargaan dan gelar juara, mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional pada kompetisi-kompetisi yang akan diikuti, serta menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berinovasi dan berprestasi. 

“Kami berharap bahwa inovasi dari Bimasakti ini tidak hanya akan berkontribusi bagi perkembangan otomotif di kalangan mahasiswa maupun tingkat nasional, namun juga dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berinovasi dan pantang menyerah dalam memajukan tanah air,” imbuh Yosh Alfaninata.


Penulis: Gloria

Berita Terkait

  • UGM Dirikan Pusat Inovasi Otomotif

    Friday,22 November 2013 - 14:51
  • Tim Bimasakti Dilepas ke Jepang

    Monday,19 August 2013 - 15:40
  • Tim Bimasakti Terima Bantuan Mesin Mobil Formula

    Monday,09 May 2011 - 13:59
  • Tim Bimasakti Siapkan Mobil untuk Tahun 2020

    Friday,04 October 2019 - 15:18
  • Mobil Formula Kreasi Mahasiswa UGM Siap Diuji di Jepang

    Friday,13 January 2012 - 13:39

Rilis Berita

  • Terancam Punah, Yayasan KEHATI, OIC, dan The Body Shop Gelar Roadshow Peduli Orangutan di UGM 26 March 2023
    Awal bulan Novermber 2017 lalu, peneliti menemukan spesies baru orangutan di Sumatera U
    Satria
  • Penulis UGM Raih Gelar Penulis Terproduktif Kedua Versi The Conversation 25 March 2023
    Penulis The Conversation Universitas Gadjah Mada berhasil mendapatkan predikat penulis
    Satria
  • Mengenali Dampak Penggunaan Obat Pada Kulit 24 March 2023
    Meningkatnya penggunaan obat-obatan, baik karena pengobatan sendiri (self-medication), polifarmas
    Ika
  • Tim Magister Kenotariatan FH UGM Juara 2 PNF 2023 24 March 2023
    Tim Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada memperoleh juara 2 pada Padjadja
    Agung
  • Fenomena Cuaca Ekstrem di Indonesia Cenderung Meningkat 24 March 2023
    Dosen Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM, Dr. Andung Bayu S
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual