• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Kenyamanan Lingkungan Toko Picu Pembelian Impuls

Kenyamanan Lingkungan Toko Picu Pembelian Impuls

  • 28 Februari 2012, 08:48 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 5441
Kenyamanan Lingkungan Toko Picu Pembelian Impuls

YOGYAKARTA – Pernahkah anda membeli sesuatu di luar yang direncanakan saat berada di sebuah toko atau minimarket? Jika pernah, maka itulah yang dinamakan pembelian impuls, yakni pembelian yang dilakukan secara spontanitas. Pembelian yang tidak terencana ini disebabkan reaksi emosional yang dilakukan di lokasi belanja dan dibeli bukan karena teringat, saran atau kebiasaan.

Hasil penelitian Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga, Surabaya, Gancar Candra Premananto, mengatakan pembelian impuls diketahui rerata 15,5% dari seluruh total belanja dan menghabiskan sekitar 16,5% dari seluruh uang yang dibelanjakan. Pembelian tidak direncanakan dipengaruhi oleh sifat impulsivitas seseorang dan faktor lingkungan toko yang yang dimediasi oleh emosi positif. “Emosi sebelum memasuki toko dan kenyamanan lingkungan toko yang mempengaruhi seseorang membeli sesuatu di luar yang direncanakan,” kata Gancar dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Senin (27/2/2012).

Pengelolaan lingkungan toko menjadi faktor yang membuat seseorang ingin berbelanja sebanyak-banyaknya. Bahkan, semakin baik penampilan toko atau minimarket menjadikan pembeli memiliki tingkat impulsivitas tinggi. Kendati pembelian tidak direncanakan ini menimbulkan rasa senang bagi pembelinya namun juga menimbulkan rasa sesal dari aspek finansial. “Karena pengelolaan toko yang baik dan nyaman menjadikan pembeli merasa lebih nyaman untuk berlama-lama di toko yang pada gilirannya memicu pembelian impuls,” ungkapnya.

Gancar mengakui dari sudut pandang konsumerisme, pembelian berlebihan atau pembelian yang menonjolkan pada gaya hidup yang tidak hemat ini tengah menjadi sorotan. Namun sifat impulsivitas sebagai penentu utama rasa senang menunjukkan bahwa pembelian impuls sulit untuk dicegah. Hal itu sesuai dengan hasil penelitian bahwa berbelanja dapat meningkatkan hormon endorphin yang membuat seseorang bahagia. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Berita Terkait

  • Teliti Pencarian Informasi Pra-Pembelian di Internet, Kuntari Raih Doktor

    Saturday,30 June 2012 - 14:30
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

    Friday,16 August 2019 - 15:16
  • Perubahan Lingkungan Picu Munculnya Konflik

    Wednesday,17 March 2010 - 15:05
  • Model Kenyamanan Termal Termo Adaptif Psikologis Untuk Ruang Bangunan di Yogyakarta

    Wednesday,02 May 2007 - 13:55
  • Keluarga Dasar Pembentukan Perilaku Pembelian Kompulsif

    Thursday,17 July 2014 - 9:59

Rilis Berita

  • Terancam Punah, Yayasan KEHATI, OIC, dan The Body Shop Gelar Roadshow Peduli Orangutan di UGM 26 March 2023
    Awal bulan Novermber 2017 lalu, peneliti menemukan spesies baru orangutan di Sumatera U
    Satria
  • Penulis UGM Raih Gelar Penulis Terproduktif Kedua Versi The Conversation 25 March 2023
    Penulis The Conversation Universitas Gadjah Mada berhasil mendapatkan predikat penulis
    Satria
  • Mengenali Dampak Penggunaan Obat Pada Kulit 24 March 2023
    Meningkatnya penggunaan obat-obatan, baik karena pengobatan sendiri (self-medication), polifarmas
    Ika
  • Tim Magister Kenotariatan FH UGM Juara 2 PNF 2023 24 March 2023
    Tim Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada memperoleh juara 2 pada Padjadja
    Agung
  • Fenomena Cuaca Ekstrem di Indonesia Cenderung Meningkat 24 March 2023
    Dosen Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM, Dr. Andung Bayu S
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual