• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Penting, Peran Guru dalam Mengenali Konflik di Sekolah

Penting, Peran Guru dalam Mengenali Konflik di Sekolah

  • 15 Juni 2011, 12:48 WIB
  • Oleh: Satria
  • 14868
  • PDF Version
Penting, Peran Guru dalam Mengenali Konflik di Sekolah

YOGYAKARTA-Peran guru sangat penting dan strategis untuk menyelesaikan konflik di sekolah. Untuk dapat menyelesaikan dan mengelola konflik tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, mulai dari pencegahan, penyelesaian, pengelolaan, resolusi, hingga transformasi konflik. Dari beberapa hal itu, langkah pencegahan dan transformasi/penyelesaian pascakonflik memegang peran cukup signifikan. "Intervensi yang dapat dilakukan guru dalam persoalan konflik tersebut yang cukup penting adalah pencegahan dan transformasi penyelesaiannya," kata staf pengajar Sosiologi UGM, Nurul Aini, S.Sos., M.Phil., dalam Workshop 'Konflik dan Kekerasan di Sekolah' di Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP), Rabu (15/6).

Nurul menambahkan yang dimaksud dengan pencegahan konflik adalah tindakan menghimpun dan menganalisis informasi mengenai konflik, mengantisipasi peningkatan atau ekshalasi konflik yang keras, mengembangkan respon yang tepat terhadap krisis, dan menyajikan pilihan tindakan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. "Sayangnya, langkah pencegahan ini jarang dilakukan dan responnya menjadi terlambat sehingga terjadilah konflik/ kekerasan di sekolah," katanya.

Upaya pencegahan konflik selain melibatkan guru, juga dengan menggandeng murid, orang tua/wali, dan karyawan. Supaya pencegahan konflik dapat berkesinambungan, pencegahan konflik harus didasarkan atas kapasitas dan kemampuan masing-masing. Misalnya, guru melalui pendidikan dan pelatihan, kegiatan bersama (olahraga), dan penerapan kerja sama antarkelompok yang memiliki latar belakang beraneka ragam.

Dalam kesempatan itu, Nurul juga memberikan tips bagi guru dalam melakukan intervensi konflik di sekolah, mulai dari mengenali masalah, tidak membuat keputusan yang bersifat permanen, memikirkan apa yang menjadi kebutuhan, memetakan konflik, hingga mencari dan menerapkan solusi. "Guru juga harus terampil mendengarkan, memberi komentar yang supportif, meminta penjelasan, dan empati," sebutnya.

Sementara itu, peneliti dari PSKP UGM, Dody Wibowo menuturkan guru tidak hanya memerhatikan capaian hasil pembelajaran, tetapi juga menghargai proses pembelajaran untuk menilai perkembangan peserta didik karena tiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda.

Dody juga berharap agar nilai-nilai bina damai dapat diterapkan di sekolah oleh guru untuk mengubah perilaku peserta didik sehingga dapat mempraktikkan nilai-nilai damai dalam hidup sehari-hari. Contoh nilai bina damai, antara lain, rasa optimis, bersahabat, murah hati, hormat, dan jujur. "Internalisasi nilai-nilai dalam bina damai pada peserta didik dimulai dari nilai-nilai yang mudah dipahami dan dijalankan kemudian berkembang pada nilai-nilai yang lebih kompleks," ujar Dody. (Humas UGM/Satria AN)

Berita Terkait

  • Guru Agama dan BK Ikuti Pelatihan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah

    Wednesday,06 July 2011 - 16:12
  • Kelebihan Beban Kerja Pengaruhi Penilaian Auditor

    Thursday,10 April 2014 - 15:11
  • Agama Picu Konflik Nahdlatul Wathan

    Sunday,27 February 2011 - 16:24
  • Sekolah Miliki Peran Penting Bagi Kesehatan Jiwa

    Monday,09 February 2015 - 16:08
  • Raih Doktor Usai Teliti Konflik Pekerjaan, Keluarga dan Budaya

    Thursday,12 December 2013 - 13:52

Rilis Berita

  • UGM Gelar Sosialisasi MSIB Batch 3 30 June 2022
    Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 3 telah dibuka. Untuk mendukung program te
    Satria
  • Bupati Kulon Progo Kunjungi Field Research Center UGM di Kulon Progo 30 June 2022
    Bupati Kulon Progo beserta jajaran mengunjungi Field Research Center (FRC) UGM di Kulon Progo, Ra
    Satria
  • Perubahan Perilaku Masyarakat Kunci Utama Pengendalian Penyakit Tular-Vektor 30 June 2022
    Peningkatan laju urbanisasi dan pesatnya globalisasi, termasuk perjalanan dan perdag
    Ika
  • Guru Besar Farmasi UGM Jelaskan Penggunaan Ganja Untuk Medis 30 June 2022
    Ganja medis ramai diperbincangan dalam beberapa waktu terakhir setelah viralnya serorang ibu deng
    Ika
  • Pustral UGM Selenggarakan Webinar Transisi Menuju Circular Economy 30 June 2022
    Supply chain atau rantai pasok merupakan jaringan antara perusahaan dan pemasoknya untuk
    Agung

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual