• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • PR Tak Ubahnya Seperti Koki

PR Tak Ubahnya Seperti Koki

  • 12 May 2011, 14:03 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 5338
PR Tak Ubahnya Seperti Koki

YOGYAKARTA – Tidak mudah untuk membangun citra dan reputasi sebuah lembaga atau perusahaan. Hal tersebut harus dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Namun, setelah reputasi dicapai, tidak mudah pula untuk mempertahankannya. Apalagi jika harus membangun kembali citra yang sempat terpuruk akibat dampak negatif yang timbul karena ulah oknum dalam perusahaan. Oleh karena itu, reputasi yang telah dicapai harus dipertahankan secara optimal.

Demikian beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Drs. Suryo Baskoro, M.S., saat menjadi narasumber dalam Pendidikan dan Pelatihan Kehumasan di lingkungan UGM, Kamis (12/5). Menurut Suryo, membangun citra dan reputasi tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu 3-5 tahun, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Kemampuan untuk mempertahankan reputasi dan membangun kembali citra sangat dibutuhkan. “Menjadi tugas PR (public relations) untuk melakukan hal itu,” katanya.

Dicontohkan Suryo, sebuah perusahaan minuman bersoda asal Amerika harus membangun citranya kembali pasca pemberitaan besar-besaran tentang seorang bocah Afrika yang terkena diare setelah mengonsumsi produk perusahaan tersebut. “Mereka harus membangun kembali citranya dalam waktu enam tahun dengan menghabiskan dana 6 juta dolar,” tuturnya.

Suryo menyebutkan kasus yang sama tengah menimpa Citibank saat ini, yakni terkait dengan skandal pembobolan uang nasabah oleh mantan pegawainya. “Menurut saya, Citibank saat ini juga harus mengembalikan citra mereka, entah dalam beberapa tahun,” tambahnya.

Untuk membangun citra dan reputasi lembaga, tidak terlepas dari peran humas atau public relations (PR). Suryo mengatakan peran PR tak ubahnya seperti koki yang harus meracik masakan dari berbagai bahan yang ada. “Diperlukan koki yang hebat dan andal agar menghasilkan masakan yang hebat dan memiliki intuisi bahan-bahan masakannya,” katanya.

Membangun citra dan reputasi, menurut Suryo, dapat dilakukan PR melalui media relation dengan membangun human relation. Sehubungan perannya sebagai Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Suryo menginformasikan jumlah berita di UGM yang dimuat media cetak selama tahun 2010 lalu adalah 3.672 berita atau 10 berita per hari. Sementara itu, rilis online yang ditampilkan di web resmi UGM berjumlah 878 atau 2,4 rilis tiap hari. “CyberPRship kita harapkan lebih menduniakan UGM dan meninkatkan jumlah pengunjung web dan jumlah peminat,” pungkasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Berita Terkait

  • UGM dan Pemkot Metro Lampung Kerjasama Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya

    Wednesday,16 January 2008 - 10:40
  • UGM dan Hyatt Regency Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Pengungsi di Gelanggang

    Friday,19 November 2010 - 12:35
  • Tidak Cukup Hanya Ide Saja

    Friday,21 September 2007 - 8:23
  • PT Pagilaran Terus Berinovasi dalam Produksi

    Monday,08 May 2017 - 16:08
  • UGM Gandeng Industri Kembangkan Riset Energi Baru dan Terbarukan

    Wednesday,05 November 2014 - 6:28

Rilis Berita

  • Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Membatasi Makanan Manis dan Lakukan Aktivitas Fisik 06 February 2023
    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat kasus diabetes pada anak meningkat signifikan pada t
    Ika
  • Tim Peneliti UGM Lakukan Riset Inverter Statik Kereta Api 06 February 2023
    Tim peneliti dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Univers
    Gusti
  • Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi Kawah Sikidang 06 February 2023
    Dataran Tinggi Dieng merupakan kompleks gunung api. Selain menjadi sumber energi panas bumi denga
    Gusti
  • Lebih dari 3 Ribu Mahasiswa UGM Terima Insentif Prestasi Sebesar 2 Miliar di 2022 06 February 2023
    UGM berkomitmen kuat untuk terus mendukung dan memfasilitasi para mahasiswanya dalam pengembangan
    Satria
  • UGM Terlibat Aktif Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah 03 February 2023
    Stunting masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Data Asian Development Bank mencatat ang
    Ika

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual